Mengenal Lebih Dekat Tentang Sistem Operasi Linux

Apa Itu Sistem Operasi Linux ?

Pada dasarnya Linux merupakan sebuah nama yang diberikan untuk salah satu sistem operasi di komputer yang mempunyai tipe Unix. Nah, dengan kata lain nama Linux ini merupakan salah satu contoh peranakan atau hasil dari pengembangan dari sebuah perangkat lunak open source.

Oleh karena itu, keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem operasi Linux ini tentunya akan sangat banyak dan berguna bagi orang lain. Antara lain yaitu kode pada sumber linux ini dapat dimodifikasi, digunakan kembali, dan juga dapat didistribusikan secara berulang dan sebebas-bebasnya oleh siapa saja.

Siapa Pencipta Sistem Operasi Linux ?

Nama sistem operasi Linux ini diberikan oleh Linus Benedict Torvalds yang lahir di negara Firlandia atau lebih tepatnya di wilayah Helsinki pada 28 Desember 1969. Beliau sendiri merupakan orang yang mempunyai peranan penting dalam hal penciptaan sistem operasi Linux tersebut.

Awal Mula Sistem Operasi Linux

Sejarah munculnya sistem operasi linux ini dimulai sekitar tahun 1991 oleh seorang mahasiswa Universitas Helsinki Finland yang tak lain adalah Linus Torvalds sendiri. Dahulu, sistem operasi Linux ini hanyalah berawal dari sebuah hobi yang terinspirasi dari Minix, yang merupakan sistem UNIX kecil hasil dari pengembangan Andy Tanenbaum.

Sistem Operasi Linux versi pertama atau lebih tepatnya jenis yang ke 0.01 ini telah dikerjakan kurang lebih pada bulan bulan Agustus 1991 silam. Lalu di tanggal 5 Oktober 1991 Linus mengungkapkan secara resmi bahwa Linux versi 0.02 telah diluncurkan dan pada saat itu hanya bisa menjalankan gcc (GNU C Compiler) dan juga shell bash (GNU bourne again Shell).

Namun saat ini sistem operasi Linux tersebut dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam kegiatan. Baik itu untuk menghubungkan jaringan atau networking, mengembangkan perangkat lunak atau software, dan bahkan untuk mengolah data tugas kantor sehari-hari. Mulai dari data yang berupa angka, gambar, kata, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa sistem operasi linux ini juga dapat menjadi jalan alternatif yang lainnya. Sebab, biaya perawatannya sendiri tidak repot dan juga lebih hemat jika dibandingkan dengan sistem operasi berbayar yang lainnya. Sehingga tak heran jika banyak orang pun mulai beralih pada sistem operasi yang satu ini karena kemampuannya yang setara dengan OS yang komersial, bahkan bisa dibilang kinerjanya juga lebih baik karena tidak menyimpan ruang yang terlalu besar.

Kesinambungan Antara Sistem Operasi Linux Dengan Yang Lainnya

Tahukah Anda bahwa sistem operasi linux ini juga dapat berinteraksi dengan OS yang lain? Hal ini dapat dibuktikan dengan tiga macam kondisi. Antara lain yaitu ketika mempunyai kompatibilitas file dan file system, kompatibilitas network, dan yang terakhir adalah emulasi atau simulasi dari sistem operasi.

Sebagai contoh, sistem operasi Linux ini dapat mengelola berbagai macam file yang didapat dari OS lain seperti halnya dos / windows, apple machintosh, dan lain sebagainya. Mulai dari aktivitas untuk membaca maupun menulis format file tersebut. Sistem game slot online juga menggunakan operasi linux dalam hal pencodingan yang lebih mudah serta sistem operasi linux ini mempunyai keamanan yang baik dan mudah di operasikan pengembang game online.

Pada jaringan networking, sistem operasi Linux ini mempunyai dukungan TCP / IP ynag sangat baik dan juga didukung oleh SMB untuk saling berbagi file maupun printing dari Microsoft melalui paket Samba, IPX / SPX (Novell) untuk file sharing and printer melalui paket MARS NWE maupun paket komersial dari Caldera, dan yang terakhir yaitu apple file sharing and printing melalui netatalk.

9 Alat Produktivitas untuk Linux yang Layak Diperhatikan
Linux

9 Alat Produktivitas untuk Linux yang Layak Diperhatikan

9 Alat Produktivitas untuk Linux yang Layak Diperhatikan – Ada begitu banyak gangguan dan aktivitas tidak produktif yang memengaruhi kinerja kita di tempat kerja, dan begitu banyak metode untuk meningkatkan fokus dan efisiensi kerja. Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan produktivitas dan tetap teratur, pertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak khusus untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif.

9 Alat Produktivitas untuk Linux yang Layak Diperhatikan

art4linux – Kami telah mengumpulkan daftar alat produktivitas untuk platform Linux yang mungkin belum pernah Anda dengar. Mereka akan membantu Anda dengan:

  • memblokir gangguan;
  • melacak bagaimana Anda menghabiskan waktu kerja Anda;
  • mengotomatisasi pekerjaan manual;
  • mengingatkan hal-hal penting yang harus dilakukan;
  • mengatur dan menyusun pengetahuan;
  • dan banyak lagi.

1. FocusWriter

Melansir fossmint, FocusWriter adalah prosesor teks yang menciptakan lingkungan bebas gangguan bagi penulis. Ini mendukung format teks populer dan menggunakan antarmuka persembunyian untuk memblokir semua gangguan. Anda dapat memilih tema visual dan suara apa pun yang paling sesuai untuk produktivitas Anda, dan fokus pada pekerjaan Anda. FocusWriter juga memungkinkan Anda untuk menetapkan tujuan harian, menggunakan timer, alarm, dan melihat statistik.

Baca juga : Cara Mudah Beralih ke Linux dari Windows

Alat ini dapat diinstal pada berbagai platform Unix dan juga menyediakan opsi mode portabel. Kode sumbernya juga tersedia di situs web pengembang.

2. actiTIME

actiTIME adalah alat pelacakan waktu dan manajemen kerja untuk perusahaan dari berbagai ukuran dan wiraswasta. Bersamaan dengan versi yang dihosting di cloud, edisi yang dihosting sendiri untuk sistem Unix tersedia yang dapat diinstal di komputer pribadi atau di server internal perusahaan.

Alat ini membantu mendapatkan catatan pekerjaan yang akurat dan waktu cuti serta menjalankan laporan berdasarkan data tersebut untuk mengukur produktivitas pribadi Anda dan kinerja tim Anda. Ini juga memungkinkan untuk menyetujui dan mengunci lembar waktu, menghitung jumlah yang dapat ditagih, dan mengeluarkan faktur. Fitur manajemen kerjanya termasuk mengatur tim proyek, memberikan tugas proyek, dan mengonfigurasi peringatan email tentang tenggat waktu yang akan datang, mengerjakan perkiraan waktu, melampaui anggaran proyek, dan acara lainnya.

3. LastPass

Siapa pun tahu rasa sakit karena lupa kata sandi. Mereka yang memilih untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk semua layanan, pasti akan menghargai LastPass . Ini berfungsi di browser Anda dan membantu mengelola kata sandi dengan mudah dan aman – dan berhenti menghabiskan waktu untuk upaya yang tidak berguna untuk mengingat semuanya. Selain itu, ini membantu membuat kata sandi yang aman dan mudah dibaca.

Alat ini tersedia untuk platform Linux sebagai penginstal universal dan sebagai tambahan untuk browser web tertentu.

4. f.lux

Mereka yang bekerja larut malam tahu efek negatif dari lampu layar biru pada produktivitas, kesehatan, dan energi. Para ahli mengatakan lebih baik tidak bekerja di malam hari, tetapi jika berhenti bekerja, ini bukan pilihan, alat khusus yang menyesuaikan cahaya layar dengan lingkungan dapat membantu.

Tersedia untuk berbagai platform seluler dan desktop, f.lux secara otomatis menyesuaikan cahaya layar komputer atau ponsel cerdas Anda dengan pencahayaan. Untuk mengaturnya, Anda harus memilih lokasi Anda dan mengonfigurasi jenis pencahayaan di pengaturan aplikasi. Setelah itu, cahaya dari layar perangkat Anda akan secara dinamis menyesuaikan dengan lingkungan, mengurangi efek negatifnya.

5. Simplenote

Simplenote adalah alat gratis untuk menyimpan catatan dan membagikannya ke semua perangkat Anda. Ini tersedia untuk berbagai platform desktop dan perangkat seluler. Jika Anda menggunakan Simplenote di beberapa perangkat, catatan Anda secara otomatis terus disinkronkan dan diperbarui di semua perangkat.

Alat ini menawarkan fitur kolaborasi. Anda dapat memposting instruksi, mempublikasikan pemikiran Anda, atau berbagi daftar dengan teman, rekan kerja, atau keluarga Anda. Jika Anda sering menggunakan Simplenote dan menyimpan banyak catatan di dalamnya, tag dan pencarian cepatnya akan membantu. Aplikasi ini membantu Anda tetap produktif dan teratur dan tidak pernah melewatkan pengingat penting.

6. Osmo

Osmo adalah penyelenggara pribadi. Ini mencakup berbagai modul: kalender, catatan, daftar tugas dan pengingat, dan kontak. Ini adalah alat yang ringan dan mudah digunakan untuk mengelola semua informasi pribadi yang penting. Aplikasi dapat berjalan baik di jendela yang terbuka atau dalam mode latar belakang, dan tidak memerlukan koneksi internet.

Osmo menawarkan berbagai konfigurasi dan opsi pemformatan untuk berbagai jenis informasi yang Anda rekam di dalamnya: alamat, ulang tahun, ide, acara, dll. Pencarian praktisnya memungkinkan untuk menemukan dan mengakses informasi yang diperlukan dengan cepat dan mudah.

7. FreeMind

FreeMind adalah perangkat lunak pemetaan pikiran gratis untuk platform Linux. Ini membantu menyusun pengetahuan, bertukar pikiran dan mengembangkan ide-ide baru, dan memprioritaskan tugas Anda. Alat ini memungkinkan pengguna untuk membuat struktur multi-level yang secara visual mewakili ide, alur kerja, atau pengetahuan.

Alat ini sangat bagus untuk penulis, pengembang, peneliti, mahasiswa, dan orang lain yang perlu mengumpulkan dan menyusun informasi dalam jumlah besar. Untuk melihat dan memproses peta pikiran Anda di perangkat lunak lain, FreeMind mendukung ekspor peta ke file HTML yang dapat dibuka dengan browser web apa pun.

8. Autokey

Autokey adalah utilitas otomatisasi yang tersedia untuk berbagai distribusi Linux yang memungkinkan untuk membuat dan mengelola kumpulan skrip dan frasa, dan menetapkan singkatan atau hotkey untuk mereka. Ini membantu mempercepat pengetikan sebagian besar teks atau mengotomatiskan eksekusi skrip di program apa pun yang Anda gunakan di komputer.

Frasa disimpan sebagai teks biasa dan skrip sebagai file Python biasa, sehingga Anda dapat mengeditnya di editor teks apa pun. Anda dapat mengumpulkannya dalam folder dan menetapkan hotkey atau singkatan untuk menampilkan konten folder sebagai menu popup. Alat ini juga memungkinkan Anda untuk mengecualikan beberapa hotkey atau singkatan agar tidak memicu dalam aplikasi tertentu. Autokey dapat membantu mengotomatisasi secara harfiah tugas apa pun yang dapat dilakukan dengan mouse dan keyboard.

9. Catfish

Catfish adalah alat pencarian file untuk platform Linux. Ini mempercepat pekerjaan Anda dengan file di mesin Anda, menghemat waktu Anda untuk pekerjaan yang produktif. Alat ini menangani kueri penelusuran Anda menggunakan teknologi yang sudah disertakan dalam sistem Anda, dan menampilkan hasil dalam antarmuka grafis.

Sederhana dan kuat, alat ini menawarkan opsi pencarian lanjutan: mencari melalui file tersembunyi, mengaktifkan atau menonaktifkan pencarian melalui konten file, mengubah tampilan, dll. Ini adalah pilihan yang baik ketika Anda tidak ingin membuka terminal dan mencari file menggunakan menemukan perintah.

Cara Mudah Beralih ke Linux dari Windows
Linux

Cara Mudah Beralih ke Linux dari Windows

Cara Mudah Beralih ke Linux dari Windows – Berpikir untuk beralih ke Linux? Meninggalkan Windows bisa jadi sulit, tetapi jika Anda melakukan persiapan dengan benar, pindah ke Linux bisa menjadi hal yang mudah.

Cara Mudah Beralih ke Linux dari Windows

 Baca Juga : 6 Peretasan Aneh untuk Linux di Windows

art4linux – Windows membutuhkan uang. Linux gratis. Setiap tahun, ribuan orang mempertimbangkan untuk beralih ke Linux, tetapi hanya sedikit yang membuat perubahan itu permanen. Ini bukan hanya karena aplikasi, game, dan sistem file yang berbeda.

Itu karena mereka tidak dipersiapkan dengan baik untuk berpindah sistem operasi. Pindah ke Linux tidak sulit, tetapi membutuhkan persiapan. Lakukan kesalahan, dan Anda akan menginstal ulang – dan memasang – Windows lagi. Tapi lakukan dengan benar, dan Anda tidak akan pernah melihat ke belakang.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang beralih dari Windows ke Linux tanpa perlu khawatir untuk kembali lagi.

Luangkan Waktu untuk Mempersiapkan

Sebelum Anda memulai peralihan Anda, pertimbangkan bagaimana Anda saat ini menggunakan komputer Anda dan harapan Anda ke depan. Apakah pengalaman komputasi Anda terbatas pada belanja online, email, dan jejaring sosial? Apakah Anda menggunakannya untuk tujuan kerja dan memerlukan perangkat lunak perkantoran?

Mungkin Anda memiliki persyaratan kreatif, seperti mengedit multimedia, atau lebih suka bermain game di komputer Anda.

Apapun masalahnya, sistem operasi Linux dapat menangani semua penggunaan ini. Perbedaannya adalah, Anda mungkin memerlukan beberapa perangkat lunak yang berbeda.

Namun, sebelum Anda mencapai tahap itu, ketahuilah bahwa komputer yang Anda rencanakan untuk menginstal Linux tidak akan menjadi lebih kuat daripada yang menjalankan Windows. Batasan perangkat keras akan selalu berlaku.

Temukan Sistem Operasi Linux yang Anda Suka

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi sistem operasi Linux yang dapat Anda gunakan dalam jangka panjang.

Banyak sistem operasi Linux yang tersedia, mungkin sekitar 500 dalam pengembangan aktif, dengan lebih banyak lagi yang telah pensiun atau memiliki siklus rilis yang lebih lambat.

Dengan pemikiran ini, penting untuk menyadari bahwa ada beberapa perbedaan antara OS Linux. Tiga distribusi utama (varian sistem operasi Linux, yang dikenal sebagai “distro”) – Red Hat, Slackware, dan Debian – masing-masing memiliki ratusan versi Linux, semuanya dengan lingkungan desktop yang berbeda, pengelola file, penginstal perangkat lunak, dan banyak lagi. Fleksibilitas ini melekat pada Linux, itulah sebabnya ia diandalkan untuk segala hal mulai dari menjalankan server web hingga program luar angkasa.

Tapi tidak perlu bingung dengan pilihannya. Beberapa distro sangat cocok untuk siapa saja yang beralih dari Windows ke Linux .

Instal OS Linux dan Habiskan Waktu Dengannya

Anda sekarang siap untuk mencoba Linux. Ini mungkin dilakukan dengan menginstal OS di komputer kedua, atau di mesin virtual.

Anda dapat menginstal Linux bersama Windows di komputer Anda sehingga Anda dapat memilih sistem operasi mana yang akan di-boot. Namun, meskipun bermanfaat, solusi ini penuh dengan frustrasi dan cenderung gagal ketika pembaruan Windows (atau Linux) diterapkan.

Idenya di sini adalah untuk menemukan OS Linux yang dapat Anda gunakan, memahaminya, dan siap menggunakannya ketika saatnya tiba.

Anda telah memilih sistem operasi Anda dan sudah terbiasa dengannya. Pekerjaan selanjutnya adalah menginstal perangkat lunak yang tepat.

Ini akan sepenuhnya bergantung pada bagaimana Anda berencana menggunakan Linux, seperti halnya dengan Windows, atau macOS. Perbedaannya adalah akan ada beberapa perangkat lunak yang tidak tersedia di Linux, jadi Anda harus mengidentifikasi alternatifnya.

Semua jenis perangkat lunak memiliki versi yang kompatibel dengan Linux, mulai dari produktivitas dan perangkat lunak perkantoran hingga browser dan klien email.

Jika Anda suka bermain game, sebagian besar judul di platform Steam dapat berjalan di Linux. Selanjutnya, beberapa dari mereka yang tidak akan berjalan secara default sedang ditambah sehingga mereka akan melakukannya.

Tapi jangan khawatir berlebihan. Seperti sistem operasi apa pun (misalnya, Chrome OS, itu sendiri berasal dari Linux), Anda dapat mengharapkan seluruh host perangkat lunak bawaan yang sudah diinstal sebelumnya. Banyak dari ini harus sempurna untuk apa yang Anda butuhkan, dan Anda dapat mengharapkan kompatibilitas yang baik dengan file yang sebelumnya Anda gunakan.

Minumlah Anggur

Jika Anda benar-benar membutuhkan perangkat lunak Windows untuk berjalan di Linux, maka Wine dan PlayOnLinux adalah solusi yang Anda butuhkan.

Menginstal Wine di Linux menambahkan kompatibilitas ke perangkat lunak Windows, memungkinkannya berjalan di Linux. Aplikasi yang Anda maksud mungkin berupa paket seni, video game, atau bahkan Microsoft Office.

Wine dan PlayOnLinux juga dapat digunakan untuk menjalankan game yang tidak ditujukan untuk Linux.

Gunakan Peramban yang Sama

Karena sebagian besar pekerjaan yang Anda lakukan mungkin bergantung pada browser web, hampir tidak ada perbedaan melakukan ini di Linux.

Google Chrome, Chromium alternatif open source, Mozilla Firefox, dan banyak browser web lainnya tersedia di sistem operasi Linux.

Jika Anda menjelajahi web dengan akun pengguna, ini akan menyinkronkan riwayat, bookmark, dan kata sandi Anda dari sistem operasi Windows ke OS Linux Anda.

Sinkronkan File dan Folder Anda ke Cloud

Salah satu masalah utama dengan mentransfer ke komputer atau perangkat baru adalah lokasi file Anda. Ini sama benarnya ketika mengubah ke sistem operasi baru.

Memindahkan file dan folder penting Anda dari Windows ke distribusi Linux pilihan Anda adalah penting untuk transisi yang mulus. Tapi apa cara terbaik untuk melakukan ini?

Jika Anda lebih suka solusi langsung, drive hard disk USB akan memudahkan penyalinan data Anda. Seharusnya mudah untuk menghubungkannya ke komputer Linux Anda dan menyalin file darinya. Ini berguna jika Anda berencana untuk menghapus instalasi Windows dan menggantinya dengan Linux, daripada pindah ke komputer baru.

Solusi terbaik, bagaimanapun, adalah dengan menggunakan solusi penyimpanan cloud. Agar ini berfungsi, Anda memerlukan layanan penyimpanan cloud yang menawarkan aplikasi klien untuk Linux dan Windows. Contoh layanan penyimpanan cloud untuk kedua sistem operasi meliputi:

  • Dropbox
  • pCloud
  • Mega

Sementara itu, Microsoft OneDrive dan Google Drive dapat diakses di Linux menggunakan klien pihak ketiga. Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan layanan sinkronisasi cloud di komputer Windows Anda, menyinkronkan data yang perlu Anda simpan, lalu menginstal perangkat lunak klien Linux untuk layanan tersebut.

Dengan sinkronisasi cloud yang berhasil diselesaikan, file Anda akan siap digunakan di Linux.

Tidak menggunakan perangkat lunak cloud? Inilah yang perlu Anda ketahui tentang mentransfer file antara Windows dan Linux .

Gunakan Linux Seperti PC Lama Anda

“Apa yang orang ini tahu?” Yah, saya telah menggunakan Linux untuk 95% pekerjaan saya selama tiga bulan terakhir, setelah transfer sukses dari Windows.

Sebelum itu, rasionya sekitar 50:50, jadi wajar untuk mengatakan semuanya berjalan dengan baik. Saya telah menggunakan metode di atas untuk beralih ke Linux dan selain dari masalah sinkronisasi cloud yang aneh, semuanya berjalan dengan baik.

Produktivitas saya tidak terganggu sama sekali. Bahkan apa pun, itu telah membaik.

Siap untuk beralih ke Linux? Pastikan untuk memilih sistem operasi Linux yang tepat.

6 Peretasan Aneh untuk Linux di Windows
Linux

6 Peretasan Aneh untuk Linux di Windows

6 Peretasan Aneh untuk Linux di Windows – Subsistem Linux di Windows? Apa yang terdengar seperti lelucon April Mop ternyata menjadi salah satu tanda terbesar penerimaan Microsoft yang semakin luas terhadap open source dan kerjasama strategis dengan Linux.

6 Peretasan Aneh untuk Linux di Windows

art4linux – Itu juga menciptakan taman bermain yang sesungguhnya di dalam Windows untuk peretasan kreatif. Beberapa di antaranya adalah pembuktian konsep sederhana. Peretasan lain yang lebih ambisius memamerkan kreativitas para peretas dan kekokohan subsistem Linux, bahkan pada tahap awal ini. (Semua kreativitas ini telah mendorong Microsoft untuk memasukkan subsistem Linux sebagai add-on standar di versi Windows yang akan datang.)

Melansir infoworld, Jika Anda telah menginstal subsistem Linux dan ingin mengotak-atik di luar shell, berikut adalah kumpulan peretasan Lin-on-Win paling menarik yang pernah kami lihat sejauh ini.

Baca juga : Apakah Linux merupakan risiko keamanan di Windows 10?

Gunakan aplikasi X

Ya, Anda dapat menjalankan aplikasi X di subsistem Linux! Tetapi bagian yang sulit adalah membuat mereka menampilkan apa saja. Untuk melakukannya, Anda harus menginstal server X di Windows, seperti MobaXterm, Xming atau VcXsrv. Anda juga harus mengonfigurasi dbus dengan benar; anggota subreddit yang dikhususkan untuk subsistem Linux memiliki detail tentang cara melakukannya. Menurut komentar, Chrome belum berfungsi, jadi aplikasi lain mungkin juga masih tidak berfungsi. Namun, dilakukan dengan benar, seluruh lingkungan desktop Unity dapat berjalan di jendela.

Jalankan Gempa

Tidak hanya penembak orang pertama yang menyenangkan dan mendasar, Quake (dan sebelumnya, Doom) memiliki perwakilan untuk porting dan peretasan secara luas bagus untuk menguji potensi permainan dari platform tertentu. Skrip ini menyediakan opsi untuk mengunduh, membangun, dan menjalankan Quake for Linux langsung di dalam subsistem Linux. Ada lebih dari sekadar faktor jagoan latihan di sini juga. Seperti yang dikatakan penulis, “Saya berharap bahwa dengan pengulangan BoUoW yang berurutan, Windows 10 akan menjadi OS satu atap untuk banyak skenario pengembang yang sebelumnya dianggap di luar jangkauan atau tidak mungkin.”

Jalankan Manajer Jendela i3

Manajer jendela Linux dengan pengikut yang kuat, i3 dapat berjalan di subsistem Linux. Menurut penulis artikel tertaut, sangat sedikit mengutak-atik yang diperlukan untuk mewujudkannya sebuah bukti dari desain bersih i3 dan implementasi subsistem Linux.

Luncurkan program Windows dari dalam Linux dari dalam Windows

Jika Anda mengalami kilas balik “Inception” hanya dengan membaca deskripsi, Anda tidak sendirian. Tetapi ide di balik utilitas cbwin sangat cerdik: Dari baris perintah Linux di Windows, Anda dapat memanggil program baris perintah yang berjalan di Windows itu sendiri dan bahkan menjalankan aplikasi Windows berjendela. Ini belum bekerja dengan sempurna untuk semuanya misalnya, aplikasi Windows baris perintah interaktif tidak berperilaku seperti yang diharapkan tetapi ini masih dalam proses.

Instal Elixir, Ruby, dan bahasa lainnya

Meskipun ini bukan peretasan, eksekusinya mengisyaratkan seberapa baik subsistem Linux di Windows dirancang dan di mana kemungkinan akan membuat orang tersandung di masa depan.

Elixir, bahasa fungsional yang baru-baru ini muncul, memiliki versi Windows yang tersedia. Konon, salah satu pengembang Elixir yang pemberani memutuskan untuk melihat apakah dia bisa, pada kenyataannya, menginstal versi Linux di subsistem. Jawaban singkat: ya. Itu bahkan tidak memerlukan mengutak-atik; semua yang terlibat adalah mengambil paket yang tepat dan melakukan apt-get install. Ini menjadi pertanda baik bagi pengembang yang ingin menggunakan paket lain yang menginstal dengan cara yang sama.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang SUSE Linux

Namun, pengembang lain yang ingin bekerja dengan aplikasi situs statis Jekyll yang ditulis dalam Ruby 2.0 menemukan bahwa dia harus melakukan sedikit peretasan untuk menginstal Ruby 2.0. Namun, sebagian besar masalah tampaknya tidak melibatkan ketidaksesuaian dengan subsistem Linux; sebaliknya, sistem diharapkan untuk menemukan item di lokasi tertentu ketika mereka berada di tempat lain.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya: Microsoft sendiri

Microsoft baru-baru ini memposting daftar trik Linux-in-Windows yang bagus. Termasuk dalam batch ini: Mengelola server dari jarak jauh, bekerja dengan file di sisi Windows sistem saat Anda berada di sisi Linux (ya, itu bisa dilakukan), dan membangun game mode teks klasik NetHack dari kode sumbernya.

5 Aplikasi Linux Terbaik Di Chromebook di Tahun 2022
Uncategorized

5 Aplikasi Linux Terbaik Di Chromebook di Tahun 2022

5 Aplikasi Linux Terbaik Di Chromebook di Tahun 2022 – Project Crostini (Dukungan Linux) diumumkan lebih dari 3 tahun sebelumnya dan sekarang sebagian besar Chromebook memiliki dukungan aplikasi Linux. Sebelumnya Anda dapat menginstal Crostini hanya di Pengembang, tetapi untungnya, sekarang tersedia untuk mode normal dan saluran stabil. Selain itu, Linux telah meningkat pesat dalam dua tahun terakhir dan hampir stabil untuk digunakan saat ini.

5 Aplikasi Linux Terbaik Di Chromebook di Tahun 2022

art4linux – Di sini, di artikel ini, kami memiliki untuk Anda 5 aplikasi Linux Teratas di Chromebook yang dapat Anda gunakan dengan sangat nyaman saat ini. Ada banyak program bermanfaat yang sekarang telah disertakan yang tidak tersedia melalui platform aplikasi Web atau Android.

Melansir studytonight, Bersama dengan 5 aplikasi Linux teratas di Chrome OS, kami juga telah memberikan panduan pemasangannya. Jika Anda baru mengenal ekosistem ini, Anda mungkin ingin membiasakan diri dengan tutorial penginstalan Linux di Chrome OS terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan artikel ini.

Baca juga : Cara zip dan unzip di Linux dengan Contoh

Juga, Anda harus ingat bahwa semua yang dilakukan di sisi Linux akan disimpan di bagian file Linux di aplikasi File. Oleh karena itu, untuk menggunakan beberapa file, folder, atau gambar, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa Anda memindahkan atau membagikannya dengan Linux terlebih dahulu.

1. GIMP

Sangat populer di Windows, Linux, dan macOS, GIMP adalah editor grafis lintas platform yang bekerja sangat lancar untuk para amatir yang baru mengenal pengeditan gambar dan tidak terlalu berpengalaman dengan Adobe Photoshop. GIMP adalah alat yang sangat sederhana dan efektif untuk mengedit gambar. Sekarang Anda juga dapat menggunakan program luar biasa ini di Chromebook, berkat dukungan Linux di Chrome OS. Ada berbagai alat di GIMP jadi jika Anda memerlukan editor gambar yang tepat di Chrome OS, itu akan selalu menjadi pilihan pertama Anda, sama seperti kami.

Ada satu hal yang perlu Anda ingat, bahwa Linux di Chrome OS tidak mendukung akselerasi perangkat keras sehingga kinerjanya bisa sedikit lamban. Karena itu, itu masih akan lebih dari dapat digunakan dan Anda akan menyukainya. Ketika di masa depan, Linux akan mulai mendukung akselerasi perangkat keras, aplikasi ini hanya akan menjadi lebih baik.

Ini adalah bagaimana Anda dapat menginstal GIMP.

Cara Memasang: Jalankan perintah yang diberikan di bawah ini setelah Anda membuka terminal. Setelah diinstal, aplikasi akan disimpan di laci aplikasi di dalam folder aplikasi Linux.

2. Libre Office

Anda dapat menggunakan beberapa program Linux, bukan Microsoft Office, untuk dokumen dan pengolah kata di Chrome OS. Libre Office adalah salah satu aplikasi Linux peringkat teratas di Chromebook karena sepenuhnya gratis dan sumber terbuka.

Empat program yang mirip dengan Microsoft Office dibundel dalam aplikasi ini yang mencakup pengolah kata, program spreadsheet, satu lagi untuk presentasi dan juga, editor grafis. Aplikasi ini juga mendukung banyak format file berbeda mulai dari Microsoft Word hingga Apple Pages dan Keynote. Dengan demikian, perubahan format atau format yang paling tidak jelas tidak akan mengganggu Anda lagi.

Cara Memasang: Jalankan perintah yang diberikan di bawah ini setelah Anda membuka terminal. Setelah diinstal, aplikasi akan disimpan di laci aplikasi di dalam folder aplikasi Linux.

3. Master PDF Editor

Aplikasi Linux yang disebutkan sampai sekarang merupakan alternatif Linux dari Adobe Photoshop dan Microsoft Office di Chromebook, di sini kami akan memberi Anda alternatif lain untuk Adobe Acrobat yang dapat Anda gunakan untuk mengedit PDF. Master PDF editor adalah aplikasi itu. Seperti namanya, ini adalah program luar biasa di Linux yang dapat Anda gunakan untuk membuat dan mengedit file PDF.

Anda juga dapat menandatangani, mengenkripsi, memodifikasi, membagi, dan membubuhi keterangan dokumen PDF saat bepergian. Jadi, singkatnya, Anda akan mendapatkan semua fitur editor PDF di Chrome OS.

Cara Memasang: Pertama, unduh file .deb dari http://code-industry.net/public/master-pdf-editor-5.4.38-qt5.amd64.deb dan klik dua kali untuk menginstal aplikasi. Kemudian jalankan perintah yang diberikan di terminal. Sekarang Anda dapat menjalankan aplikasi dari laci aplikasi.

4. Wine 5.0

Meskipun Wine bukan aplikasi berbasis GUI, ini jelas merupakan salah satu aplikasi paling kuat di Linux yang harus Anda instal di Chromebook. Ini bertindak sebagai lapisan kompatibilitas yang memungkinkan Anda menginstal aplikasi Windows di Chromebook. Dengan menggunakan ini, Anda dapat menjalankan versi Windows lengkap dari MS Office, IDM, IrfanView, alat penelitian seperti GraphPad, dll di Chromebook Anda.

Versi perangkat lunak terbaru, yaitu Wine 5.0 bahkan akan memungkinkan Anda menjalankan perangkat lunak Windows yang berat tanpa masalah apa pun. Jadi, Wine adalah suatu keharusan bagi Anda untuk memanfaatkan sepenuhnya Linux di Chrome OS

Cara Memasang: Anda cukup mengikuti panduan khusus tentang cara memasang program Windows di Chromebook menggunakan Wine untuk ini.

5. Steam

Berkat dukungan Linux, Steam bekerja sangat baik di Chromebook. Anda juga dapat memainkan game Windows di Chromebook menggunakan lapisan Proton yang diunggulkan oleh Steam. Tapi ya semua game Windows tidak bekerja dengan aplikasi ini.

Proses instalasi cukup sederhana.

Cara Memasang: Buka http://cdn.cloudflare.steamstatic.com/client/installer/steam.deb dan unduh file .DEB. Kemudian, pindahkan ke bagian file Linux dan klik dua kali di atasnya. Instalasi akan secara otomatis dimulai oleh penginstal uap.

Jadi ini adalah 5 aplikasi Linux Teratas yang dapat Anda gunakan di Chromebook dan kami akan mengatakan berikan semuanya.

Cara zip dan unzip di Linux dengan Contoh
Uncategorized

Cara zip dan unzip di Linux dengan Contoh

Cara zip dan unzip di Linux dengan Contoh – Format arsip zip adalah format file terkompresi yang mendukung kompresi tanpa kehilangan. Anda dapat mengompres file atau direktori lengkap ke dalam arsip zip.

Cara zip dan unzip di Linux dengan Contoh

art4linux – Format arsip zip didukung oleh hampir semua sistem operasi termasuk yang paling populer seperti OS Windows, OS Linux, macOS dll. Dalam tutorial ini kita akan belajar cara menginstal utilitas zip dan unzip di mesin Linux kita dan kemudian kita akan belajar berbagai perintah yang dapat kita gunakan untuk zip dan unzip file dan direktori dengan contoh.

Melansir studytonight, Anda memerlukan hak sudo atau root untuk menginstal utilitas zip dan unzip di mesin Linux Anda.

Baca juga : MX Linux: Distro yang cepat dan ramah

Instal Zip dan Unzip di Linux

Sistem operasi Linux memiliki banyak rasa seperti Debian, CentOS, Fedora, Ubuntu, dll. Sistem operasi yang berbeda memiliki cara menginstal utilitas yang berbeda. Ubuntu dan Debian menggunakan apt untuk mengelola instalasi dan pembaruan perangkat lunak. Perintah yang ditentukan di bawah ini akan menginstal zip dan unzip di mesin Ubuntu atau Debian Anda:

sudo apt-get update
sudo apt-get install zip unzip -y

Untuk menginstal zip dan unzip di mesin CentOS atau Fedora, kami akan menggunakan utilitas yum. Di bawah ini adalah perintah yang dapat digunakan untuk instalasi:

sudo yum update
sudo yum install zip unzip

Setelah menjalankan perintah di atas, dibutuhkan 10-20 detik untuk instalasi yang berhasil. Setelah instalasi selesai, Anda dapat menjalankan perintah zip atau unzip untuk melihat apakah mereka diinstal atau tidak.

Cara Zip file/direktori di Linux

Berikut ini adalah sintaks untuk menggunakan perintah zip setelah diinstal dengan benar.

zip [options…] name-of-file.extension [FILES…]

Ini adalah sintaks dasar menggunakan perintah zip untuk membuat arsip zip file. Kami dapat memberikan opsi yang berbeda untuk perintah zip bersama dengan nama untuk arsip zip yang akan dibuat diikuti dengan file yang ingin Anda arsipkan. Anda dapat mengarsipkan satu file, beberapa file, atau direktori lengkap menggunakan perintah zip.

1. Kompres File Individu

Jika kita memiliki beberapa file individual seperti file1.txt, file2.csv, dll, yang ingin kita kompres di dalam satu file arsip zip maka kita dapat menggunakan perintah berikut:

zip myarchive.zip file1.txt file2.csv

Perintah ini akan membuat arsip zip dengan nama myarchive.zip dengan dua file yang ditentukan di direktori saat ini.

2. Kompres Direktori

Untuk mengompresi direktori beserta isinya (file, sub-direktori, dll), kita menggunakan perintah zip bersama dengan opsi -r yang berarti bahwa semua file di dalam direktori, bersama dengan file yang ada di subdirektori secara rekursif akan dimasukkan ke dalam file arsip zip.

Misalnya, jika kita memiliki direktori /home/studytonight yang memiliki beberapa file, dan beberapa direktori dengan file lebih lanjut dan lebih banyak sub-direktori, perintah berikut dapat dijalankan untuk zip seluruh konten ke dalam satu file arsip zip terkompresi dengan nama studytonight.zip :

zip -r studytonight.zip /home/studytonight

Dalam perintah di atas kami telah menentukan jalur lengkap ke direktori yang ingin saya zip, jika Anda ada di direktori itu, yang berarti Anda ingin zip semua file yang ada di direktori saat ini, maka Anda dapat menjalankan perintah berikut :

zip -r somearchive.zip *

Perintah di atas akan membuat file zip yang mengompresi semua file yang ada di dalam direktori saat ini. Di sini, *(asterisk) merujuk ke semua file yang ada di direktori saat ini.
Cara Unzip di Linux

Untuk mengekstrak file dari arsip zip, kami akan menggunakan utilitas unzip. Berikut ini adalah sintaks dasar dari perintah unzip:

$ unzip [OPTIONS] [ZIP_ARCHIVE] [FILES_TO_PROCESS] [-x FILES

Sama seperti perintah zip, kami memiliki banyak opsi berbeda untuk digunakan bersama dengan perintah unzip dasar. Selain itu, bersama dengan memberikan nama arsip zip yang ingin kami unzip, kami dapat memberikan nama file untuk unzip atau untuk dikecualikan dari proses unzip. Mari pelajari cara menggunakan perintah unzip dengan beberapa contoh.

1. Verifikasi Validitas arsip Zip

Sebelum membuka ritsleting arsip zip apa pun, praktik yang baik adalah memvalidasi arsip zip terlebih dahulu. Katakanlah Anda telah menerima atau Anda telah mengunduh file zip somearchive.zip dari internet dan Anda ingin memvalidasinya sebelum membuka ritsleting kontennya, Anda dapat melakukannya menggunakan utilitas unzip itu sendiri, dengan menjalankan perintah berikut:

$ unzip -tq somearchive.zip

2. Daftar semua file dalam arsip Zip

Setelah Anda memvalidasi file arsip zip, Anda bahkan dapat membuat daftar semua file dan direktori yang ada di dalam arsip zip tanpa mengekstraknya. Jika kita menggunakan opsi -l bersama dengan perintah unzip, kita akan mendapatkan daftar lengkap semua file yang ada di dalam file arsip zip, bersama dengan direktori, sub-direktori dan file di dalam direktori ini, secara rekursif.

Untuk file arsip dengan nama somearchive.zip, Anda dapat menjalankan perintah berikut untuk mencantumkan nama file dan direktori di dalam zip ini,

unzip -l somearchive.zip

3. Buka zip arsip Zip

Untuk meng-unzip file arsip zip dengan nama somearchive.zip, kita dapat menjalankan perintah berikut:

unzip somearchive.zip

Jika Anda ingin mengekstrak konten file arsip zip ke direktori tertentu, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan opsi -d bersama dengan menentukan nama direktori. Pada perintah di bawah ini, kami telah menetapkan bahwa konten arsip zip studytonight.zip harus di-unzip di direktori /home/studytonight.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang SUSE Linux

unzip -d /home/studytonight studytonight.zip

4. Buka zip arsip kecuali beberapa file

Jika Anda ingin mengecualikan beberapa file yang ada dalam arsip zip selama membuka ritsleting, Anda dapat menentukan nama file yang akan dikecualikan dari membuka ritsleting menggunakan opsi -x saat menjalankan perintah unzip,

unzip smearchive.zip -x notrequired.txt

Kesimpulan:

Dalam tutorial ini Anda belajar tentang utilitas zip dan unzip yang ada di sistem operasi Linux yang dapat Anda gunakan untuk membuat file arsip zip atau untuk membuka ritsleting file arsip zip. Membuat file arsip zip untuk pengemasan adalah cara yang baik untuk mengompresi file dan direktori menjadi satu file, proses zip tidak kalah pentingnya dan membuatnya lebih mudah untuk dibagikan karena ada satu file arsip zip terkompresi.

Apa itu Linux Lite?
Linux

Apa itu Linux Lite?

Apa itu Linux Lite? – Untuk memulai dengan Linux Lite, mari kita mulai dengan sebuah pertanyaan, Apa itu Linux Lite dan mengapa memilih Linux Lite daripada Windows dan Os lainnya?

Apa itu Linux Lite?

art4linux – Linux Lite adalah distro Linux yang sangat sederhana dengan beberapa fitur luar biasa. Nama Linux Lite, menunjukkan itu adalah alat yang ringan dengan sangat mudah digunakan.

Melansir studytonight, Hal yang menarik tentang Linux Lite adalah ia memberikan peningkatan kinerja yang mengesankan, dengan antarmuka pengguna yang elegan dan satu set alat-alat listrik yang mendorong bahkan pendatang baru Linux untuk menggunakan Linux untuk kehidupan sehari-hari mereka lebih mudah dan dapat menyesuaikannya seperti yang mereka miliki, dengan pilihan sendiri. Ini menjadikan Linux Lite pilihan yang brilian bagi pengguna Windows yang ingin beralih ke Linux.

Baca juga : Apakah Linux merupakan risiko keamanan di Windows 10?

Antarmuka Pengguna Linux Lite

Linux Lite terlihat Menarik dengan Xfce 4.14 yang sedikit diubah. Desktop Xfce terutama berorientasi pada kinerja. Kombinasi tema Adaptive dan ikon Pappirus bertema untuk menyenangkan secara visual di sini di Linux Lite, Mereka memberikan sentuhan modern pada desktop. Linux Lite menggantikan menu Xfce default di sini dengan menu Whisker khusus sebagai gantinya. Ini membuatnya terlihat jauh lebih bersih dan lebih baik daripada stok Xfce. Kami juga mendapatkan tema gelap yang sangat elegan untuk dilihat.

Antarmuka Linux Lite yang sederhana dan familiar menampilkan dirinya sebagai sistem operasi alternatif untuk pengguna Windows yang memungkinkan mereka untuk mencoba Linux Lite.

Kami juga mendapatkan satu set wallpaper yang terlihat cantik di sini. Linux Lite juga memiliki sedikit widget yang melirik ringkasan sistem. Di departemen antarmuka pengguna, Linux Lite mendapat poin utama karena menyediakan UI akrab yang sederhana namun menarik.
Sumber Daya Linux Lite:

Linux Lite memberikan 3 alasan menarik untuk beralih ke sana, terutama bagi pengguna Windows. Ini menghembuskan kehidupan baru ke komputer yang lebih tua.

1. Kecepatan

Linux Lite terlihat lebih cepat daripada Windows terbaru. Berdampingan, pembukaan aplikasi, peralihan antar aplikasi, dan respons umum lebih baik di Linux Lite.

2. Penggunaan Sumber Daya

Linux Lite hanya menggunakan 500 MB RAM dan OS itu sendiri sangat ringan pada penggunaan CPU saat idle. Ini berarti sumber daya yang lebih bebas akan tersedia untuk apa pun yang Anda lakukan di komputer, menghasilkan pengalaman yang lebih baik untuk Anda. Efisiensi dengan penggunaan sumber daya ini menjadi sangat penting untuk komputer yang lebih tua dan bertenaga rendah.

Anda mungkin masih memiliki laptop lama atau komputer keluarga yang memiliki RAM 2 gigabita. Sementara sebagian besar sistem operasi tidak akan tertahankan pada perangkat keras seperti itu, Linux Lite akan berjalan dengan baik. Tugas sehari-hari seperti menonton YouTube dan mengedit dokumen dilakukan tanpa masalah.

3. Daya tahan baterai

Listrik menjadi cukup berharga ketika ada di baterai laptop Anda. Sebagian besar distro Xfce, termasuk Linux Lite, lebih baik atau serupa dengan konsumsi baterai jika dibandingkan dengan Windows 10. Daya tahan baterai di Linux Lite mungkin tidak terlalu bagus, tetapi tidak ada ruang untuk keluhan di sini juga. Mudah salah satu pilihan terbaik jika masa pakai baterai sangat penting bagi Anda.

3 hal ini menjadikan Linux Lite sistem operasi yang sangat baik bagi orang yang ingin mendapatkan kinerja terbaik dari perangkat keras mereka.

Fitur dan Kegunaan:

Linux Lite bersama dengan kinerja yang mengesankan juga memberi kami beberapa alat luar biasa untuk memfasilitasi transisi windows ke Linux. Pengembang Linux Lite telah menempatkan fokus yang luar biasa pada kegunaan. Mereka telah menciptakan banyak alat dan fitur untuk membuatnya lebih mudah digunakan oleh rata-rata pengguna.

Langsung dari kotak, Ini memberikan sejumlah aplikasi pra-instal yang membuat Linux Lite dapat digunakan segera dengan satu klik. Karena sebagian besar pengguna Windows tidak terbiasa dengan nama perangkat lunak Linux alternatif, alih-alih nama perangkat lunak, nama umum mereka atau apa yang dilakukan perangkat lunak tersebut dicetak di menu. Sangat mudah untuk menavigasi dan menemukan sesuatu.

  • Anda dapat membuat Linux hemat daya dengan TLP.
  • Anda dapat membuat Linux lebih cepat dengan preload.
  • Lite Tweaks memungkinkan Anda untuk mengubah kinerja tertentu dan tweak preferensial di sini.

Kami mendapatkan Time-shift pra-instal yang berfungsi untuk perbaikan boot-up dan perbaikan sistem Paket berguna untuk pengguna Linux baru untuk cadangan sistem lengkap, Jika sesuatu merusak sistem Anda di masa mendatang, Anda dapat memutar kembali ke sistem yang berfungsi penuh saat Anda tidak tahu bagaimana memperbaiki sesuatu.

Aplikasi bermerek Linux Lite di sini seperti Lite Desktop, Lite Sounds, Lite Upgrade, dan perangkat lunak Manajemen Pengguna Lite menyederhanakan beberapa tugas umum yang akan Anda lakukan di komputer dengan menyediakan UI yang bersih dan dapat diakses.

Ada banyak yang harus dilakukan di bawah tenda dengan Linux. Anda hanya perlu tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Pengembang Linux Lite telah berupaya membuat Linux Lite lebih mudah digunakan baik oleh pengguna Linux berpengalaman maupun pendatang baru, dan upaya ini jelas berarti kegunaan yang lebih baik di Linux Lite.

STABILITAS DAN KETERSEDIAAN PERANGKAT LUNAK:

Linux Lite didasarkan pada versi Ubuntu 20.04 LTS yang akan didukung selama 5 tahun ke depan dan sangat dapat diandalkan.

Linux Lite akan mendapatkan peningkatan keamanan dan paket untuk waktu yang lama. Dan begitu versi baru Linux Lite keluar, Anda dapat melakukan pembaruan sistem penuh menggunakan Pembaruan Lite.

Linux Lite terutama menggunakan repositori perangkat lunak Ubuntu. Jadi Anda mendapatkan akses ke sejumlah besar perangkat lunak Linux dan Anda dapat menginstal hampir semua yang Anda butuhkan secara langsung menggunakan manajer paket Synaptic.

Untuk perangkat lunak tambahan, Anda dapat menggunakan PPA dan paket deb untuk menginstal perangkat lunak juga.

Linux Lite berbasis Ubuntu dan sangat ringan menjadikannya kandidat yang optimal untuk game Linux. Game Steam dan Steam bekerja dengan sangat baik di sini. Steam memiliki perpustakaan game Linux yang sangat banyak. Anda cukup mengaktifkan Steam Play di Steam dan sebagian besar game eksklusif Windows menginstal dan menjalankannya seperti asli Linux.

Linux Lite memiliki instalasi sederhana yang sama dengan Ubuntu. Semua langkah dan opsi mudah dipahami. Setelah selesai dengan instalasi. Anda disambut oleh Lite Welcome, yang membantu Anda menyiapkan komputer dengan driver yang tepat, mendapatkan pembaruan terkini, menyiapkan titik pemulihan, dan memilih tema gelap atau terang.

Linux Lite adalah sistem operasi luar biasa yang memiliki beberapa hal yang sangat mengagumkan tentangnya. Ini adalah sistem yang dapat diandalkan yang terlihat bagus, berkinerja bagus, dan sangat mudah digunakan.

Linux Lite berfungsi untuk pelajar, pengembang, pengguna rumahan, dan bisnis. Dan tentu saja, Linux Lite adalah pilihan yang fantastis untuk menghidupkan kembali perangkat keras lama. Linux Lite mungkin bukan OS futuristik dengan teknologi inovatif. Tetapi ini adalah kelas pertama dalam memberikan Anda lingkungan komputasi yang hebat dan pengalaman yang disempurnakan hari ini.

Apakah Linux merupakan risiko keamanan di Windows 10?
Linux

Apakah Linux merupakan risiko keamanan di Windows 10?

Apakah Linux merupakan risiko keamanan di Windows 10? – Dimasukkannya Linux di Windows 10 tentu mendapat banyak perhatian di media, tetapi sekarang beberapa situs berspekulasi bahwa Linux bisa menjadi risiko keamanan di Windows 10.

Apakah Linux merupakan risiko keamanan di Windows 10?

art4linux – Apakah Linux merupakan risiko keamanan nyata untuk Windows 10, atau apakah ini hanya serangan yang dirancang untuk menyalahkan Linux atas kekurangan keamanan Windows 10?

Melansir infoworld, Salah satu perubahan besar yang diterapkan dalam Pembaruan Ulang Tahun Windows 10 adalah penambahan subsistem Linux yang pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi Linux di atas sistem operasi Windows 10 milik Microsoft sendiri.

Baca juga : Pengelola Kata Sandi Linux Terbaik di tahun 2021

Dan sementara implementasi ini sangat berguna bagi pengembang, subsistem Linux menciptakan risiko tambahan untuk komputer Windows 10, menurut Alex Ionescu, kepala arsitek di perusahaan keamanan Crowdstrike.

Dalam upaya untuk meningkatkan kinerja subsistem Linux pada Windows 10, Microsoft menawarkan akses langsung ke perangkat keras mentah, sehingga aplikasi Linux tidak diluncurkan dalam wadah Hyper-V yang dapat membantu mengisolasi proses dan ancaman apa pun yang mungkin terkait dengannya. , ahli menjelaskan, menurut eWeek.

Dan karena itu, Linux memiliki akses sistem penuh, dan ini adalah pedang bermata dua yang dapat dengan mudah menjadi bumerang jika seorang peretas berhasil menyuntikkan kode berbahaya ke dalam aplikasi Linux. Selain itu, aplikasi Linux memiliki akses ke file dan folder yang sama dengan saudara Windows mereka, jadi tidak sulit untuk melihat ke mana arahnya jika serangan berhasil.

Ars Technica mengulas Linux Mint 18

Linux Mint 18 telah keluar untuk sementara waktu sekarang, tetapi ulasannya masih masuk. Tinjauan terbaru Linux Mint 18 berasal dari Ars Technica, yang menemukan bahwa Linux “tidak bisa lebih baik dari ini.”

Scott Gilbertson melaporkan untuk Ars Technica:

Mint 18 yang baru dirilis adalah peningkatan besar. Proyek Linux Mint tidak hanya meningkatkan desktop duel Mint (Cinnamon dan MATE), tetapi pekerjaan terbaru grup ini berdampak pada semua sistem yang mendasarinya. Dengan Mint 18, Linux Mint akhirnya memindahkan sistem perangkat lunak dasarnya dari Ubuntu 14.04 ke Ubuntu 16.04 yang baru.

Saya menguji Mint 18 pada Dell XPS 13 yang saya ulas bulan lalu di Ars dan ternyata itu adalah desktop yang tajam, jauh lebih sedikit sumber daya yang haus daripada Unity default yang dikirimkan bersama Dell. Cinnamon adalah opsi desktop Mint yang lebih mencolok dan menggunakan sedikit lebih banyak memori (sekitar 450MB tanpa apa pun yang berjalan kecuali aplikasi startup default), tetapi masih sedikit kurang dari Ubuntu 16.04 (sekitar 650 MB tanpa apa pun yang berjalan kecuali aplikasi startup default) . Faktanya, dari apa yang saya sebut sebagai empat desktop Linux kelas berat GNOME 3, Unity, KDE, dan Cinnamon adalah yang paling sedikit menggunakan sumber daya.

Linux Mint 18 adalah pembaruan yang solid dan melanjutkan evolusi yang lambat namun mantap dari salah satu desktop Linux paling populer di luar sana. Jika Anda adalah pengguna Mint yang sudah ada, itu pasti layak untuk ditingkatkan, meskipun perlu diingat bahwa peningkatan ini mungkin sedikit lebih sulit dibandingkan dengan proses peningkatan yang sangat sederhana untuk pembaruan 17.x. Pada tulisan ini, Linux Mint belum menerbitkan panduan pemutakhiran yang biasa, dan saya menginstal salinan bersih, jadi saya tidak dapat mengomentari proses pemutakhiran.

Mint 18 tetap menjadi rekomendasi saya baik untuk siapa saja yang baru mengenal Linux maupun pengguna Linux berpengalaman yang menginginkan desktop yang berfungsi dan mudah digunakan. Berkat pendekatan pengembangan inkrementalnya, dedikasinya untuk mengembangkan fitur secara perlahan, dan pengembangan fitur power user dan opsi konfigurasi, Mint berhasil melayani pendatang baru dan power user Linux dengan baik.

Bagaimana cara meningkatkan ke Linux Mint 18

Berbicara tentang Linux Mint 18, salah satu pengembangnya memposting tutorial beberapa minggu lalu yang menjelaskan cara melakukan upgrade. Ini bisa sangat berguna jika Anda menjalankan Linux Mint versi sebelumnya.

Tutorial ini menjelaskan cara meningkatkan ke Linux Mint 18.

Linux Mint 13 akan didukung hingga 2017. Linux Mint 17, 17.1, 17.2, dan 17.3 akan didukung hingga 2019.

Jika versi Linux Mint Anda masih didukung, dan Anda puas dengan sistem Anda saat ini, maka Anda tidak perlu memutakhirkan.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang SUSE Linux

Setiap versi baru Linux Mint hadir dengan kernel baru. Ini berarti bahwa ia menangani perangkat keras secara berbeda. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa kartu grafis atau adaptor nirkabel yang saat ini berfungsi dengan baik untuk Anda di Linux Mint, tidak dikenali oleh versi Linux Mint yang lebih baru yang Anda rencanakan untuk ditingkatkan. Dalam beberapa kasus, ini bisa berarti bahwa meningkatkan ke rilis ini adalah keputusan yang salah, mungkin Anda lebih baik melewatkan rilis tertentu? Hanya ada satu cara untuk mengetahuinya: Anda perlu mencobanya.

Linux Mint hadir sebagai citra ISO yang dapat dibakar ke DVD atau stik USB. Berkat ini, Anda dapat mencoba rilis yang lebih baru di komputer Anda dan melihat apakah perangkat keras Anda dikenali tanpa menginstal dan sebelum memutakhirkan.

Pengelola Kata Sandi Linux Terbaik di tahun 2021
Linux

Pengelola Kata Sandi Linux Terbaik di tahun 2021

Pengelola Kata Sandi Linux Terbaik di tahun 2021 – Pengelola kata sandi adalah aplikasi yang dibuat untuk memungkinkan pengguna menyimpan kata sandi mereka di satu tempat dan membebaskan diri mereka dari kebutuhan untuk mengingat setiap kata sandi mereka.

Pengelola Kata Sandi Linux Terbaik di tahun 2021

art4linux – Mereka, pada gilirannya, mendorong klien untuk menggunakan kata sandi yang serumit mungkin dan mengingat satu kata sandi utama. Pengelola kata sandi modern bahkan bekerja lebih keras untuk menjaga informasi lain seperti detail kartu, file, tanda terima, dll. terkunci dengan aman dari mata-mata.

Melansir fossmint, Anda mungkin bertanya-tanya aplikasi pengelola kata sandi mana yang akan bekerja paling baik di mesin Linux Anda dan saya di sini untuk menjawab pertanyaan Anda dengan daftar pengelola kata sandi Linux terbaik saya.

Baca juga : Apa Itu Arch Linux?

1. Keeper Secure Password Manager

Keeper adalah aplikasi pengelola kata sandi freemium berperingkat teratas yang dikembangkan oleh Keeper Security yang menawarkan aplikasi tepercaya kepada pengguna pribadi, keluarga, pelajar, dan bisnis untuk membuat kata sandi yang kuat serta menyimpannya sambil memastikan perlindungan dari ancaman dunia maya dan pelanggaran data terkait kata sandi.

Ini menyediakan antarmuka pengguna modern yang indah dengan ‘tampilan & nuansa’ yang kompatibel di semua platform desktop dan ponsel serta di browser web modern.

2. Bitwarden

Bitwarden adalah solusi manajemen kata sandi gratis, sumber terbuka, dan mudah digunakan yang memungkinkan Anda membuat kata sandi yang kuat dan unik dengan mudah untuk menikmati pengalaman online Anda. Anda dapat mengakses data yang tersimpan melalui aplikasi multi-platform untuk desktop dan smartphone, melalui UI web pada sistem pengunjung, dan melalui berbagai ekstensi browser.

Ini menawarkan kepada pengguna beberapa fitur gratis termasuk UI yang indah, otentikasi 2 faktor, sinkronisasi, berbagi pengguna, pembuat kata sandi bawaan, hosting mandiri opsional, penyimpanan tidak terbatas, kartu kredit & identitas, dll. Ini juga menawarkan fitur tambahan untuk premium pengguna hanya dengan $10/tahun ke atas.

3. Buttercup

Buttercup adalah pengelola kata sandi yang indah, lintas platform, dan sumber terbuka yang dirancang untuk mengelola kredensial Anda sambil memberi Anda kenyamanan tanpa harus mengingat detail Anda.

Ini memiliki penekanan kuat pada keamanan dan privasi dan juga tersedia untuk perangkat seluler dan browser modern. Lihat artikel kami tentang Buttercup di sini.

4. Enpass

Enpass adalah pengelola kata sandi lintas platform yang tampak apik yang tidak hanya menyimpan kata sandi tetapi juga kartu kredit, detail bank, file PDF, kata sandi WiFi, dll.

Di antara banyak fiturnya termasuk dukungan untuk perangkat yang dapat dikenakan, tag, TOTP, biometrik, dan Keyfiles untuk menambahkan lapisan otentikasi tambahan.

5. MYKI

MYKI adalah pengelola kata sandi multi-platform freemium yang dirancang dengan tujuan membekali pengguna dengan alat terbaik di kelasnya untuk mengelola identitas digital mereka secara pribadi dan profesional.

Ini berusaha untuk memastikan privasi pengguna dan mencegah jembatan data dengan menghapus kebutuhan pengguna untuk menyimpan data mereka di server cloud pihak ketiga dengan menawarkan Pengelola Kata Sandi offline dan 2FA Authenticator.

6. Pass

Pass adalah pengelola kata sandi baris perintah sumber terbuka yang menyimpan kata sandi dalam file GPG terenkripsi yang diatur dalam berbagai hierarki folder. Ia menggunakan metode ini untuk menyimpan kata sandi karena kepatuhannya pada filosofi Unix.

Ini menampilkan dukungan untuk ekstensi, integrasi untuk Git, penyelesaian bash, pembuatan kata sandi, impor/ekspor kata sandi, dan komponen GUI yang disediakan oleh anggota komunitas sumber terbuka.

7. LastPass

LastPass adalah pembuat dan pengelola kata sandi lintas platform dengan Antarmuka Pengguna yang bersih dengan pemantauan keamanan otomatis dan enkripsi tingkat militer.

Fitur-fiturnya termasuk verifikasi sidik jari, perubahan kata sandi sekali klik, kemampuan untuk menyimpan catatan digital bahkan kartu pembayaran Anda untuk menyederhanakan belanja online, dan antarmuka baris perintah sumber terbuka (yang bergantung pada server mereka).

8. KeePass

KeePass Password Safe adalah pengelola kata sandi gratis, sumber terbuka, portabel, dan ringan. Ini fitur generator kata sandi inbuilt, dukungan multi-bahasa, dukungan atau grup kata sandi, beberapa kunci pengguna, dan impor data dari banyak format file.

KeePass awalnya dibuat untuk Windows tetapi sekarang tersedia untuk Linux dengan dukungan lengkap untuk kustomisasi tema.

Baca juga : Pop!_OS Salah Satu Dari distribusi Linux

9. Dashlane

Dashlane adalah pengelola dan pembuat kata sandi multi-platform. Seperti kebanyakan aplikasi lain dalam daftar ini, ini mengamankan semua kata sandi Anda, file PDF, detail kartu, dll. dengan satu kata sandi utama.

Ini membanggakan enkripsi terbaik, Antarmuka Pengguna yang indah dan bebas kekacauan dengan sinkronisasi otomatis di seluruh perangkat – fitur yang menjadikannya pengelola kata sandi yang sangat baik.

Jika Anda ingin menikmati uji coba gratis Dashlane Premium lebih lama dari standar 30 hari, maka Anda dapat mengklaim 6 bulan premium gratis untuk pengguna dari tautan ini.

10. KeePassXC

KeePassXC adalah pengelola kata sandi gratis, sumber terbuka, dan ringan dengan penekanan kuat pada keamanan. Ini adalah cabang dari pengelola kata sandi KeePassX lama dengan fitur tambahan seperti independensi Mono, integrasi browser, dan Antarmuka Pengguna yang jauh lebih baik.

Seperti KeePassX, ia juga menawarkan pembuat kata sandi bawaan, dukungan multi-bahasa, dukungan atau grup kata sandi, banyak kunci pengguna, dan impor data dari banyak format file. Ini menyimpan URL, lampiran, komentar, kata sandi, dan format teks lainnya dalam satu database dan memungkinkan pengguna untuk menggunakan ikon khusus dan grup kata sandi.

Apa Itu Arch Linux?
Linux

Apa Itu Arch Linux?

Apa Itu Arch Linux? – Arch Linux memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan setiap aspek dari sistem mereka. Tapi apa itu Arch Linux dan haruskah Anda menginstalnya di komputer Anda?

Apa Itu Arch Linux?

art4linux – Distro Linux dikenal karena kesederhanaan dan kemudahan penggunaannya, tetapi Arch Linux menantang gagasan ini dengan membiarkan pengguna memilih semuanya sambil menjaga fungsionalitas tetap utuh. Untuk pemula, kekuatan pilihan ini mungkin membuat Arch Linux menjadi lebih menakutkan, tetapi untuk pengguna Linux tingkat lanjut, ini sangat penting.

Melansir makeuseof, Arch Linux sangat populer di kalangan pengguna Linux karena beberapa alasan. Pada artikel ini, mari kita lihat Arch Linux dan siapa yang paling diuntungkan dari penggunaannya.

Baca juga : 7 Linux Tools Terbaik Untuk Seniman Digital

Apa itu ArchLinux?

Arch Linux adalah distro Linux sumber terbuka dan gratis yang memberi Anda kemampuan penyesuaian dan kontrol yang luar biasa atas mesin Anda. Sifat Arch yang ringan dan minimalis adalah alasan utama meningkatnya popularitasnya di komunitas teknologi.

Distro Linux centric x86-64 menganut prinsip KISS (tetap sederhana, bodoh). Seperti namanya, Arch percaya dalam membuat sistem operasi yang bersih yang menyerahkan setiap keputusan kepada pengguna. Anda tidak akan menemukan perubahan spesifik distribusi yang signifikan di Arch, membuat transisi mulus dari distro Linux lainnya.

Kelebihan Arch Linux

Berikut adalah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dengan Arch Linux:

1. Arch Sangat Dapat Disesuaikan

Arch dikenal sebagai sistem operasi DIY (Do It Yourself) karena Anda dapat menyesuaikan sendiri setiap detail yang rumit. OS menawarkan Anda kendali penuh atas fungsionalitasnya sejak saat memuat citra ISO hingga penyelesaian penginstalan.

Arch tidak hadir dengan lingkungan desktop asli atau pengelola jendelanya sendiri. Untuk memudahkan masalah dan menempatkan kontrol di tangan pengguna, Anda harus memutuskan segalanya, langsung dari lingkungan desktop hingga komponen yang Anda inginkan di mesin Anda.

Untuk alasan ini, pendekatan DIY adalah fitur yang berguna, yang membuat Arch sangat ringan dan mudah diakses, karena tidak disertai dengan bloatware yang sudah diinstal sebelumnya.

2. Arch Tercanggih

Pembaruan Arch adalah suguhan untuk setiap pengguna yang suka mencoba fitur baru segera setelah dirilis. Arch mengikuti model rilis bergulir yang membuat pembaruan sistem operasi Anda lebih mudah dari sebelumnya.

Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk memperbarui distro Anda ke versi terbaru:

Pembaruan mudah dipasang dan mencakup semua fitur terbaru yang disertakan dengan rilis terbaru.

3. Arch User Repository (AUR)

Arch User Repository adalah repositori berbasis komunitas untuk paket Linux yang dikembangkan oleh pengguna. Ini memegang perpustakaan besar paket instalasi yang terkait dengan Arch Linux.

Bagian yang paling terpuji adalah bahwa beberapa paket disertakan dalam AUR sebelum ditambahkan ke repositori resmi Arch. Ini memberi Anda akses ke dunia perangkat lunak yang sama sekali baru yang akan membutuhkan waktu untuk mengarahkan Anda ke distro Anda secara konvensional.

AUR berisi deskripsi paket PKGBUILDs, yang memungkinkan pengguna membuat paket langsung dari sumber menggunakan makepkg dan menginstalnya menggunakan pengelola paket.

4. Arch Wiki

Arch Wiki adalah dokumentasi untuk Arch Linux. Ini membantu Anda menemukan semua yang perlu Anda ketahui tentang distro dan masalah terkait. Arch Linux adalah salah satu distro Linux yang paling terdokumentasi dengan baik yang tersedia. Anda dapat menemukan informasi mengenai perubahan terbaru, berita Arch terbaru, statistik, permintaan, dan banyak lagi.

5. Fungsionalitas Pacman

Fungsionalitas Pacman sama uniknya dengan namanya. Manajer paket cukup fleksibel untuk mendukung instalasi paket dari repositori Arch dan binari yang dikompilasi dari sumber menggunakan makepkg.

Pacman menjadikan Arch sebagai jembatan antara distro yang memungkinkan Anda menginstal paket dari repositori mereka dan distro yang memungkinkan Anda mengkompilasi binari dari sumbernya. Dengan cara ini, Anda menikmati yang terbaik dari kedua dunia, tanpa harus berkompromi pada fleksibilitas atau kemudahan akses.

6. Tingkatkan Pemahaman Anda tentang Linux

Arch memberi Anda pengalaman Linux yang otentik. Anda dapat mempelajari hal-hal baru tentang Linux sambil melakukan tugas sehari-hari. Anda pasti harus mencoba mengonfigurasi jaringan secara manual menggunakan manajer jaringan, karena antarmuka adalah pelajaran Linux yang bagus.

Instalasinya secara keseluruhan sangat berbeda dengan distro lain. Anda tidak mendapatkan dukungan GUI selama instalasi; Anda hanya dapat berinteraksi dengan distro Anda melalui baris perintah. Pengalaman perangkat lunak secara keseluruhan jarang menampilkan GUI, yang hanya akan mendorong Anda untuk mengadopsi baris perintah Linux untuk menjalankan perintah harian Anda.

Tugas sederhana seperti manajemen tampilan, chroot, dan manajemen jaringan adalah beberapa cara hebat untuk meningkatkan pengetahuan Linux Anda. Jangan khawatir; jika Anda pernah terjebak menggunakan Arch, Arch Wiki akan segera menyelamatkan Anda.

Harap dicatat bahwa ada penginstal GUI yang tersedia untuk Arch, tetapi Anda tidak boleh mempertimbangkannya, terutama jika Anda ingin merasakan Linux dalam bentuk dasar yang sebenarnya.

Apakah Arch Cocok untuk Pemula?

Sebagai seorang pemula, Anda ingin mengenakan topi pelatihan Anda sampai Anda cukup percaya diri untuk menjelajah sendiri. Memulai dengan Arch sama dengan mengendarai banteng di rodeo sambil menjadi rodeo amatir.

Arch tidak membuat asumsi dan tidak menawarkan pilihan yang telah ditentukan pada saat instalasi. Ini adalah fitur luar biasa untuk pengguna Linux yang mahir, karena membuka seluruh rangkaian cakrawala baru untuk penyesuaian. Hal yang sama menjadi ancaman bagi seorang pemula, karena tugas-tugas sederhana seperti menginstal distro, menjadi sangat rumit.

Jika Anda masih ingin mencoba Arch sebagai pemula, pastikan Anda menginstalnya di dalam mesin virtual terlebih dahulu. Anda dapat menginstal Arch sebagai driver harian Anda, hanya jika Anda benar-benar yakin menggunakannya.

Anda juga dapat merasakan Arch menggunakan distro berbasis Arch yang lebih sederhana seperti Manjaro atau ArcoLinux. Manjaro terutama berfokus pada keramahan pengguna, yang menjadikannya lingkungan kerja yang sempurna untuk pemula. Muncul dengan berbagai perangkat lunak pra-instal untuk membantu pengguna dalam aktivitas sehari-hari mereka.

Siapa yang Harus Menggunakan Arch Linux?

Arch sangat teknis pada intinya, menjadikannya distro yang tepat bagi pengguna yang dapat menggunakannya sepenuhnya. Para ahli dan pengguna listrik paling diuntungkan dari Arch, mengingat sifatnya yang DIY.

Pengguna ahli dapat menyesuaikan Arch sesuai dengan kebutuhan mereka dan mendapatkan manfaat dari komunitas Arch yang aktif. Pacman dan AUR adalah fitur unik yang hanya Anda temukan di Arch dan distro Linux berbasis Arch lainnya.

Repositori BlackArch adalah salah satu repositori yang dapat Anda tambahkan ke Arch Linux. Muncul dengan sejumlah besar alat keamanan yang bagus untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan keamanan siber. Repositori ini terkenal di kalangan profesional keamanan siber, mengingat beragam alatnya yang ideal untuk penguji penetrasi dan peneliti keamanan.

7 Linux Tools Terbaik Untuk Seniman Digital
Linux

7 Linux Tools Terbaik Untuk Seniman Digital

7 Linux Tools Terbaik Untuk Seniman Digital – Mari kita bicara grafik. Secara pribadi, saya lebih suka menggunakan alat online seperti Canva untuk membuat grafik yang menakjubkan dengan mudah untuk FOSS-nya. Tetapi Anda tidak dapat online sepanjang waktu dan inilah mengapa Anda dapat menginstal perangkat lunak untuk membuat grafik kapan pun Anda mau.

7 Linux Tools Terbaik Untuk Seniman Digital

art4linux – Ada banyak aplikasi grafis Linux yang membantu seniman digital meningkatkan pekerjaan mereka atau membangun sesuatu yang menarik dari awal. Yah, mungkin, aplikasi yang ada dengan Linux tidak populer secara komersial, tetapi mereka menawarkan fitur yang kuat untuk bertindak sebagai pendamping yang sempurna untuk seniman digital.

Melansir itsfoss, Dalam artikel ini, kami akan secara khusus memusatkan fokus kami pada alat yang berhubungan dengan gambar/sketsa digital dan editor gambar.

Baca juga : Perintah Dasar Linux

Perangkat Lunak Desain Grafis Terbaik untuk Linux

1. GIMP

GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program. GIMP adalah salah satu alat gratis terbaik untuk seniman digital yang telah diinstal di Ubuntu atau distribusi Linux lainnya.

Ini adalah alat Linux yang sepenuhnya gratis untuk seniman digital yang tidak relevan dengan tingkat keahlian. Ini dimaksudkan untuk semua orang. Bahkan jika Anda seorang ahli, Anda dapat memanfaatkannya, atau jika Anda seorang pemula, Anda dapat memanfaatkannya dengan baik. GIMP memiliki banyak hal untuk ditawarkan daripada hanya mengedit foto atau mendesain ulang. Beberapa plugin dan ekstensi membuat GIMP kaya untuk dimiliki di sistem seseorang. Selain itu, tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, Anda dapat melakukan semua desain atau pengeditan dasar dan beberapa tugas manipulasi gambar yang rumit juga.

Jika Anda menjalankan Ubuntu, Anda dapat menemukannya terdaftar di Ubuntu Software Center. Anda dapat langsung menginstalnya dari sana dan jika Anda menggunakan distribusi Linux yang berbeda, Anda dapat menuju ke halaman bantuan instalasi mereka untuk informasi lebih lanjut.

2. Krita

Namun alat Linux lain yang mengesankan untuk seniman digital. Krita dimaksudkan sebagai add-on dengan KOffice untuk memfasilitasi pengeditan gambar dalam rangkaian alat kantor. Namun, ternyata memiliki lebih banyak potensi untuk menjadi aplikasi desktop independen yang bersaing dengan program seperti GIMP.

Yang mengejutkan kami, itu masih tidak seperti GIMP. Namun, lebih terfokus untuk digunakan oleh ilustrator, kartunis, dan seniman gambar konsep. Ini pasti menawarkan berbagai fitur dan terus berkembang saat kita berbicara. Juga, Anda dapat berargumen bahwa Krita menyediakan antarmuka pengguna yang lebih baik dibandingkan dengan GIMP.

Baru-baru ini, ia memperkenalkan kemampuan animasi render, dukungan penuh untuk OSX, pemilih warna yang disempurnakan, dan banyak lagi. Ini juga dapat diperluas dengan penggunaan plugin atau ekstensi. Ini membawa koleksi filter yang bagus untuk dipilih dan juga menyediakan kemampuan untuk mengontrol lapisan dalam gambar seperti Adobe Photoshop. Itu dapat mengimpor banyak file, tetapi telah menghentikan dukungan untuk file PSD.

Fitur dan kegunaan adalah kelebihan Krita. Tidak heran universitas Prancis ini membuang Adobe Photoshop untuk Krita.

Anda dapat mengambil snap dari pusat perangkat lunak Ubuntu, atau Anda dapat mengunduh AppImage dan membuatnya dapat dieksekusi untuk menginstal lebih lanjut. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mencoba menuju ke halaman unduh Krita.

3. Inkscape

Ini adalah editor grafis vektor open source. Anda dapat menginstalnya di sistem Linux Anda sebagai alternatif dari Adobe Illustrator. Antarmuka pengguna yang ditawarkan di sini mungkin tidak terlalu menarik, tetapi sangat bagus dengan fitur dan alat canggih yang ditawarkan.

Ini jelas merupakan salah satu alat Linux terbaik untuk seniman digital yang dikembangkan secara aktif. Jika Anda merasa lebih mudah untuk bekerja dengannya tetapi Anda masih lebih suka Adobe Illustrator, maka Anda dapat dengan mudah mengekspor file Anda dalam format file Illustrator dan mengimpornya di Illustrator nanti. Anda dapat mengekspor ke format file SVG, SVGZ, LaTeX, dan POV-Ray juga. Ada ekstensi yang memungkinkan Anda menyimpan file sebagai PDF, EPS, dan sebagainya.

Inkscape mungkin bukan satu-satunya jika Anda seorang ahli terkemuka karena tidak memiliki fitur tertentu yang tersedia di editor grafis vektor komersial populer. Namun, jika Anda seorang seniman yang lebih menyukai alat yang gratis dan mudah digunakan daripada yang mahal, Anda pasti dapat menggunakannya.

Anda bisa mendapatkan ini langsung dari Ubuntu Software Center. Dalam kedua kasus tersebut, jika Anda menjalankan distribusi Linux yang berbeda, Anda dapat mencoba menginstalnya melalui terminal dengan memasukkan perintah berikut:

sudo apt install inkscape

4. Karbon

Program menggambar vektor sumber terbuka. Karbon juga dikenal sebagai Karbon 14, Kontour, dan KIllustrator. Ini memungkinkan Anda mengedit dan membuat gambar vektor. Ini adalah salah satu alat Linux yang paling cocok untuk seniman digital yang berurusan dengan grafik vektor. Itu termasuk alat gradien, alat bentuk jalur, alat pensil, alat kaligrafi, dan sebagainya.

Ini membawa dukungan untuk bentuk serta teks. Anda dapat mengimpor gambar SVG dan mengeditnya dengan sangat mudah. Karbon menyediakan antarmuka pengguna yang hebat yang dapat disesuaikan. Selain itu, ia menawarkan alat pengeditan jalur lanjutan. Juga, ini dapat diperluas untuk berbagai penggunaan dengan memanfaatkan plugin yang kompatibel dengannya.

Anda dapat langsung menginstalnya dari pusat Perangkat Lunak Ubuntu. Dalam kedua kasus, Anda dapat mengetikkan perintah berikut di terminal untuk menginstalnya:

sudo apt install karbon

5. Vectr (not open source)

Seperti dua alat grafik di atas dalam daftar dan seperti namanya, Vectr adalah alat untuk grafik vektor. Ini sedikit berbeda dari perangkat lunak desktop biasa.

Anda dapat menggunakan Vectr di browser web Anda juga. Ini juga memiliki fitur kolaborasi waktu nyata. Anda dapat memberikan URL desain Anda dan orang lain dapat melihat Anda mengedit gambar secara real time.

Antarmuka pengguna adalah poin plus lainnya. UI modern dan tampilan estetis tentu menentukan mood untuk desain kreatif. Ini juga memiliki satu set dokumentasi bagi pengguna baru untuk memulai membuat desain vektor.

Aplikasi desktop tersedia untuk Linux, Windows, dan MacOS. Ini bukan perangkat lunak open source, namun Anda dapat mengunduhnya secara gratis.

6. Pinta

Sama seperti utilitas perangkat lunak pengedit gambar lainnya, Pinta entah dari mana menjadi salah satu alat Linux favorit untuk seniman digital. Ini adalah utilitas perangkat lunak sumber terbuka yang menghadirkan banyak fitur.

Jika sebelumnya Anda menggunakan software Paint.Net, caranya hampir sama. Dengan kata lain, Anda dapat menyimpannya sebagai alternatif Paint.Net untuk Linux/Ubuntu. Anda akan menemukan berbagai alat menggambar yang mencakup – kuas, alat menggambar tangan bebas, pensil, bentuk, dan sebagainya. Ini bukan hanya alat cat biasa tetapi juga membawa dukungan untuk memungkinkan Anda mengontrol lapisan gambar. Juga, Anda mendapatkan kemampuan untuk menambahkan ekstensi untuk kemampuan eksperimental.

Selain itu, ia menawarkan banyak filter dan efek (motion blur, red-eye removal, glow, warp) untuk membantu menyempurnakan gambar. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan bilah alat ke posisi yang diperlukan (Baik sebagai jendela mengambang atau sebagai bilah alat berlabuh). Ini menggabungkan fitur penyesuaian gaya dok, yang dengannya Anda dapat mengonfigurasi berbagai bantalan untuk dipasang atau dilepas sesuai dengan gaya kerja Anda. Itu datang dengan dukungan untuk format file seperti OpenRaster dan lainnya.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Tiny Core Linux

7. MyPaint

Namun alat Linux open source lain untuk seniman digital. MyPaint berfokus pada menggambar sketsa. Jika Anda memiliki layar yang mendukung layar sentuh, Anda akan dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Antarmuka pengguna cukup sederhana dan mudah digunakan.

Ini jelas merupakan alternatif yang layak untuk MS Paint di Linux dengan beberapa fitur canggih. Ini membawa dukungan lapisan dasar dan kanvas tanpa batas. Anda tidak perlu mengubah ukuran kanvas lagi (atau mengubahnya). Anda mendapatkan opsi kuas ekstensif yang dapat Anda coba pada bantalan gores yang terpasang pada dok.

Jika Anda seorang seniman, Anda dapat membuat sesuatu secara digital dari sesuatu menggunakan alat ini. Saya bahkan akan menyebutnya sebagai perangkat lunak menggambar Linux terbaik.

Jika Anda ingin menginstalnya, Anda dapat menemukannya di Ubuntu Software Center. Dalam kedua kasus, Anda dapat menginstalnya menggunakan perintah yang disebutkan di bawah ini:

sudo apt install mypaint

Linux dan Komputer Mac lama
Linux

Linux dan Komputer Mac lama

Linux dan Komputer Mac lama – Apple dikenal dengan strategi usang yang direncanakan yang mendorong pelanggan untuk mengupgrade Mac mereka sesering mungkin. Hal ini dapat mengakibatkan Mac lama tidak dapat memperbarui ke macOS versi terbaru, tetapi masih merupakan komputer yang berfungsi sempurna yang dapat melakukan banyak tugas komputasi sehari-hari seperti penjelajahan web, pengolah kata, pengeditan gambar, dll.

Linux dan Komputer Mac lama

art4linux – Jadi apa yang dapat Anda lakukan dengan Mac lama yang tidak lagi mendapatkan pembaruan macOS? Anda dapat menginstal Linux dan menghembuskan kehidupan baru ke komputer Mac lama itu. Distribusi seperti Ubuntu, Linux Mint, Fedora, dan lainnya menawarkan cara untuk terus menggunakan Mac lama yang seharusnya tidak digunakan.

Melansir infoworld, Saat ini, berkat kepindahan Apple ke Intel sekitar satu dekade lalu, menghadirkan kehidupan baru ke Mac lama dengan menginstal distro Linux favorit Anda semudah menginstal PC standar, seperti yang akan Anda lihat di video ini.

Baca juga : Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer

Semua komputer Macintosh dari sekitar tahun 2006 dan seterusnya dibuat menggunakan CPU Intel dan menginstal Linux di komputer ini sangat mudah. Anda tidak perlu mengunduh distro khusus Mac — cukup pilih distro favorit Anda dan instal. Sekitar 95 persen dari waktu Anda dapat menggunakan distro versi 64-bit. Di CoreDuo Mac, mulai tahun 2006, Anda harus menggunakan versi 32-bit.

Berikut adalah video screencast yang saya buat di Macbook yang dihidupkan kembali yang baru-baru ini datang ke tangan saya. Saya mengunduh Linux Mint 18 Xfce 64-bit ISO, membakarnya ke DVD, memasukkannya ke Macbook (setelah Macbook dihidupkan) dan kemudian mem-boot Macbook dari DVD dengan menahan huruf “C” (yang memberitahu Mac untuk boot dari drive optik).

Artikel di FOSS Force tentang penggunaan Mac lama untuk menjalankan Linux menarik perhatian redditor Linux dan mereka membagikan pemikiran mereka tentang hal itu:

IBlowAtCoding: “Linux sangat modular dan dapat disesuaikan. Memutakhirkan ke OSX terbaru dengan perangkat keras lama pasti akan melihat penurunan kinerja tetapi melakukannya dengan Linux mungkin tidak demikian. Misalnya, Anda dapat memilih distribusi tulang yang lebih sederhana, Anda dapat memilih lingkungan desktop yang sangat sederhana (Openbox daripada Unity), dll. Saya bahkan memiliki beberapa laptop sial dengan Debian terbaru di mana saya bahkan tidak menjalankan GUI sama sekali dan cukup gunakan terminal dan tmux.”

Faissaloo: “…dengan OSX Anda memiliki pilihan antara ketidakcocokan dan keusangan yang direncanakan. Dengan Linux Anda tidak mendapatkan keduanya.”

Maximiliankolb: “Saya tidak ingin menghakimi dengan cara apa pun, tetapi menggunakan mesin yang lebih lambat dari raspi3 baru seharga 30$ mungkin hanya membuang-buang sumber daya. seperti yang telah ditunjukkan orang lain, mereka hanya menggunakan banyak kekuatan, sementara tidak dapat diandalkan. upaya untuk mendukung semua model yang berbeda itu terlalu tinggi, dibandingkan dengan pengaturan raspi3 yang cukup standar dan teruji dengan baik. Saya suka menggunakan mesin bekas/refurbish, tapi ada batasannya!”

Noxygen: “Saya masih menggunakan IMac dari tahun 2008 di bawah linux. Karena layarnya bagus dan besar, dan konsumsi dayanya cukup rendah, itu membuat komputer kedua yang sempurna untuk memantau dan mengelola server rtmp saya.”

BaronVonD: “Anda juga dapat mengunduh versi PowerPC dari Deb/Ubuntu untuk Mac yang lebih lama, menjalankannya menggunakan lxde atau lingkungan ringan lainnya.

Saya memiliki iMac G3 yang saya coba untuk menginstal Lubuntu, hanya untuk bersenang-senang. Ada beberapa masalah saat penginstalan, jadi saya belum melakukan banyak hal dengan itu, tetapi saya mungkin akan mencoba lagi hari ini.”

CompsciKinder: “Saya menjalankan g4 dan g5 powermac dengan ubuntu ppc. Bekerja dengan baik, CPU masih bagus!

Saya menggunakannya untuk menguji perangkat lunak untuk kasus penggunaan tertentu, jadi saya tidak peduli dengan efisiensi.”

Tiv: “Perlu diingat bahwa ada Mac di luar sana yang memiliki implementasi UEFI 32-bit dan CPU 64-bit. Yang berarti bahwa mengunduh distro 64-bit tidak secara otomatis menjamin bahwa Anda dapat mem-boot darinya. Beberapa distro tidak menyertakan rintisan EFI untuk kedua arsitektur. Canonical di beberapa titik mengirimkan versi EFI + Mac tertentu karena alasan itu saya percaya. Jika Anda mengalami masalah ini, gunakan saja rEFInd dan selesaikanlah.”

Macbookairquestion: “Apple ingin Anda mengganti produk mereka setiap beberapa tahun. Saya harus berurusan dengan MacBook Air 2008. Ini tidak didukung oleh versi OS X terbaru. OS X terbaru yang berjalan di atasnya (Lion) tidak mendapatkan pembaruan keamanan apa pun lagi. Linux adalah satu-satunya cara yang baik untuk terus menggunakan komputer yang diproduksi dengan baik ini untuk tugas-tugas rata-rata dengan cara yang aman.”

AlwaysManaged: “Hanya ingin tahu, bagaimana ini “menghidupkan kembali” komputer? Jika sudah memiliki OSX di dalamnya, mengapa tidak mengembalikannya ke pengaturan pabrik dan memutakhirkannya ke rilis terbaru apa pun yang akan dijalankannya?

Baca juga : Kernel Linux 5.15 Tersedia, dan Memiliki Sesuatu yang Istimewa untuk Pengguna NTFS

Saya tidak melihat bagaimana menginstal linux membuat perbedaan untuk perangkat keras…OSX sudah menjadi OS berbasis unix.”

Djxfade: “Karena dalam kasus Mac yang telah ditinggalkan Apple, seperti perangkat keras PPC, beberapa generasi Intel pertama, dll. Mereka hanya dapat menjalankan versi OS X lama dan tidak didukung.

Pada perangkat keras PowerPC, Anda kacau, karena macet secara permanen di Leopard, OS berusia 10 tahun.

Dengan menginstal rasa Linux, Anda mendapatkan akses ke perangkat lunak terbaru, patch keamanan, dan browser modern. Versi Safari yang lebih lama tidak berguna hari ini.”

Perintah Dasar Linux
Linux

Perintah Dasar Linux

Perintah Dasar Linux – Pengonversi Linux baru yang berasal dari dunia Windows mungkin merasa bekerja dengan baris perintah agak menakutkan. Namun, itu tidak terlalu sulit untuk digunakan. Yang Anda butuhkan untuk memulai dengan baris perintah adalah mempelajari beberapa perintah dasar.

Perintah Dasar Linux

art4linux – Meskipun sebagian besar distribusi Linux ramah pengguna dan hadir dengan antarmuka grafis yang mudah digunakan, mengetahui cara menggunakan baris perintah bisa sangat berguna. Baris perintah memberi Anda lebih banyak kekuatan atas sistem Anda dan akses ke fitur yang tidak tersedia melalui antarmuka grafis.

Melansir linuxize, Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa perintah Linux paling umum yang digunakan setiap hari oleh administrator sistem Linux.

Baca juga : Cara Memeriksa Kecepatan dan Ketik Ram di Linux

Menghafal opsi perintah biasanya tidak diperlukan dan mungkin membuang-buang waktu. Biasanya, jika Anda tidak sering menggunakan perintah, Anda dapat dengan mudah melupakan opsinya.

Sebagian besar perintah memiliki opsi –help, yang mencetak pesan singkat tentang cara menggunakan perintah dan keluar:

command_name –help

Perintah pria itu

Hampir semua perintah Linux didistribusikan bersama dengan halaman manual. Halaman manual atau manual adalah bentuk dokumentasi yang menjelaskan apa yang dilakukan perintah, contoh bagaimana Anda menjalankan perintah, dan argumen apa yang diterimanya.

Perintah man digunakan untuk menampilkan halaman manual dari perintah yang diberikan.

man command_name

Misalnya, untuk membuka halaman manual dari perintah, cd, Anda akan mengetik:

man cd

Untuk menavigasi halaman manual, gunakan tombol Panah, Halaman Atas, dan Halaman Bawah. Anda juga dapat menekan tombol Enter untuk memindahkan satu baris pada satu waktu, bilah Spasi untuk berpindah ke layar berikutnya, dan tombol b untuk mundur satu layar. Untuk keluar dari halaman manual, tekan tombol q.
Menavigasi Sistem File

Di Linux, setiap file dan direktori berada di bawah direktori root, direktori pertama atau paling atas di pohon direktori. Direktori root dirujuk oleh satu garis miring /.

Saat menavigasi sistem file saat mengoperasikan file, Anda dapat menggunakan jalur absolut atau relatif ke sumber daya.

Jalur absolut atau lengkap dimulai dari root sistem /, dan jalur relatif dimulai dari direktori Anda saat ini.
Direktori Kerja Saat Ini (perintah pwd)

Direktori kerja saat ini adalah direktori di mana pengguna sedang bekerja. Setiap kali Anda berinteraksi dengan prompt perintah Anda, Anda bekerja di dalam direktori.

Gunakan perintah pwd untuk mengetahui direktori tempat Anda berada saat ini:

Perintah menampilkan jalur direktori kerja Anda saat ini:

/home/linuxize

Mengubah direktori (perintah cd)

Perintah cd (“ubah direktori”) digunakan untuk mengubah direktori kerja saat ini di Linux dan sistem operasi mirip Unix lainnya.

Saat digunakan tanpa argumen apa pun, cd akan membawa Anda ke direktori home Anda:

CD

Untuk mengubah ke direktori, Anda dapat menggunakan nama path absolut atau relatifnya.

Dengan asumsi bahwa direktori Unduhan ada di direktori tempat Anda menjalankan perintah, Anda dapat menavigasi ke sana dengan menggunakan jalur relatif ke direktori:

Unduhan cd

Anda juga dapat menavigasi ke direktori dengan menggunakan jalur absolutnya:

cd /home/linuxize/Downloads

Dua titik (..), satu demi satu, mewakili direktori induk atau, dengan kata lain, direktori tepat di atas direktori saat ini.

Misalkan Anda saat ini berada di direktori /usr/local/share. Untuk beralih ke direktori /usr/local (naik satu tingkat dari direktori saat ini), Anda harus mengetik:

cd../

Untuk naik dua level:

cd../../

Untuk mengubah kembali ke direktori kerja sebelumnya, gunakan karakter tanda hubung (-) sebagai argumen:

cd –

Jika direktori yang ingin Anda ubah memiliki spasi dalam namanya, Anda harus mengapit jalur dengan tanda kutip atau menggunakan karakter garis miring terbalik () untuk menghindari spasi:

cd Dir\ nama\ dengan\ spasi

Bekerja dengan File dan Direktori
Daftar isi direktori (perintah ls)

Perintah ls mencantumkan sinformasi tentang file dan direktori di dalam direktori.

Saat digunakan tanpa opsi dan argumen, ls menampilkan daftar dalam urutan abjad nama semua file di direktori kerja saat ini:

ls

Untuk membuat daftar file di direktori tertentu, berikan jalur ke direktori sebagai argumen:

ls /usr

Output default dari perintah ls hanya menampilkan nama file dan direktori. Gunakan -l untuk mencetak file dalam format daftar panjang:

ls -l /etc/hosts

Outputnya termasuk jenis file, izin, jumlah tautan keras, pemilik, grup, ukuran, tanggal, dan nama file:

-rw-r–r– 1 root root 337 4 Okt 11:31 /etc/hosts

Perintah ls tidak mencantumkan file tersembunyi secara default. File tersembunyi adalah file apa pun yang dimulai dengan titik (.).

Untuk menampilkan semua file, termasuk file tersembunyi, gunakan opsi -a:

ls -a ~/

Menampilkan isi file (perintah cat)

Perintah cat mencetak konten dari satu atau lebih file dan menggabungkan (menggabungkan) file dengan menambahkan konten satu file ke akhir file lain

Untuk menampilkan konten file di layar, berikan nama file ke cat sebagai argumen:

cut /etc/hosts

Membuat file (perintah sentuh)

Perintah sentuh digunakan untuk memperbarui stempel waktu pada file dan direktori yang ada serta untuk membuat file baru yang kosong.

Untuk membuat file , tentukan nama file sebagai argumen:

sentuh file.txt

Jika file sudah ada, sentuh akan mengubah akses terakhir dan waktu modifikasi file ke waktu saat ini.
Membuat direktori (perintah mkdir)

Di Linux, Anda dapat membuat direktori baru (juga dikenal sebagai folder) menggunakan perintah mkdir.

Untuk membuat direktori, berikan nama direktori sebagai argumen ke perintah:

mkdir /tmp/direktori baru

mkdir dapat mengambil satu atau lebih nama direktori sebagai argumennya.

Jika argumennya adalah nama direktori, tanpa path lengkap, direktori baru dibuat di direktori kerja saat ini.

Untuk membuat direktori induk, gunakan opsi -p:

mkdir -p Projects/linuxize.com/src/assets/images

Perintah di atas membuat seluruh struktur direktori.

Ketika mkdir dipanggil dengan opsi -p, itu membuat direktori hanya jika tidak ada.
Membuat tautan simbolik (perintah ln)

Tautan simbolis (atau symlink) adalah jenis file khusus yang menunjuk ke file atau direktori lain.

Untuk membuat tautan simbolik ke file tertentu, gunakan perintah ln dengan opsi -s, nama file sebagai argumen pertama, dan nama tautan simbolik sebagai argumen kedua:

ln -s source_file symbolic_link

Jika hanya satu file yang diberikan sebagai argumen, ln membuat tautan ke file itu di direktori kerja saat ini dengan nama yang sama dengan file yang ditunjuknya.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Damn Small Linux ( DSL )

Menghapus file dan direktori (perintah rm)

Untuk menghapus file dan direktori, gunakan perintah rm.

Secara default, ketika dijalankan tanpa opsi apa pun, rm tidak menghapus direktori. Itu juga tidak meminta pengguna untuk melanjutkan penghapusan file yang diberikan.

Untuk menghapus file atau symlink, gunakan perintah rm diikuti dengan nama file sebagai argumen:

rm file.txt

Cara Memeriksa Kecepatan dan Ketik Ram di Linux
Linux

Cara Memeriksa Kecepatan dan Ketik Ram di Linux

Cara Memeriksa Kecepatan dan Ketik Ram di Linux – Jika kita perlu mengetahui detail RAM laptop kita tanpa membuka sistem, mari kita ambil skenario jika saya perlu memutakhirkan RAM laptop saya, untuk hal yang sama saya perlu mengetahui konfigurasi persis dari RAM yang saya pasang.

Cara Memeriksa Kecepatan dan Ketik Ram di Linux

art4linux – Saya tahu di laptop saya ada dua slot RAM dan hanya satu yang terpasang dan satu lagi kosong di mana saya dapat memasang RAM lain untuk meningkatkan yang akan meningkatkan kinerja sistem. Jadi dalam posting ini kita akan melihat cara Memeriksa Kecepatan dan Jenis Ram.

Baca juga : Panduan Belajar Linux Dan Perintah Dasarnya Untuk Pemula

Melansir geekpills, Untuk hal yang sama kita akan menggunakan perintah dmidecode untuk membuang isi tabel DMI (beberapa mengatakan SMBIOS) komputer dalam format yang dapat dibaca manusia. Tabel ini berisi deskripsi komponen perangkat keras sistem, serta informasi berguna lainnya seperti nomor seri dan revisi BIOS. Perintah ini tersedia di sistem berbasis debian Linux/Unix.
Mempersiapkan

Saya menggunakan mesin Ubuntu untuk mengumpulkan data dengan dmidecode, ini juga akan berfungsi di Mesin RHEL/CentOS.

# lsb_release -d
Description: Ubuntu 16.04.3 LTS
# uname -rm
4.4.0-112-generic x86_64

Perintah Dmidecode: Detail RAM

kita perlu membuka terminal dan ketik perintah di bawah ini untuk mengumpulkan detail RAM
dmidecode –tipe 17

Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana menampilkan Output .

Ini memiliki semua detail yang diperlukan untuk RAM (memori utama) Sistem Linux/Unix seperti DIMM, Jenis, Kecepatan yang dibutuhkan siapa pun saat memesan RAM baru untuk meningkatkan memori utama sistem.

kita juga bisa mendapatkan detail lainnya dengan perintah dmidecode dengan berbagai jenis lainnya.

# dmidecode –type
dmidecode: option ‘–type’ requires an argument
Type number or keyword expected
Valid type keywords are:
bios
system
baseboard
chassis
processor
memory
cache
connector
slot

Jadi tidak penting untuk menyebutkan nomor hanya dengan jenisnya saja, kita juga bisa menggunakan nama pasti dari part yang perlu kita ketahui melalui dmidecode, seperti kita bisa mendapatkan detail untuk Bios apa saja semua perangkat dan layanan yang didukung melalui bios.

root@jarvis:~# dmidecode -t bios
# dmidecode 3.0
Getting SMBIOS data from sysfs.
SMBIOS 2.8 present.

Handle 0x0000, DMI type 0, 24 bytes
BIOS Information
Vendor: Dell Inc.
Version: A10
Release Date: 01/12/2016
Address: 0xF0000
Runtime Size: 64 kB
ROM Size: 12288 kB

Characteristics:

PCI is supported
PNP is supported
BIOS is upgradeable
BIOS shadowing is allowed
Boot from CD is supported
Selectable boot is supported
EDD is supported
5.25″/1.2 MB floppy services are supported (int 13h)
3.5″/720 kB floppy services are supported (int 13h)
3.5″/2.88 MB floppy services are supported (int 13h)
Print screen service is supported (int 5h)
8042 keyboard services are supported (int 9h)
Serial services are supported (int 14h)
Printer services are supported (int 17h)
ACPI is supported
USB legacy is supported
Smart battery is supported
BIOS boot specification is supported
Function key-initiated network boot is supported
Targeted content distribution is supported
UEFI is supported
BIOS Revision: 65.10

Handle 0xF0CB, DMI type 13, 22 bytes
BIOS Language Information
Language Description Format: Long
Installable Languages: 1
en|US|iso8859-1
Currently Installed Language: en|US|iso8859-1

Baca juga : Freeware Gratis Untuk Membagikan dan Menggabungkan File Lewat Windows dan Linux

kami juga dapat memeriksa detail Memori dan RAM dengan perintah lshw, yang juga akan memberikan detail untuk RAM dan cache lain yang tersedia di mesin. Sebagai contoh, saya mencoba memeriksa Memori di laptop saya yaitu dell latitude E7250.

root@jarvis:~# lshw -C memory
*-firmware
description: BIOS
vendor: Dell Inc.
physical id: 0
version: A10
date: 01/12/2016
size: 64KiB
capacity: 11MiB

capabilities: pci pnp upgrade shadowing cdboot bootselect edd int13floppy1200 int13floppy720 int13floppy2880 int5printscreen int9keyboard int14serial int17printer acpi usb smartbattery biosbootspecification netboot uefi
*-cache:0

description: L1 cache
physical id: 3e
slot: L1 Cache
size: 32KiB
capacity: 32KiB
capabilities: synchronous internal write-back instruction
configuration: level=1
*-cache:1
description: L2 cache
physical id: 43
slot: L2 Cache
size: 256KiB
capacity: 256KiB
capabilities: synchronous internal write-back unified
configuration: level=2
*-cache:2
description: L3 cache
physical id: 48
slot: L3 Cache
size: 4MiB
capacity: 4MiB
capabilities: synchronous internal write-back unified
configuration: level=3
*-cache
description: L1 cachesize: 32KiB
capacity: 32KiB
capabilities: synchronous internal write-back data
configuration: level=1
*-memory
description: System Memory
physical id: 52
slot: System board or motherboard
size: 16GiB
*-bank:0
description: SODIMM DDR3 Synchronous 1600 MHz (0.6 ns)
product: HMT41GS6BFR8A-PB
vendor: Hynix/Hyundai
physical id: 0
serial: 80A3BA85
slot: DIMM A
size: 8GiB
width: 64 bits
clock: 1600MHz (0.6ns)
*-bank:1
description: SODIMM DDR3 Synchronous 1600 MHz (0.6 ns)
product: HMT41GS6BFR8A-PB
vendor: Hynix/Hyundai
physical id: 1
serial: A2DAF29E
slot: DIMM B
size: 8GiB
width: 64 bits
clock: 1600MHz (0.6ns)

Panduan Belajar Linux Dan Perintah Dasarnya Untuk Pemula
Linux

Panduan Belajar Linux Dan Perintah Dasarnya Untuk Pemula

Panduan Belajar Linux Dan Perintah Dasarnya Untuk Pemula  – Artikel ini memberikan garis besar mengenai apa saja yang dipelajari dan bagaimana cara belajar Linux untuk pemula yang belajar sendiri dan pengajar yang membutuhkannya.

Panduan Belajar Linux Dan Perintah Dasarnya Untuk Pemula

art4linux – Artikel ini mencakup baik GNU/Linux desktop maupun server.

Melansir blog.cilsy, Artikel ini terbagi menjadi dua bagian yaitu tingkat dasar (mempelajari sistem operasinya dan baris perintahnya) dan tingkat lanjut (server, jaringan, dan lainnya).

Baca juga : Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda

Artikel ini juga menyebutkan sejumlah kamus istilah di internet yang bisa dirujuk pembaca untuk mencari arti istilah atau definisi mengenai GNU/Linux.

Komponen GNU/Linux

Sebelum jauh belajar tentang Linux, perlu dikenali dahulu komponen dari sistem operasi yang hendak dipelajari.

Pada dasarnya, sistem operasi GNU/Linux adalah sistem operasi GNU, dan yang dioperasikan pada baris perintah oleh pengguna ialah komponen GNU, walau sering kali pengguna tidak menyadarinya.

Di antara perintah dasar GNU itu adalah perintah paling populer pwd, cp, ls, mv, mkdir, cat, echo, dd, du df, awk, sed, cut, nano, grep, find, head, dan tail.

Dan beroperasinya perintah-perintah itu terjadi pada program penerjemah perintahnya GNU, yang bernama bash.

Perintah ini sering disalahnamakan sebagai ‘perintah dasar Linux‘ (dianggap bagian dari Linux) padahal bukan.

Jadi mempelajari perintah dasar di sistem operasi GNU/Linux pada dasarnya mempelajari perintah dasar GNU, yaitu yang tersebut di atas.
Stuktur Direktori GNU/Linux

Setiap pengguna sistem operasi apa pun mestinya mengetahui susunan hierarki direktori pada sistemnya.

GNU/Linux karena merupakan tiruan Unix memiliki struktur direktori yang sama dengan milik Unix.

Adapun tanda pemisah direktori pada alamat direktori di GNU/Linux adalah tanda slash ( / ) dan bukan backslash ( \ ) yaitu sama seperti pada alamat URL internet.

Berikut ini tabel ringkasan hierarki direktori pada GNU/Linux secara umum. Struktur direktori pada distro Anda mungkin sedikit berbeda.

Direktori Fungsi

  • / Slash, disebut juga root, direktori tertinggi pada satu sistem GNU/Linux. Pada direktori inilah semua direktori lain seperti bin, usr, etc berada.
  • /boot Slash boot, direktori untuk keperluan booting sistem GNU/Linux. Yang ada di dalamnya adalah kernel Linux dengan nama berkasnya /boot/vmlinuz, berkas initrd dengan nama /boot/initrd, dan berkas-berkas milik bootloader seperti /boot/grub/grub.cfg.
  • /bin Slash bin, direktori tempat disimpannya program-program binary milik sistem GNU/Linux yang krusial.
  • /lib Slash lib, direktori tempat disimpannya library milik sistem GNU/Linux yang terkait dengan /bin.
  • /dev Slash dev, direktori tempat disimpannya segala hardware device dalam bentuk berkas. Contohnya
  • /dev/sda1 yaitu device partisi pertama pada hard disk pertama, /dev/ttyUSB1 yaitu device USB yang terhubung pada port nomor 1.
  • /etc Slash e-t-c, direktori tempat disimpannya berkas-berkas pengaturan milik segala program yang terpasang di sistem GNU/Linux.
  • Contohnya berkas konfigurasi APT milik Debian ada di /etc/apt/sources.list.
  • /home Slash home, direktori tempat direktori pengguna disimpan. Contohnya jika nama penggunanya ‘sukarno’ maka direktorinya /home/sukarno/.
  • /root Slash root, direktori milik pengguna super (root user). Direktori ini seperti /home/sukarno hanya saja bukan milik pengguna biasa melainkan pengguna super.
  • /media Slash media, direktori tempat di-mount-nya (dibacanya) hardware device seperti partisi hard disk, USB flash disk, CDROM pada sistem GNU/Linux.
  • /var Slash var, direktori tempat disimpannya berkas-berkas variabel yang berubah terus sepanjang waktu seperti log dan cache.
  • Contohnya paket-paket .deb yang diunduh oleh APT disimpannya di /var/cache/apt/archives/.
  • /proc Slash proc, direktori tempat disimpannya virtual filesystem untuk processes yang dijalankan oleh kernel Linux.
  • /tmp Slash t-m-p, direktori tempat disimpannya berkas-berkas sementara milik berbagai program yang aktif pada GNU/Linux. Setiap berkas yang ada di sini akan terhapus otomatis setiap kali sistem direstart.
  • /usr Slash u-s-r, direktori tempat disimpannya program dan library yang dipasang sendiri oleh pengguna.
  • /usr/bin Slash u-s-r slash bin, direktori seperti /bin hanya saja memuat program yang dipasang oleh pengguna.
  • /usr/lib Slash u-s-r slash lib, direktori seperti /lib hanya saja memuat library yang dipasang oleh pengguna atau library yang terkait dengan /usr/bin.
  • /usr/share Slash u-s-r slash share, direktori tempat disimpannya berbagai berkas bawaan, ikon, tema, templat, dan dokumentasi program yang dipasang oleh pengguna.

Pengarang postingan ini menyarankan dengan amat supaya pembaca memohon edukasi dengan cara langsung di tempat dari konsumen ahli buat menekuni Linux.

Dengan tutur lain, menekuni Linux seharusnya dengan belajar. Pembaca bisa mencari konsumen ahli semacam itu di kota tiap- tiap.

Tanpa itu, kerap kalinya konsumen biasa yang berlatih sendiri tanpa edukasi apabila tidak kesusahan berkelanjutan, hendak jatuh pada kekeliruan parah semacam salah menghilangkan hard disk drive.

Bagian 1: Menekuni Sistem Operasinya

  • Menekuni sesuatu distro GNU/ Linux tidak bebas dari 3 perihal:
  • Berlatih gimana menginstal sistemnya ke komputer
  • Berlatih melaksanakan desktop& program- programnya

Berlatih metode instal- menginstal program. Distro apa juga yang diseleksi konsumen, mulai Ubuntu hingga Gentoo, yang dipelajari tetaplah tidak pergi dari 3 perihal itu.

Baca juga : Bagaimana Windows NTFS Akhirnya Berhasil Masuk ke Linux

Memo berarti: no awal dapat diabaikan karena umumya konsumen Windows pula tidak menginstal sendiri sistem operasinya, melainkan diinstalkan orang lain.

Postingan ini menyarankan tiap konsumen GNU/ Linux pendatang baru memohon dorongan konsumen pc yang lebih ahli di kota tiap- tiap buat menginstal distro GNU/ Linux, serta tidak menginstalnya sendiri.

Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer
Linux

Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer

Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer – Linux merupakan nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer Unix. Linux merupakan salah satu contoh pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber utamanya yang terbuka.

Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer

art4linux – Linux berasal dari nama sang produsen, yang diperkenalkan pada 1991 oleh Linux Torvalds. Utilitas sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan pada 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU merupakan dasar dari timbulnya gelar alternatif GNU atau Linux.

Melansir merdeka, Linux merupakan sistem operasi yang telah dikenal lama penggunaannya di server, dan didukung perusahaan-perusahaan komputer terkenal seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystem.

Baca juga : MX Linux: Distro yang cepat dan ramah

Linux sendiri digunakan sebagai sistem operasi untuk berbagai jenis perangkat keras komputer seperti desktop, supercomputer, dan embedded sistem seperti buku pembaca elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3, dan Xbox), telepon genggam dan router.

Linux dianggap sebagai sistem operasi yang baik. Sistem operasi Linux ini banyak digunakan oleh hacker, programmer, developer, geeks, dan lain sebagainya. Penggunaan linux memang tumbuh sangat luar biasa dan mampu bersaing dengan sistem operasi populer seperti Windows atau OS X.

Sedangkan, Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasiskan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan antarmuka bergrafis. Pada umumnya, sistem operasi ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat, baik di kalangan menengah atas hingga menengah ke bawah.

Sama-sama merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk sistem komputer dan laptop, sebenarnya apa saja kelebihan Linux dibandingkan dengan sistem operasi komputer yang lainnya?

Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut kami telah rangkum beberapa kelebihan sistem operasi Linux yang perlu Anda ketahui, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Gratis

Keunggulan Linux selaku sistem operasi komputer yang awal merupakan free. Bila dibanding dengan sistem operasi yang yang lain semacam Windows, Linux lebih terjangkau sebab Windows membutuhkan kisaran harga dekat Rp 3 sampai Rp 5 juta buat satu lisensinya.

Linux ialah sistem operasi komputer yang pas buat Kamu yang memanglah tidak mau menghasilkan duit selaku suatu sistem operasi. Bila Kamu memakai Linux, Kamu hendak terbebas dari yang namanya sistem operasi bajakan, aplikasi crack, patch, serta lain serupanya. Tidak hanya free, di Linux Kamu pula leluasa buat memodifikasi OS Linux semau batin cocok dengan kemauan Kamu.

2. Keamanan yang Lebih Unggul

Keunggulan Linux buat sistem komputer yang selanjutnya merupakan sebab Linux mempunyai hak akses yang terbatas. Akses yang terbatas artinya merupakan antara buat masuk ke sistem Linux amatlah sedikit. Semacam ilustrasinya kala mau menginstal aplikasi saja membutuhkan repository online. Walaupun dapat dengan cara offline, namun amatlah tidak sering sekali banyak orang hendak iseng membuat virus di perpanjangan aplikasi Linux.

Perihal ini ialah keunggulan Linux dibanding dengan sistem operasi komputer yang lain semacam Windows. Alasannya, OS Windows keamanannya belum lumayan sempurna. Windows umumnya kerapkali tersusupi virus oleh file berekstensi exe yang didownload dengan cara leluasa di suatu web.

3. Kemampuan yang Enteng serta Spesikasi yang Minimal

Keunggulan Linux buat sistem komputer yang berikutnya merupakan diamati dari kinerjanya yang enteng tetapi spesifikasinya senantiasa dapat dijalani dalam sistem yang minimun.

Keunggulan Linux teruji enteng dalam kinerjanya( bukan buat permainan), serta buat meng- instal Linux memanglah tidak menginginkan detail yang besar. Cuma dengan dekat 10 GB serta 512 harddisk, Linux telah dapat diinstal di komputer Kamu.

4. Banyak Tools Pentest Security

Keunggulan Linux buat sistem komputer merupakan OS Linux memanglah didesain buat mencoba keamanan. Keunggulan Linux merupakan seluruh tools di dalamnya free.

Banyak tools yang ada, bagus bawaan ataupun yang dapat di unduh di web pengembang distro Linux. Hingga tidak bingung bila sistem Linux banyak dipakai oleh para hacker.

5. Keringanan buat Menginstall Driver

Keunggulan Linux buat sistem komputer yang berikutnya merupakan keringanan buat menginstall driver. Dikala menginstal sistem operasi ini, Kamu tidak butuh menginstal driver yang lazim dicoba dikala menginstal sistem operasi semacam Windows.

Sebabnya merupakan distro Linux mayoritas memanglah telah cocok dengan seluruh tipe prosesor yang tertancap di komputer atau laptop.

Baca juga : Mengulas antiX Yang Merupakan Distribusi Linux

6. Banyak Versi Distro Linux

Keunggulan Linux buat sistem komputer yang terakhir merupakan banyaknya versi distro yang diadakan oleh Linux. Sebab memanglah sistem operasi ini free, sampai dikala ini banyak pengembang yang membuat varian- varian dari Linux semacam Ubuntu, Debian, Linux Mint sampai Kali Linux.

Buat itu, Linux jadi kerap dipakai oleh banyak orang sebab keringanan dalam memodiifikasinya serta penggunaannya yang enteng. Tetapi, dalam pemillihan sistem operasi komputer merupakan kembali ke opsi Kamu terkait keinginan serta pemakaian yang Kamu perlukan.

7 Game Terbaik Untuk Linux
Linux

7 Game Terbaik Untuk Linux

7 Game Terbaik Untuk Linux, Saya menulis daftar game FPS terbaik untuk Linux beberapa tahun yang lalu. Pada saat itu, hanya ada beberapa game yang tersedia yang dapat bersaing dengan game Windows. Tapi game Linux telah berkembang jauh sejak saat itu.

Menurut art4linux.org Valve merilis Steam Play pada tahun 2018. Steam adalah platform game paling populer untuk komputer berbasis Windows. Counter-Strike, Dota 2, Team Fortress 2, Rocket League, dan semua game terbesar abad ini tersedia di Steam.

Steam Play memungkinkan Anda memainkan game khusus Windows di Linux yang tidak mungkin dipasang.

Bagaimana Steam Play bekerja ?

Steam Play memanfaatkan Proton, solusi perangkat lunak Valve yang memungkinkan gamer memainkan game khusus Windows di Linux . Ini menyelesaikan ini melalui penggunaan Wine dan berbagai alat lain di bagian belakang. Ketika Steam Play pertama kali dirilis pada tahun 2018, ada sejumlah game yang telah ditransfer ke Linux, tetapi daftar itu terus bertambah.

Game Terbaik Untuk Linux

Pada artikel ini, saya akan membahas 10 game teratas untuk Linux. Saat saya menguji game baru, daftarnya akan bertambah lebih jauh. Untuk memainkan salah satu game ini, cukup instal Steam, yang akan menginstal semua binari yang diperlukan untuk memainkan game khusus Windows di Linux.

Jika Anda mengalami masalah dengan game tertentu, buka protondb dan cari. Baca ulasan untuk menemukan solusinya. Game yang akan saya cantumkan di artikel ini mungkin memerlukan beberapa penyesuaian lebih lanjut sebelum Anda dapat memainkannya. Sebagian besar waktu, penyesuaian kecil diperlukan untuk memainkan game favorit Anda.

Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

Counter Strike: Global Offensive

Counter-Strike: Global Offensive, game paling populer sepanjang masa, juga dikenal sebagai CS: GO. Sumber Counter-Strike pertama kali tersedia 19 tahun yang lalu. Ini adalah game aksi 5v5 berbasis tim.

Pada 2012, Counter-Strike: Global Offensive diterbitkan di Steam. Ini benar-benar gratis untuk dimainkan. Jika Anda ingin memainkan game FPS, silakan dan lakukan. Sebagian besar distribusi Linux mendukung permainan dengan cukup baik.

Baca Juga : Pengertian Linux dan Ubuntu

Gim ini telah ditandai sebagai Emas oleh protondb, yang berarti Anda mungkin perlu mengubahnya sedikit sebelum dapat memainkannya. Meskipun demikian, saya menginstalnya di Ubuntu 20.04 dan berfungsi dengan sempurna tanpa modifikasi apa pun. Namun, untuk beberapa distro, mungkin ada beberapa bug yang dapat Anda perbaiki dengan membuka halaman protondb dan membaca ulasannya. Seseorang mungkin telah memperbaiki masalahnya.

Dota 2

Jika Anda pernah mendengar tentang Steam, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang Dota 2. Dota 2 adalah game steam paling populer. Game ini dirilis pada tahun 2013 dan menampilkan gameplay aksi berbasis strategi. Dota 2 diluncurkan di Linux hanya beberapa hari setelah rilis pertamanya. Akibatnya, ini dapat diakses secara native untuk Linux. Tidak perlu menambahkan beban ekstra ke PC Anda agar dapat bekerja di komputer Linux Anda.

Warframe

Warframe adalah game aksi orang ketiga online yang populer. Ini benar-benar gratis untuk dimainkan. Itu terus diperbarui dengan hal-hal baru dan menarik. Jika Anda menikmati game sci-fi, Anda akan menikmati yang satu ini. Warframe diatur dalam lingkungan sci-fi yang selalu berubah di mana Anda dapat mengalami segala sesuatu dari dunia ini dengan grafis yang menakjubkan.

Warframe tidak tersedia di Linux secara asli. Namun, ada alasan mengapa game ini dan judul dukungan Linux non-asli lainnya disertakan dalam daftar ini.

Di protondb, Warframe memiliki peringkat Emas. Peringkat emas menunjukkan bahwa itu dapat dimainkan di Linux dengan Steam Play setelah beberapa modifikasi.

Team Fortress 2

Game pertama yang saya mainkan di Steam adalah Team Fortress 2. Saya sudah melupakan banyak game, tetapi tidak yang ini. Ini memiliki salah satu peringkat tertinggi di Steam.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan Team Fortress 2, ini adalah game aksi gratis dengan berbagai karakter dan misi. Tangkap Bendera, Titik Kontrol, Muatan, Arena, Raja Bukit, dan banyak mode permainan lainnya tersedia.

TF2 tersedia di Linux secara asli. Jadi Anda cukup menginstal Steam tanpa dukungan Steam Play dan kemudian menginstal TF2 tanpa masalah.

GTA V

Dan siapa yang belum pernah mendengar tentang GTA, atau Grand Theft Auto? Gim dunia terbuka terbaik sepanjang masa, dan masih berkembang dengan seringnya pembaruan. GTA V tidak tersedia di luar kotak untuk Linux, namun, Proton dan Steam Play telah mem-porting game tersebut. Dibutuhkan beberapa penyesuaian untuk bermain dengan nyaman di Linux.

Among Us

Among Us adalah salah satu game Linux favorit saya. Game ini dirilis pada tahun 2018, dan dengan cepat mendapatkan popularitas, terutama selama periode penguncian Covid-19. Ini adalah game online multipemain di mana kru harus memilih penipu sebelum penipu membunuh mereka semua.

Among Us awalnya diluncurkan untuk iOS dan Android, namun segera di-porting ke Windows. Gim ini sekarang tersedia di hampir semua platform gim utama, termasuk Epic Games.

Game ini tersedia untuk pengguna Linux melalui Steam Play. Saya mengujinya sendiri di Ubuntu 20.04 dan bisa bermain tanpa masalah. ProtonDB menilai permainan sebagai Emas, yang berarti dapat dimainkan tetapi mungkin perlu beberapa penyesuaian.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Sistem Operasi Lubuntu

Rocket League

Rocket League adalah game Steam populer lainnya. Setelah Anda melihatnya, tidak sulit untuk memahami cara memainkan game ini. Dalam permainan, dua tim mobil bersaing untuk melemparkan bola raksasa ke gawang. Dinamika gim ini cukup mulus, dan Anda memiliki kendali penuh atas mobil.

Rocket League tersedia untuk pengguna Linux secara native di Steam. Saya belum mencobanya di Linux, tetapi saya mendengar dari teman bahwa ini adalah permainan yang bagus.

Kesimpulan

Ini hanya beberapa game yang saya sebutkan di artikel ini. Masih banyak lagi yang akan saya tambahkan dalam beberapa hari mendatang saat saya menjelajahi katalog Steam Play. Sejauh ini, game yang saya jelaskan berkisar dari yang dapat dimainkan hingga yang sangat baik di Linux. Lebih banyak game akan di-porting ke Linux seiring berjalannya waktu . Saya berharap setelah Epic Games membuka Layanan Online untuk pembuat game, kita akan melihat lebih banyak game dirilis untuk Linux.

Pengertian Linux dan Ubuntu
Linux

Pengertian Linux dan Ubuntu

Pengertian Linux dan Ubuntu – Mungkin selama ini sistem operasi yang paling awam digunakan adalah sistem operasi berbasis Windows. Lainnya menggunakan sitem operasi Mac OS-nya. Kedua sistem operasi tersebut memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Jika menilik dari lingkungan kerja Desktop.

Pengertian Linux dan Ubuntu

art4linux – Linux terbukti sebagai sistem operasi yang handal, stabil, dan paling aman untuk masalah jaringan. Selain itu Linux adalah sistem operasi yang gratis karena berbasiskan Open Source.

Melansir lamnesia, Masih banyak kelebihan-kelebihan lain dari sistem operasi Linux yang membuat Linux menjadi pilihan paling tepat untuk dijadikan sebuah komputer server.

Baca juga : MX Linux: Distro yang cepat dan ramah

Apa Itu Linux?

Linux( Linux Is Not Unix) merupakan suatu kernel dari sistem pembedahan UNIX- like berplatform Open Source. Terbuat oleh seseorang mahasiswa bernama Linux Torvalds pada dekat dini tahun 90- an. Sesungguhnya terdapat sedikit salah anggapan di golongan warga kepada Linux. Linux sesungguhnya tidaklah suatu sistem pembedahan seperti Windows ataupun Mac OS.

Sebab Linux memanglah cumalah suatu kernel. Jadi Linux itu cuma inti dari sistem operasinya saja. Terkini sehabis timbul seseorang bernama Richard Stallman dengan cetak biru GNU( GNU’ s Not Unix) kepunyaannya. GNU ini merupakan berkas dari tools- tools, libraries, serta aplikasi. Setelah itu digabungkan dengan kernel ataupun inti sistem pembedahan bernama Linux mulanya. Alhasil kesimpulannya jadilah suatu sistem pembedahan yang populer powerful serta profesional di era yang hendak tiba bernama GNU/ Linux.

Apa Itu Ubuntu?

Ubuntu ialah sistem pembedahan berplatform GNU/ Linux anak dari distro Debian. Keunggulannya amat gampang dipakai, profesional, normal serta nyaman. Ubuntu berawal dari filosofi Afrika yang berarti“ Manusiawi pada sesama”. Ubuntu didesain buat kebutuhan pemakaian perorangan, tetapi ada pula buat tipe server. Luncurkan awal Ubuntu merupakan Ubuntu 4. 10 pada tahun 2004 dengan codename Warty Warthog. Mark Shuttleworth merupakan figur dibalik dari keberhasilan Ubuntu sampai Ubuntu dapat populer semacam dikala ini. Beliau merupakan penggagas dari industri Cannonical, Ltd yang ialah perusahan sah pensupport Ubuntu.

Perbandingan Linux, GNU/ Linux, serta Ubuntu

Semacam yang telah dijelakan diatas. Linux cumalah suatu kernel dari sistem pembedahan, sebaliknya GNU/ Linux merupakan kombinasi dari tools- tools, libraries, serta aplikasi GNU dengan kernel Linux alhasil jadi suatu sistem pembedahan.

Kemudian Ubuntu sendiri merupakan penyaluran ataupun lebih diketahui selaku distro dari GNU/ Linux. Lebih persisnya Ubuntu merupakan kombinasi dari sistem pembedahan GNU/ Linux dengan ditambah sebagian paket- paket aplikasi, tema, serta sebagian perubahan yang lain alhasil jadilah sistem pembedahan terkini ataupun distro terkini bernama Ubuntu.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Tiny Core Linux

Distro- distro GNU/ Linux amatlah banyak, semacam RedHat, Fedora, CentOS, Debian, Slackware, serta lain- lain. Tetapi ubuntu mempunyai banyak keunggulan. Selanjutnya merupakan keunggulan dari ubuntu:

Sebab Ubuntu merupakan salah satu distro Linux yang gratis, leluasa virus, serta powerful di aspek jaringan.

Ubuntu ialah distro no satu di Indonesia, serta no 2 sehabis Linux Mint.

Banyak support dari komunitas- komunitas Ubuntu di semua dunia.

Banyak tutorial- tutorial mengenai server berplatform Ubuntu di internet.

Yap seperti itu uraian mengenai penafsiran linux serta ubuntu. Apakah dari kamu dikala ini terdapat yang memakai ubuntu? Tentu kamu memakai OS Windows kan hehe. Buat dikala ini ubuntu banyak dipakai cuma buat dijadikan server.

MX Linux: Distro yang cepat dan ramah
Linux

MX Linux: Distro yang cepat dan ramah

MX Linux: Distro yang cepat dan ramah – Ini merupakan tipe terkini dari distro MX Linux, yang dibesarkan dengan tujuan jadi distro yang enteng, didasarkan pada Debian 8. 6 Jessie, menggabungkan fitur- fitur dari bermacam penyaluran antiX dengan area desktop Xfce 4. 12. 2.., tidak hanya dilengkapi dengan kernel Linux 3. 16 buat tipe 32- bit serta kernel Linux 4. 7. 0 buat tipe 64- bit.

MX Linux: Distro yang cepat dan ramah

art4linux – MX- 16(Metamorfosis) bagian dari dasar sistem AntiX serta tercantum buatan serta ilham yang dipakai oleh Warren Woodford buat ciptaannya Cetak biru MEPIS. Tidak hanya itu, mereka melibatkan Backports serta bonus eksternal pada mereka Istirahat buat menjaga bagian kemajuan.

Melansir dari desdelinux, Distro ini mempunyai kenyamanan buat instalasi UEFI dan penginstal driver yang amat bagus.

Baca juga : Linux Lite 3.4: Sangat ringan, terbaru, dan berbasis Ubuntu

Fitur MX-16

Ini merupakan distro yang normal, gampang dipasang, yang mempunyai identifikasi fitur keras yang amat bagus serta bentuk otomatis buat seluruh tipe konsumen.

Pandangan visual dari penyaluran ini lumayan konvensional, sebab pengembangnya lebih menggemari kemantapan serta kemampuan dari mutu grafis, namun ini bisa dengan gampang ditingkatkan memakai adaptasi xfce.

Ini mempunyai mungkin buat mengadaptasi panel dengan metode yang gampang, membolehkan aktivasi suara kegiatan serta mempunyai buku petunjuk konsumen yang menyeluruh. Dengan metode yang serupa, beliau muncul dengan mungkin buat dicoba selaku LiveUSB dengan intensitas yang diaktifkan.

Konsumen chip AMD, Nvidia, serta Broadcom Wi- Fi wajib hening, sebab lumayan banyak usaha sudah dicoba buat menggabungkan installer yang penuhi keinginan fitur keras itu.

Kinerja MX-16

Keseluruhan boot MX- 16 di mesin virtual dengan RAM 2 GB merupakan 26 detik. Bagi HTOP, mengkonsumsi ingatan sedang sedikit di dasar distro semacam Xubuntu yang pula menunjukkan desktop XFCE. Startup sistem lumayan kilat semacam perihalnya shutdown. Oleh sebab itu di bagian ini tidak terdapat lagi yang dapat dibilang.

MX-16 (Metamorfosis) aplikasi

Aplikasi penting yang ditawarkan distro ini pada kita merupakan selaku selanjutnya:

  • Browser: Firefox 50. 0. 2
  • Pemutar film: VLC 2. 2. 4
  • Pengelola/ Pemutar Nada: Clementine 1. 3. 1
  • Konsumen Email: Thunderbird 45. 5. 1
  • Otomatisasi kantor: LibreOffice 5. 2. 2
  • Kembali: LuckyBackup 0. 4. 8
  • keamanan: Tutur Isyarat serta Kunci 3. 14. 0
  • Halte: Halte Xfce4 0. 6. 2

Dengan metode yang serupa, beliau dilengkapi dengan aplikasi lain selanjutnya:

  • Hidup: Untuk USB Langsung, perlengkapan Remaster, Snapshot.
  • Perawatan: Koreksi booting, Administrator Flash, Pengedit menu, Administrator konsumen.
  • Pemasang serta Administrator Fitur Lunak: Administrator Broadcom, Penginstal Codec, Bentuk default, Arah Panel, Seleksi suara, Suara sistem, Aman Tiba, Pemberitahu Apt, Cek GPG Apt, penginstal Backports Debian, Penginstal Paket, Administrator Repo, Penginstal Repo Uji
  • Kebutuhan: Temui share, Ubah konsumen, USB unmounter.
  • Aplikasi Anak: Prasekolah, Sekolah Dasar, dan lain- lain.
  • Lukisan: ImageMagik, Inkscape, dan lain- lain.
  • jaringan: Skype, Dropbox, dan lain- lain.
  • Otomatisasi kantor: GnuCash, Adobe Reader, Calibre, dan lain- lain.
  • sistem: KDE, LXDE, MATE, dan lain- lain.
  • Audio: Audacity, DeaDBeeF, Pithos, dan lain- lain.
  • Film: DVDStyler, MPlayer, OpenShot, dan lain- lain.

Unduh MX-16

Kamu bisa mengunduh MX- 16 ISO buat 32- bit serta 64- bit dari mari. Ini bisa direkam pada CD/ DVD ataupun USB.

Bila Kamu tidak ketahui metode membakar ISO pada usb Kamu, kita mengusulkan postingan ini Untuk LiveUSB dengan halte.

Kesimpulan di MX Linux 16

Dengan cara individu, aku menciptakan distro ini dengan cara visual mengasyikkan, lumayan fungsional serta dengan perlengkapan yang menarik. Suka mempunyai pengganti lain sistemd, namun aku kangen buat tidak mempunyai sebagian aplikasi yang lebih up- to- date dikala memakai Debian( stable), meski butuh dicatat kalau paling tidak browser serta LibreOffice lumayan up- to- date.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Sistem SparkyLinux

Begitu pula, beliau mempunyai serangkaian Perlengkapan MX Mereka pantas buat dicoba, serta pemasangannya yang amat kecil mencekam membuat aku meningkatkan banyak nilai pada mereka dalam seluruh tipe evaluasi.

Akhirnya, bila Kamu menginginkannya Penyaluran Linux yang lumayan enteng namun amat fungsional Aku mengusulkan Kamu percobaan MX Linux 16. Performanya amat luar biasa serta dengan cara visual menawan serta berdaya guna.

Linux Lite 3.4: Sangat ringan, terbaru, dan berbasis Ubuntu
Linux

Linux Lite 3.4: Sangat ringan, terbaru, dan berbasis Ubuntu

Linux Lite 3.4: Sangat ringan, terbaru, dan berbasis Ubuntu – Beberapa hari terakhir ini aku sudah menghabiskan banyak waktu buat mencoba suatu distro bernama Linux Lite yang telah terdapat di dalamnya Tipe 3. 4, ini merupakan distro yang amat enteng yang sudah aku percobaan di mesin virtual dengan ingatan cuma 512 mb, kinerjanya amat baik serta keahlian ekspansi dan utilitasnya serupa dengan Ubuntu.

Linux Lite 3.4: Sangat ringan, terbaru, dan berbasis Ubuntu

art4linux – Pada uji kedua aku memberikannya peluang pada i3 aku dengan 4 gb ram, merasakan keringanan serta enteng yang serupa dikala memakainya, antarmukanya lumayan simpel namun itu membuktikan kalau mereka seluruhnya fokus pada kemampuan distro.

Apa itu Linux Lite 3. 4?

Melansir desdelinux, Linux Lite 3. 4 itu distro Gnu/ Linux bersumber pada Ubuntu LTS 16. 04. 2 diatur oleh regu hebat yang dipandu oleh Jerry bezencon yang menawarkan distro yang amat enteng, dengan area desktop yang normal, campuran fitur lunak yang hebat, serta atensi yang mendalam dalam pemakaian pangkal energi pc dengan cara maksimal.

Baca juga : Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda

Bersumber pada tipe LTS, distro ini menawarkan kita sokongan buat tiap tipe sepanjang 5 tahun, jadi kita hendak mempunyai distro yang enteng serta amat normal dengan pembaruan yang konsisten. Dengan metode yang serupa, ini merupakan distro buat dipasang serta dipakai, jadi lekas sehabis kita mengawali sistem pembedahan kita, kita telah mempunyai aplikasi yang sangat biasa dipasang buat pemakaian tiap hari.

Berarti buat dicatat kalau Linux Lite mempunyai perlengkapan yang membolehkan kita mengkonfigurasi serta memakai distro kita dengan kilat alhasil kita bisa menyesuaikannya dengan keinginan kita. Sedemikian itu pula dengan komunitas Linux Lite yang sudah membuat sebaris pemilihan yang bagi aku eksklusif, paling utama bila Kamu merupakan konsumen Linux terkini.

Linux Lite didesain buat seluruh konsumen, namun aku wajib membenarkan kalau mereka yang berupaya Linux buat awal kali hendak menciptakan di dalamnya distro yang lumayan impulsif, dengan kompatibilitas yang bergengsi dengan beberapa besar fitur lunak yang ada buat Linux serta, yang terutama, dengan agunan melaksanakan distro berplatform di Ubuntu.

Fitur Linux Lite 3.4

Semacam distro Linux Lite dasarnya, beliau mempunyai fitur tingkatan inti serta detail inti yang serupa. Namun kita bisa menerangi yang selanjutnya dari tipe ini

Dilengkapi dengan area desktop yang enteng semacam XFCE dengan bentuk visual yang terpelihara bagus.

Campuran perlengkapan yang amat bagus yang dipasang dengan cara default di antara lain muncul( LibreOffice, Firefox, Chrome, Thunderbird, Dropbox, Kodi, Skype, Spotify, PlayonLinux, serta lain- lain).

Itu dilengkapi dengan VLC Alat Pemain, tidak hanya beberapa besar codec yang membolehkan kita mereproduksi beberapa besar bentuk multimedia dikala ini.

Persyaratan minimal 512 MB serta prosesor simpel 700 MHz, yang menjadikannya mengarah distro ke fitur keras apa juga.

Sokongan buat beberapa besar permainan yang terdapat buat Linux.

Pemilihan yang amat komplit buat menyesuikan diri Kamu dengan Linux serta distro Linux Lite 3. 4.

Simpel, kilat, serta free.

Sokongan waktu jauh dengan pembaruan berkepanjangan.

Mempunyai repositori serta manajemen repositori Ubuntu.

Baca juga : Puppy Linux Sistem Operasi Dari Linux Yang Memudahkan Pengguna

Bagaimana cara mengunduh Linux Lite 3.4?

Seluruh data mendetail mengenai Linux Lite 3. 4 bisa ditemui di web website sah mari, buat mengunduh lukisan iso serta mulai menikmati kita bisa berangkat ke tahap download dari selanjutnya ini linkPastikan buat memilah tipe yang betul buat arsitektur pc Kamu.

Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda
Linux

Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda

Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda – Bila Kamu membaca ini, Kamu bisa jadi akan memakai Linux tadinya, serta ketahui yang berperan di hampir seluruh fitur keras. Selain itu, bisakah handphone Android Kamu menjalankan Linux?

Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda

art4linux – Inilah yang butuh Kamu tahu mengenai melakukan Linux di Android Kamu.

Bukankah Android Telah memakai Linux?

Melansir bintalahe, Android dibentuk di atas kernel Linux, gundukan fitur lunak yang mengaitkan dengan fitur keras. Pada dasarnya ini membolehkan sistem operasi buat berkomunikasi dengan perangkat, apakah itu Komputer, ponsel pintar, ataupun fitur keras yang lain.

Baca juga : 5 Distro Linux Terbaik Untuk Ethical Hacking

Sistem operasi Linux wajib betul- betul disebut sebagai GNU/ Linux. Tetapi bersamaan waktu, tutur“ Linux” dengan cara bergantian mendefinisikan kernel dan bermacam sistem operasi yang memakainya, semacam Ubuntu, Gentoo, serta banyak yang lain.

Jadi sedangkan Android memakai kernel Linux, beliau tidak menawarkan area desktop. Ini untuk mayoritas orang berpikir kala memikirkan metode menginstal Linux di Android.

Kenapa melakukan Linux di Fitur Android Kamu?

Kamu bisa jadi mau melakukan aplikasi yang tidak ada di Android. Tetapi dalam banyak permasalahan, Kamu cuma mau memperoleh akses sejenis area desktop. Fitur Android dikala ini mempunyai fitur keras yang sempurna buat pengalaman semacam Komputer, serta menginstal Linux merupakan metode yang baik buat mengaktifkan ini.

Pasti saja, Kamu bisa jadi menciptakan kalau kewajiban yang mau Kamu jalani di Linux pula berperan di Android. Salah satunya halangan yang menahan Kamu merupakan multitasking aplikasi simultan. Untungnya, ini merupakan fitur yang telah ada di Android semenjak Android 7. 0 Nougat 2016.

melakukan Linux di fitur Android Kamu tidak gampang Buat melakukan Linux di Android, Kamu mempunyai sebagian opsi. Yang dipakai didetetapkan oleh apakah fitur Android Kamu telah di- root ataupun tidak.

Metode melakukan Linux di Android( Tanpa Root)

Metode terbaik buat melakukan Linux di handphone Kamu merupakan dengan Debian Noroot.

Walaupun berguna, sayangnya aplikasi ini tidak lagi dipertahankan. Ini cuma berjalan di Android 2. 3 Gingerbread ke Android 5. 0 Jellybean.

Khasiat dari Debian Noroot merupakan kalau beliau hendak menginstal Debian Jessie di handphone Kamu dengan susunan kompatibilitas. Ini membolehkan Kamu melakukan aplikasi Debian tanpa wajib membasmi Android. Mengenang alangkah sulitnya rooting buat sebagian fitur, ini amat bermanfaat.

Kemampuan dengan Debian Noroot tidak sangat baik, namun bisa dipakai. Buat hasil terbaik melakukan Linux di Android, pikirkan rooting fitur Kamu terlebih dulu.

Cara Menjalankan Linux di Android (Dengan Root)

Bila Kamu mempunyai fitur yang sudah di- rooting Kamu bisa menginstal bermacam tipe Linux di Android memakai perlengkapan Linux Deploy. Ini sangat bagus dicoba dengan terlebih dulu mengaitkan handphone Kamu ke jaringan Wi- Fi.

Mulailah dengan menginstal BusyBox, yang sediakan sebagian keahlian root yang ditingkatkan.

Berikutnya, instal Linux Deploy. Dikala Kamu melakukannya buat awal kalinya, getok Mulai buat membenarkan permisi root diaktifkan, kemudian getok tombol Pengaturan di ujung kanan dasar.

Maanfaatkan menu alternatif ini buat memilah Penyaluran opsi Kamu. Debian, Ubuntu, Gentoo, Fedora, serta banyak lagi ada buat diinstal. Kita memakai Arch Linux.

Kamu wajib mengecek kotak Aktifkan di dasar GUI buat memandang desktop Linux di handphone Kamu, serta membenarkan kalau VNC diseleksi buat subsistem Graphics. Berikutnya, cek pernyataan layar di dasar pengaturan GUI, serta cek Kamu suka dengan area Desktop.

Terakhir, temui julukan Konsumen serta kata kepala tutur isyarat Konsumen, serta untuk catatannya, ataupun ganti jadi suatu yang lebih bergengsi untuk Kamu.

Kembali pergi dari menu ini, kemudian getok 3 titik di ujung kanan atas serta seleksi Instal, kemudian OK.

Kala ini berakhir, instal VNC Viewer dari Play Store. Di Linux Deploy, getok Mulai buat melakukan Linux. Setelah itu buka VNC Viewer, serta hubungkan ke localhost: 5900 buat memandang desktop Linux Kamu dengan kredensial yang Kamu masukkan tadinya.

Sehabis aktif serta berjalan, Kamu bisa menginstal fitur lunak Linux memakai halte dengan metode lazim.

Aman: Kamu saat ini mempunyai Linux yang berjalan di Android!

Metode Memasang Kali Linux di Android( Ketentuan Wajib Root)

Tata cara Linux Deploy di atas buat melakukan distro Linux di Android bisa jadi yang terbaik yang hendak Kamu temui. Ada opsi tipe Linux yang sangat baik, tercantum Kali Linux.

Opsi terbaik merupakan tipe portabel Kali Linux. Lumayan simak petunjuk di atas memakai Linux Deploy, serta seleksi Kali Linux buat diinstal di Android.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Damn Small Linux ( DSL )

4 Metode Lain buat melakukan Linux di Android

Walaupun aku sudah mangulas sebagian alternatif baik buat melakukan Linux di fitur Android Kamu, terdapat sebagian tata cara lain yang ada:

DeX: Bila Kamu mempunyai fitur Samsung modern, Kamu mempunyai alternatif buat alihkan fitur keras ke bentuk desktop dengan DeX. Walaupun bukan sistem operasi Linux, ini merupakan area desktop dengan kernel Linux, jadi itu lumayan dekat.

Remote Desktop ke sistem yang melakukan Linux dengan Splashtop ataupun pemecahan remote Android- to- Linux yang lain.

Limbo: Ini merupakan emulator Linux buat Android, bersumber pada emulator QEMU. Tetapi, itu susah serta menyantap waktu buat menata, serta hasilnya kerap tidak cocok dengan upaya.

Dual boot Android dengan Ubuntu Touch. Sambungkan fitur ke layar HDMI buat memandang area desktop Ubuntu Touch.