Mengenal Lebih Dekat Tentang Sistem Operasi Linux

Apa Itu Sistem Operasi Linux ?

Pada dasarnya Linux merupakan sebuah nama yang diberikan untuk salah satu sistem operasi di komputer yang mempunyai tipe Unix. Nah, dengan kata lain nama Linux ini merupakan salah satu contoh peranakan atau hasil dari pengembangan dari sebuah perangkat lunak open source.

Oleh karena itu, keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem operasi Linux ini tentunya akan sangat banyak dan berguna bagi orang lain. Antara lain yaitu kode pada sumber linux ini dapat dimodifikasi, digunakan kembali, dan juga dapat didistribusikan secara berulang dan sebebas-bebasnya oleh siapa saja.

Siapa Pencipta Sistem Operasi Linux ?

Nama sistem operasi Linux ini diberikan oleh Linus Benedict Torvalds yang lahir di negara Firlandia atau lebih tepatnya di wilayah Helsinki pada 28 Desember 1969. Beliau sendiri merupakan orang yang mempunyai peranan penting dalam hal penciptaan sistem operasi Linux tersebut.

Awal Mula Sistem Operasi Linux

Sejarah munculnya sistem operasi linux ini dimulai sekitar tahun 1991 oleh seorang mahasiswa Universitas Helsinki Finland yang tak lain adalah Linus Torvalds sendiri. Dahulu, sistem operasi Linux ini hanyalah berawal dari sebuah hobi yang terinspirasi dari Minix, yang merupakan sistem UNIX kecil hasil dari pengembangan Andy Tanenbaum.

Sistem Operasi Linux versi pertama atau lebih tepatnya jenis yang ke 0.01 ini telah dikerjakan kurang lebih pada bulan bulan Agustus 1991 silam. Lalu di tanggal 5 Oktober 1991 Linus mengungkapkan secara resmi bahwa Linux versi 0.02 telah diluncurkan dan pada saat itu hanya bisa menjalankan gcc (GNU C Compiler) dan juga shell bash (GNU bourne again Shell).

Namun saat ini sistem operasi Linux tersebut dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam kegiatan. Baik itu untuk menghubungkan jaringan atau networking, mengembangkan perangkat lunak atau software, dan bahkan untuk mengolah data tugas kantor sehari-hari. Mulai dari data yang berupa angka, gambar, kata, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa sistem operasi linux ini juga dapat menjadi jalan alternatif yang lainnya. Sebab, biaya perawatannya sendiri tidak repot dan juga lebih hemat jika dibandingkan dengan sistem operasi berbayar yang lainnya. Sehingga tak heran jika banyak orang pun mulai beralih pada sistem operasi yang satu ini karena kemampuannya yang setara dengan OS yang komersial, bahkan bisa dibilang kinerjanya juga lebih baik karena tidak menyimpan ruang yang terlalu besar.

Kesinambungan Antara Sistem Operasi Linux Dengan Yang Lainnya

Tahukah Anda bahwa sistem operasi linux ini juga dapat berinteraksi dengan OS yang lain? Hal ini dapat dibuktikan dengan tiga macam kondisi. Antara lain yaitu ketika mempunyai kompatibilitas file dan file system, kompatibilitas network, dan yang terakhir adalah emulasi atau simulasi dari sistem operasi.

Sebagai contoh, sistem operasi Linux ini dapat mengelola berbagai macam file yang didapat dari OS lain seperti halnya dos / windows, apple machintosh, dan lain sebagainya. Mulai dari aktivitas untuk membaca maupun menulis format file tersebut. Sistem game slot online juga menggunakan operasi linux dalam hal pencodingan yang lebih mudah serta sistem operasi linux ini mempunyai keamanan yang baik dan mudah di operasikan pengembang game online.

Pada jaringan networking, sistem operasi Linux ini mempunyai dukungan TCP / IP ynag sangat baik dan juga didukung oleh SMB untuk saling berbagi file maupun printing dari Microsoft melalui paket Samba, IPX / SPX (Novell) untuk file sharing and printer melalui paket MARS NWE maupun paket komersial dari Caldera, dan yang terakhir yaitu apple file sharing and printing melalui netatalk.

Linux Lite 3.4: Sangat ringan, terbaru, dan berbasis Ubuntu
Linux

Linux Lite 3.4: Sangat ringan, terbaru, dan berbasis Ubuntu

Linux Lite 3.4: Sangat ringan, terbaru, dan berbasis Ubuntu – Beberapa hari terakhir ini aku sudah menghabiskan banyak waktu buat mencoba suatu distro bernama Linux Lite yang telah terdapat di dalamnya Tipe 3. 4, ini merupakan distro yang amat enteng yang sudah aku percobaan di mesin virtual dengan ingatan cuma 512 mb, kinerjanya amat baik serta keahlian ekspansi dan utilitasnya serupa dengan Ubuntu.

Linux Lite 3.4: Sangat ringan, terbaru, dan berbasis Ubuntu

art4linux – Pada uji kedua aku memberikannya peluang pada i3 aku dengan 4 gb ram, merasakan keringanan serta enteng yang serupa dikala memakainya, antarmukanya lumayan simpel namun itu membuktikan kalau mereka seluruhnya fokus pada kemampuan distro.

Apa itu Linux Lite 3. 4?

Melansir desdelinux, Linux Lite 3. 4 itu distro Gnu/ Linux bersumber pada Ubuntu LTS 16. 04. 2 diatur oleh regu hebat yang dipandu oleh Jerry bezencon yang menawarkan distro yang amat enteng, dengan area desktop yang normal, campuran fitur lunak yang hebat, serta atensi yang mendalam dalam pemakaian pangkal energi pc dengan cara maksimal.

Baca juga : Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda

Bersumber pada tipe LTS, distro ini menawarkan kita sokongan buat tiap tipe sepanjang 5 tahun, jadi kita hendak mempunyai distro yang enteng serta amat normal dengan pembaruan yang konsisten. Dengan metode yang serupa, ini merupakan distro buat dipasang serta dipakai, jadi lekas sehabis kita mengawali sistem pembedahan kita, kita telah mempunyai aplikasi yang sangat biasa dipasang buat pemakaian tiap hari.

Berarti buat dicatat kalau Linux Lite mempunyai perlengkapan yang membolehkan kita mengkonfigurasi serta memakai distro kita dengan kilat alhasil kita bisa menyesuaikannya dengan keinginan kita. Sedemikian itu pula dengan komunitas Linux Lite yang sudah membuat sebaris pemilihan yang bagi aku eksklusif, paling utama bila Kamu merupakan konsumen Linux terkini.

Linux Lite didesain buat seluruh konsumen, namun aku wajib membenarkan kalau mereka yang berupaya Linux buat awal kali hendak menciptakan di dalamnya distro yang lumayan impulsif, dengan kompatibilitas yang bergengsi dengan beberapa besar fitur lunak yang ada buat Linux serta, yang terutama, dengan agunan melaksanakan distro berplatform di Ubuntu.

Fitur Linux Lite 3.4

Semacam distro Linux Lite dasarnya, beliau mempunyai fitur tingkatan inti serta detail inti yang serupa. Namun kita bisa menerangi yang selanjutnya dari tipe ini

Dilengkapi dengan area desktop yang enteng semacam XFCE dengan bentuk visual yang terpelihara bagus.

Campuran perlengkapan yang amat bagus yang dipasang dengan cara default di antara lain muncul( LibreOffice, Firefox, Chrome, Thunderbird, Dropbox, Kodi, Skype, Spotify, PlayonLinux, serta lain- lain).

Itu dilengkapi dengan VLC Alat Pemain, tidak hanya beberapa besar codec yang membolehkan kita mereproduksi beberapa besar bentuk multimedia dikala ini.

Persyaratan minimal 512 MB serta prosesor simpel 700 MHz, yang menjadikannya mengarah distro ke fitur keras apa juga.

Sokongan buat beberapa besar permainan yang terdapat buat Linux.

Pemilihan yang amat komplit buat menyesuikan diri Kamu dengan Linux serta distro Linux Lite 3. 4.

Simpel, kilat, serta free.

Sokongan waktu jauh dengan pembaruan berkepanjangan.

Mempunyai repositori serta manajemen repositori Ubuntu.

Baca juga : Puppy Linux Sistem Operasi Dari Linux Yang Memudahkan Pengguna

Bagaimana cara mengunduh Linux Lite 3.4?

Seluruh data mendetail mengenai Linux Lite 3. 4 bisa ditemui di web website sah mari, buat mengunduh lukisan iso serta mulai menikmati kita bisa berangkat ke tahap download dari selanjutnya ini linkPastikan buat memilah tipe yang betul buat arsitektur pc Kamu.

Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda
Linux

Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda

Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda – Bila Kamu membaca ini, Kamu bisa jadi akan memakai Linux tadinya, serta ketahui yang berperan di hampir seluruh fitur keras. Selain itu, bisakah handphone Android Kamu menjalankan Linux?

Cara Menjalankan Linux di Perangkat Android Anda

art4linux – Inilah yang butuh Kamu tahu mengenai melakukan Linux di Android Kamu.

Bukankah Android Telah memakai Linux?

Melansir bintalahe, Android dibentuk di atas kernel Linux, gundukan fitur lunak yang mengaitkan dengan fitur keras. Pada dasarnya ini membolehkan sistem operasi buat berkomunikasi dengan perangkat, apakah itu Komputer, ponsel pintar, ataupun fitur keras yang lain.

Baca juga : 5 Distro Linux Terbaik Untuk Ethical Hacking

Sistem operasi Linux wajib betul- betul disebut sebagai GNU/ Linux. Tetapi bersamaan waktu, tutur“ Linux” dengan cara bergantian mendefinisikan kernel dan bermacam sistem operasi yang memakainya, semacam Ubuntu, Gentoo, serta banyak yang lain.

Jadi sedangkan Android memakai kernel Linux, beliau tidak menawarkan area desktop. Ini untuk mayoritas orang berpikir kala memikirkan metode menginstal Linux di Android.

Kenapa melakukan Linux di Fitur Android Kamu?

Kamu bisa jadi mau melakukan aplikasi yang tidak ada di Android. Tetapi dalam banyak permasalahan, Kamu cuma mau memperoleh akses sejenis area desktop. Fitur Android dikala ini mempunyai fitur keras yang sempurna buat pengalaman semacam Komputer, serta menginstal Linux merupakan metode yang baik buat mengaktifkan ini.

Pasti saja, Kamu bisa jadi menciptakan kalau kewajiban yang mau Kamu jalani di Linux pula berperan di Android. Salah satunya halangan yang menahan Kamu merupakan multitasking aplikasi simultan. Untungnya, ini merupakan fitur yang telah ada di Android semenjak Android 7. 0 Nougat 2016.

melakukan Linux di fitur Android Kamu tidak gampang Buat melakukan Linux di Android, Kamu mempunyai sebagian opsi. Yang dipakai didetetapkan oleh apakah fitur Android Kamu telah di- root ataupun tidak.

Metode melakukan Linux di Android( Tanpa Root)

Metode terbaik buat melakukan Linux di handphone Kamu merupakan dengan Debian Noroot.

Walaupun berguna, sayangnya aplikasi ini tidak lagi dipertahankan. Ini cuma berjalan di Android 2. 3 Gingerbread ke Android 5. 0 Jellybean.

Khasiat dari Debian Noroot merupakan kalau beliau hendak menginstal Debian Jessie di handphone Kamu dengan susunan kompatibilitas. Ini membolehkan Kamu melakukan aplikasi Debian tanpa wajib membasmi Android. Mengenang alangkah sulitnya rooting buat sebagian fitur, ini amat bermanfaat.

Kemampuan dengan Debian Noroot tidak sangat baik, namun bisa dipakai. Buat hasil terbaik melakukan Linux di Android, pikirkan rooting fitur Kamu terlebih dulu.

Cara Menjalankan Linux di Android (Dengan Root)

Bila Kamu mempunyai fitur yang sudah di- rooting Kamu bisa menginstal bermacam tipe Linux di Android memakai perlengkapan Linux Deploy. Ini sangat bagus dicoba dengan terlebih dulu mengaitkan handphone Kamu ke jaringan Wi- Fi.

Mulailah dengan menginstal BusyBox, yang sediakan sebagian keahlian root yang ditingkatkan.

Berikutnya, instal Linux Deploy. Dikala Kamu melakukannya buat awal kalinya, getok Mulai buat membenarkan permisi root diaktifkan, kemudian getok tombol Pengaturan di ujung kanan dasar.

Maanfaatkan menu alternatif ini buat memilah Penyaluran opsi Kamu. Debian, Ubuntu, Gentoo, Fedora, serta banyak lagi ada buat diinstal. Kita memakai Arch Linux.

Kamu wajib mengecek kotak Aktifkan di dasar GUI buat memandang desktop Linux di handphone Kamu, serta membenarkan kalau VNC diseleksi buat subsistem Graphics. Berikutnya, cek pernyataan layar di dasar pengaturan GUI, serta cek Kamu suka dengan area Desktop.

Terakhir, temui julukan Konsumen serta kata kepala tutur isyarat Konsumen, serta untuk catatannya, ataupun ganti jadi suatu yang lebih bergengsi untuk Kamu.

Kembali pergi dari menu ini, kemudian getok 3 titik di ujung kanan atas serta seleksi Instal, kemudian OK.

Kala ini berakhir, instal VNC Viewer dari Play Store. Di Linux Deploy, getok Mulai buat melakukan Linux. Setelah itu buka VNC Viewer, serta hubungkan ke localhost: 5900 buat memandang desktop Linux Kamu dengan kredensial yang Kamu masukkan tadinya.

Sehabis aktif serta berjalan, Kamu bisa menginstal fitur lunak Linux memakai halte dengan metode lazim.

Aman: Kamu saat ini mempunyai Linux yang berjalan di Android!

Metode Memasang Kali Linux di Android( Ketentuan Wajib Root)

Tata cara Linux Deploy di atas buat melakukan distro Linux di Android bisa jadi yang terbaik yang hendak Kamu temui. Ada opsi tipe Linux yang sangat baik, tercantum Kali Linux.

Opsi terbaik merupakan tipe portabel Kali Linux. Lumayan simak petunjuk di atas memakai Linux Deploy, serta seleksi Kali Linux buat diinstal di Android.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Damn Small Linux ( DSL )

4 Metode Lain buat melakukan Linux di Android

Walaupun aku sudah mangulas sebagian alternatif baik buat melakukan Linux di fitur Android Kamu, terdapat sebagian tata cara lain yang ada:

DeX: Bila Kamu mempunyai fitur Samsung modern, Kamu mempunyai alternatif buat alihkan fitur keras ke bentuk desktop dengan DeX. Walaupun bukan sistem operasi Linux, ini merupakan area desktop dengan kernel Linux, jadi itu lumayan dekat.

Remote Desktop ke sistem yang melakukan Linux dengan Splashtop ataupun pemecahan remote Android- to- Linux yang lain.

Limbo: Ini merupakan emulator Linux buat Android, bersumber pada emulator QEMU. Tetapi, itu susah serta menyantap waktu buat menata, serta hasilnya kerap tidak cocok dengan upaya.

Dual boot Android dengan Ubuntu Touch. Sambungkan fitur ke layar HDMI buat memandang area desktop Ubuntu Touch.

5 Distro Linux Terbaik Untuk Ethical Hacking
Linux

5 Distro Linux Terbaik Untuk Ethical Hacking

5 Distro Linux Terbaik Untuk Ethical Hacking – Terdapat lebih dari 300 distro Linux yang diaat ini aktif . Tiap distro Linux mempunyai fitur yang bisa penuhi keinginan istimewa konsumennya.

5 Distro Linux Terbaik Untuk Ethical Hacking

art4linux – Terdapat distro Linux ringaan buat diinstal di fitur pc lama, distro Linux yang mengarah pembelajaran, distro Linux buat gaming, distro Linux yang gampang dicocokkan serta sesuai buat mereka yang terkini mengawali berlatih Linux serta lain serupanya.

Melansir termasmedia, Postingan kali ini hendak membagikan catatan sebagian distro Linux yang tertuju spesial buat peretasan benar( ethical hacking). Apabila mengikuti sebutan hacker( peretas), Kamu bisa jadi berangapan seseorang penjahat bumi maya( sybercrime) yang profesinya mencuri informasi rahasia dengan metode mendobrak keamanan sistem pc ataupun jaringan. Peretas kejam semacam ini pula diketahui dengan black hat hacker.

Baca juga : Mengenal Macam-Macam Distro Linux

Di dunia keamanan data digital, pula diketahui white hat hacker ataupun peretas yang bagus. Peretas bagus merupakan orang yang pakar dalam mendobrak keamanan sistem pc ataupun jaringan buat tujuan mengenali kerentanan ataupun kelemahan serta membenarkannya supaya tidak bisa ditembus oleh hacker kejam. Dalam sebutan lebih aduk, white hat hacker ini merujuk pada ethical hacker.

Di masa teknologi data yang lalu bertumbuh cepat, white hat hacker ataupun ethical hacker telah jadi suatu profesi. Banyak industri IT ataupun yang memakai prasarana IT membutuhkan pelayanan ethical hacker sebab maraknya kesalahan bumi maya. Kamu bisa jadi ketahui kalau Linux banyak dipakai buat server, informasi center, website server, firewall ataupun router serta bukan perihal abnormal bila beberapa distro Linux terdapat yang terbuat dengan cara spesial buat ethical hacking.

Biasanya, distro Linux buat ethical hacking telah mempunyai banyak tool yang dibutuhkan buat audit keamanan sistem pc ataupun jaringan ataupun kewajiban peretasan benar yang lain yang terpaut. Selanjutnya ini merupakan sebagian distro Linux terbaik buat ethical hacking:

1. Kali Linux.

Di antara distro Linux yang terdapat buat kebutuhan peretasan( hacking), Kali Linux merupakan yang sangat terkenal serta mendiami tingkatan paling atas. Distro Linux ini berplatform pada Debian yang dibesarkan oleh Offensive Security serta memakai GNOME3 selaku area desktopnya. Kali Linux ialah penyusunan balik dari BackTrack ialah distro Linux yang berpusat pada keamanan.

Kali Linux sudah dilengkapi dengan lebih dari 600 tool pengetesan penekanan pra- install buat bermacam golongan ataupun jenis keamanan serta ilmu mayat. Tool itu menemukan pembaharuan( pembaruan) dengan cara teratur serta ada buat program berlainan semacam i368, amd64, ARM serta pula VMware. Kali Linux pula meningkatkan program pengetesan Android open source awal buat fitur Nexus serta OnePlus ialah Kali Linux NetHunter.

2. Parrot Security OS.

Parrot Security OS merupakan distro Linux buat peretasan benar, pengetesan penekanan, ilmu mayat pc serta kriptografi yang pula berplatform pada Debian. Distro Linux yang dibesarkan oleh Frozenbox ini ialah distro kombinasi dari Frozenbox OS serta Kali Linux. Buat menginovasi tool yang terdapat, Parrot Security OS memakai repositori Kali Linux, namun pula mempunyai repositori spesial buat menaruh paket kustom.

Parrot Security OS merupakan distro Linux yang enteng serta berdaya guna, bisa berjalan pada RAM minimal 256MB buat 32- bit serta 512MB buat 64- bit. Parrot Security OS memakai MATE buat area desktop serta dampingi wajah dari GNOME 2. Yang menarik dari distro ini merupakan mempunyai bentuk anonim yang dengan cara otomatis alihkan arah kemudian rute lewat jaringan server TOR. Bagusnya lagi, Parrot Security OS mempunyai sokongan komunitas yang kokoh.

3. BackBox.

BackBox merupakan distro Linux yang berplatform pada Ubuntu LTS buat kebutuhan pengetesan penekanan serta evaluasi keamanan. Distro Linux ini menawarkan kemantapan, kecekatan serta keringanan dikala dipakai. Distro Linux ini lumayan populer serta jadi kesukaan di golongan komunitas peretas. BackBox mempunyai repositori aplikasi sendiri yang sediakan tipe normal terkini buat tool peretasan yang terdapat di dalamnya

BackBox didesain dengan pandangan minimalis dan memakai area desktop XFCE. Ilham desainya merupakan mengkonsumsi pangkal energi minimal serta mengoptimalkan kinerjanya. Tool yang terletak di BackBox sistematis dengan amat bagus, menjauhi tool fungsional yang kelewatan serta seragam. BackBox tercantum salah satu distro Linux terbaik buat ethical hacking.

4. BlackArch.

Dari namanya Kamu telah bisa mengenali kalau BlackArch berplatform pada Arch Linux. BlackArch merupakan salah satu distro Linux yang terkenal buat peretasan benar, pengetesan penekanan serta studi keamanan. Distro ini mempunyai repositori yang lalu bertumbuh serta dikala ini sudah menggapai lebih dari 2500 tool yang mencangkup banyak golongan serta jenis, jumlah tool yang jauh lebih besar dari Kali Linux.

BlackArch didesain buat peretas handal serta elit yang telah mempunyai keahlian buat bertugas dengan Linux seperti handal. Dimensi file ISO distro ini cukup besar, lebih dari 15GB. Tetapi, ada alternatif yang terpaut dengan ini ialah Kamu bisa menginstal cuma tool BlackArch saja apabila Kamu merupakan konsumen distro Arch Linux. Buat area desktop, BlackArch memakai Fluxbox alhasil lebih enteng.

5. DEFT Linux.

DEFT Linux merupakan distro Linux berplatform Ubuntu yang dibesarkan buat analisi ilmu mayat pc. DEFT merupakan kependekan dari Digital Evidence and Forensics Toolkit. Distro Linux ini dilengkapi dengan beraneka ragam tool ilmu mayat terkenal serta akta yang bisa dipakai oleh peretas benar, pengetes penekanan, ahli keamanan IT, universitas, orang serta pula ialah materi utama di antara badan penegak hukum serta tentara.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Bodhi Linux

DEFT Linux memakai area dekstop LXDE serta pula telah terinstall WINE buat melaksanakan aplikasi Windows. Distro Linux ini lazim dipasangkan dengan tool ilmu mayat lain buat sistem pembedahan Microsoft Windows yang lebih diketahui dengan Digital Advanced Response Toolkit( DART). Tidak hanya tool ilmu mayat, DEFT Linux pula dilengkapi aplikasi buat daya produksi yang lain semacam LibreOffice, Mozilla Firefox serta sedang banyak lagi.

Mengenal Macam-Macam Distro Linux
Linux

Mengenal Macam-Macam Distro Linux

Mengenal Macam-Macam Distro Linux – Sistem pembedahan( bahasa Inggris: operating system) merupakan fitur lunak sistem yang menata pangkal energi dari fitur keras serta fitur lunak, dan selaku jurik( daemon) buat program pc. Tanpa sistem pembedahan, konsumen tidak bisa melaksanakan program aplikasi pada pc mereka, melainkan program booting.

Mengenal Macam-Macam Distro Linux

art4linux – Distro Linux( kependekan dari penyaluran Linux) merupakan gelar buat sistem pembedahan pc serta aplikasinya, ialah keluarga Unix yang memakai kernel Linux. Penyaluran Linux dapat berbentuk fitur lunak leluasa serta dapat pula berbentuk fitur lunak menguntungkan semacam Red Hat Enterprise, SuSE, serta lain- lain.

Melansir sematriprastya, Terdapat banyak penyaluran ataupun distro Linux yang sudah timbul. Sebagian bertahan serta jadi distro besar, apalagi hingga menciptakan distro anak, ilustrasinya distro Debian GNU/ Linux. Distro ini sudah menciptakan puluhan distro anak, antara lain Ubuntu, Knoppix, Xandros, DSL, serta serupanya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Linux dibanding Windows

1. Debian

Debian merupakan sistem pembedahan berplatform kernel Linux. Debian tercantum salah satu sistem pembedahan Linux yang leluasa buat dipergunakan dengan memakai sertifikat GNU. Debian GNU/ Linux merupakan distro non menguntungkan yang diperoleh oleh para volunter dari semua bumi yang silih berkolaborasi lewat Internet. Distro ini membutuhkan terdapatnya antusias open- source yang wajib senantiasa terdapat pada Debian. Kedinamisan distro ini membuat tiap luncurkan paket- paketnya di- update tiap durasi serta bisa diakses lewat faedah apt- get. Apt- get merupakan suatu faedah baris- perintah yang bisa dipakai dengan cara energik buat meng- upgrade sistem Debian GNU/ Linux lewat apt- repository jaringan archive Debian yang besar. Milis serta forum debian senantiasa penuh dengan pesan- pesan bagus hal bug, permasalahan, sharing, dan lain- lain. Dengan terdapatnya sistem komunikasi ini bug serta permasalahan keamanan pada masing- masing paket bisa dikabarkan oleh para konsumen serta developer Debian dengan kilat. Debian merupakan‘ kernel bebas’, ialah sistem pembedahan Debian dibesarkan asli tanpa melandaskan pada sistem pembedahan yang sudah terdapat. Profit dari Debian merupakan upgradability, ketergantungan dampingi paket didefinisikan dengan bagus, serta pengembangannya dengan cara terbuka.

2. Redhat

Red Hat merupakan distro yang lumayan terkenal di golongan developer serta industri Linux. Dukungan- dukungan dengan cara teknis, penataran pembibitan, sertifikasi, aplikasi pengembangan, serta bergabungnya para hacker kernel serta free- software semacam Alan Cox, Michael Johnson, Stephen Tweedie menghasilkan Red Hat bertumbuh kilat serta dipakai pada industri. Nilai terbanyak dari distro ini merupakan Red Hat Package Manager( RPM). RPM merupakan suatu fitur lunak buat memanajemen paket- paket pada sistem Linux kita serta dikira selaku standar de- facto dalam pemaketan pada distro- distro turunannya serta yang mensupport distro ini dengan cara besar.

3. UBUNTU

Ubuntu merupakan salah satu penyaluran Linux yang berbasiskan pada Debian serta mempunyai interface desktop. Cetak biru Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd( industri kepunyaan Mark Shuttleworth). Julukan Ubuntu didapat dari julukan suatu rancangan pandangan hidup di Afrika Selatan.“ Ubuntu” berawal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti“ rasa perikemanusian kepada sesama orang”. Ubuntu pula dapat berarti“ saya merupakan saya sebab kehadiran kita seluruh”. Tujuan dari penyaluran Linux Ubuntu merupakan bawa antusias yang tercantum di dalam Ubuntu ke dalam bumi fitur lunak.

Ubuntu merupakan sistem pembedahan komplit berplatform Linux, ada dengan cara leluasa serta memiliki sokongan bagus yang berawal dari komunitas ataupun daya pakar handal. Ubuntu sendiri dibesarkan oleh komunitas volunter Ubuntu serta kita mengundang Kamu buat ikut dan ikut serta meningkatkan Ubuntu!

Komunitas Ubuntu dibangun bersumber pada buah pikiran yang ada di dalam filosofi.

4. Fedora

Fedora( tadinya bernama Fedora Core, sering- kali diucap pula dengan Fedora Linux) merupakan suatu distro Linux berplatform RPM serta yum yang dibesarkan oleh Fedora Project yang dibantu oleh komunitas pemrogram dan disponsori oleh Red Hat. Julukan Fedora berawal dari kepribadian fedora yang dipakai di logo Red Hat. Pada luncurkan 1 hingga 6 distro ini bernama Fedora Core yang setelah itu berganti jadi Fedora pada luncurkan ke- 7.

5. Xandros

Xandros Linux merupakan suatu distro Linux yang bersumber pada pada sistim KDE. Bentuknya amat mendekati dengan Microsoft Windows, jadi bila dioperasikan amat gampang serta aman. Namun, Xandros mempunyai integrasi lebih bagus dengan jaringan Windows, sanggup melaksanakan aplikasi OfficeXP, sanggup meresize partisi NTFS dikala instalasi, dan lain- lain. Xandros pula bukan ialah produk free namun menguntungkan.

6. Knoppix

Knoppix ialah distro Linux live- cd yang bisa dijalani lewat CD- ROM tanpa menginstalnya di hard- disk. Distro ini berplatform Debian Linux serta dilahirkan oleh Klaus Knopper. Aplikasinya amat komplit serta sesuai buat demo ataupun berlatih Linux untuk yang belum memiliki ruang pada hard- disknya, bisa pula buat CD rescue. Kelemahan dari knoppix merupakan diperlukannya ingatan yang besar buat memakai modus grafisnya ialah 96 MB meski dapat pula dijalani pada ingatan 64 MB dengan swap pada hard- disk semacam pengalaman pengarang tetapi Kamu butuh sedikit menahan. Distro ini berplatform Debian GNU/ Linux.

Baca juga : Puppy Linux Sistem Operasi Dari Linux Yang Memudahkan Pengguna

7. Slackware

Distro ini ialah distro ciptaan Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. yang populer awal kali sehabis SLS. Slackware ialah salah satu distro dini, serta ialah yang tertua yang sedang diatur Tujuan penting Slackware merupakan kemantapan serta keringanan konsep, dan jadi penyaluran Linux yang sangat mendekati Unix, simpel, normal, gampang dikustom, serta didesain buat pc 386/ 486 ataupun lebih besar. Distro ini tercantum distro yang cryptic serta buku petunjuk sekali untuk pendatang baru Linux, tetapi dengan memakai distro ini sebagian konsumennya bisa mengenali banyak metode kegiatan sistem serta distro itu. Slackware merupakan tertua yang sedang kuat bertahan di seluruh zaman. Baru- baru ini mengeluarkan angkatan barunya Slackware tipe 11 diantara gelombang peresmian distro- distro besar yang lain semacam Mandriva 2007 serta tidak lama lagi Fedora 6.

Linux

Kelebihan dan Kekurangan Linux dibanding Windows

Kelebihan dan Kekurangan Linux dibanding Windows – Linux merupakan nama yang diberikan pada sistem Operasi pc. Linux ialah salah satu ilustrasi pengembangan fitur lunak serta Sumber utama penting.

Kelebihan dan Kekurangan Linux dibanding Windows

art4linux – Linux dipublikasikan pada tahun 1991 oleh Linux Torvalds. Sistem berawal dari sistem Operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Partisipasi GNU ialah dasar dari tampaknya titel pengganti GNU ataupun Linux.

Melansir liputan6, Linux sudah lama diketahui buat penggunaannya, serta dibantu perusahaan-perusahaan pc populer semacam Intel, Dell, Hewlett- Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, serta Sun Microsystem.

Baca juga : 6 Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer

Linux sendiri dipakai selaku sistem Operasi buat bermacam tipe fitur keras pc tercantum pc desktop, supercomputer, serta embedded sistem semacam novel pembaca elektronik, sistem game film( PlayStation 2, PlayStation 3, serta Xbox), telepon kepal serta router.

Linux dikira selaku sistem Operasi yang bagus. Sistem Operasi Linux ini banyak dipakai oleh hacker, programmer, pengembang, geeks, serta lain serupanya. Pemakaian linux memanglah berkembang amat luar lazim serta sanggup bersaing dengan sistem Operasi terkenal semacam windows ataupun OS X.

Sebaliknya Windows ialah sistem Operasi yang dibesarkan oleh Microsoft Corporation yang memakai antarmuka dengan berbasiskan Graphical User Interface( GUI) ataupun bentuk antarmuka bergrafis. Pada biasanya, sistem Operasi ini banyak sekali dipakai oleh warga, bagus di golongan menengah atas sampai menengah ke dasar.

Nah, bersama ialah sistem Operasi yang banyak dipakai oleh warga buat sistem pc ataupun laptop, sesungguhnya apa yang melainkan antara Linux serta Windows? Kali ini Liputan6. com, hendak merangkum apa saja keunggulan serta kekurangan Linux yang digadang lebih bagus dari sistem Windows.

Kelebihan Linux dibanding Windows

1. Gratis

Keunggulan Linux merupakan lisensinya yang free. Dibandingkan dengan Windows yang membutuhkan kisaran harga dekat Rp 3 sampai Rp 5 juta buat satu lisensinya.

Linux ialah opsi yang pas buat Kamu yang tidak mau menghasilkan duit buat suatu sistem Operasi. Jika Kamu memakai Linux, Kamu terbebas dari yang namanya sistem Operasi bajakan, aplikasi crack, patch, serta lain serupanya.

Tidak hanya free, di Linux Kamu dapat memodifikasi OS Linux semau batin.

2. Mempunyai Keamanan yang terbaik

Linux mempunyai penjagaan yang lebih menang sebab mempunyai hak akses yang terbatas, artinya merupakan antara buat masuk ke sistem Linux amatlah sedikit. Semacam ilustrasi kala mau menginstal aplikasi saja membutuhkan repository online. Walaupun dapat dengan cara offline, tetapi amat tidak sering sekali banyak orang iseng membuat virus di perpanjangan aplikasi Linux.

Ini ialah keunggulan Linux dibandingkan Windows. Alasannya, OS Windows keamanannya belum lumayan sempurna. Windows kerapkali tersusupi virus oleh file berekstensi exe yang didownload dengan cara leluasa disebuah web.

3. Kemampuan yang mudah serta Detail Minimal

Dari bidang kemampuan serta detail, keunggulan Linux teruji enteng dalam kinerjanya( not gaming), serta buat meng- instal Linux tidak menginginkan detail yang besar. Cuma dengan 10GB serta 512MB harddisk Linux telah bisa diinstal di computer Kamu.

4. Banyak Tools Pentest Security

OS Linux didesain buat mencoba keamanan. Keunggulan Linux, seluruh tools di dalamnya free. Banyak tools yang ada, bagus bawaan ataupun yang dapat di unduh di web pengembang distro Linux.

Jadi tidak bingung, jika sistem Linux banyak dipakai oleh para hacker.

5. Tidak susah Menginstall Driver

Dikala menginstal sistem ini, Kamu tidak butuh menginstal driver yang lazim dicoba dikala menginstal Windows. Sebab distro Linux mayoritas telah cocok dengan seluruh tipe prosesor yang tertancap di pc ataupun laptop.

6. Banyak Versi Distro Linux

Keunggulan Linux yang lain merupakan mempunyai banyak versi distro. Sebab sistem ini free, banyak sekali pengembang yang membuat versi Linux semacam Ubuntu, Debian, Linux Mint sampai Kali Linux.

Kekurangan Linux dibanding Windows

Walaupun mempunyai sebaris keunggulan dibanding dengan Windows, Linux tidak bebas dari kekurangan. Selanjutnya ini kekurangan Linux dibandingkan Windows.

1. Tidak Direkomedasikan buat Gaming

Kekurangan Linux dibandingkan Windows merupakan sistem Linux tidak support buat dipakai main permainan. Jadi untuk Kamu seseorang gamer, tidak direkomendasikan buat memakai Linux buat menginstal serta main permainan. Sebab Linux tidak didesain buat permainan. Sistem Windows merupakan yang sesuai buat Kamu seseorang gamer.

2. Kompleks buat Menginstal Aplikasi Microsoft

Dikala memakai Linux, Kamu hendak sedikit kompleks kala mau menginstal aplikasi Microsoft. Ini ialah kekurangan Linux untuk banyak orang yang terbiasa memakai Microsoft. Walaupun Linux telah sediakan aplikasi office pengganti ialah Libre Office, tetapi senantiasa saja Microsoft Office selaku aplikasi kebanyakan yang kerap dipakai, jadi lezat buat senantiasa dipakai.

Baca juga : Mengulas Jenis – Jenis Linux Dan Keunggulanya

3. Lumayan Susah untuk Pemula

Untuk pendatang baru ataupun newbie, memakai Linux ialah sesuatu perihal yang dirasa lumayan kompleks. Walaupun Linux telah sediakan tipe GUI( Graphical User Interface), namun senantiasa saja terdapat sebagian perintah yang diwajibkan memakai Command Line Interface( CLI). Untuk amatiran yang terkini awal kali, memakai Linux hendak membuat Kamu kebimbangan dengan Perintah Dasar Linux. Serta untuk Kamu yang tidak ingin runyam, Windows jadi opsi terbaik buat aktivitas standar.

Nah, itu mulanya ulasan hal keunggulan serta kekurangan Linux dibandingkan Windows. Sistem Operasi mana yang jadi favoritmu?

6 Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer
Linux

6 Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer

6 Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer – Linux ialah julukan yang diserahkan pada sistem pembedahan pc Unix. Linux ialah salah satu ilustrasi pengembangan fitur lunak leluasa serta pangkal kuncinya yang terbuka.

6 Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer

art4linux – Linux berawal dari julukan si produsen, yang dipublikasikan pada 1991 oleh Linux Torvalds. Faedah sistem serta pustakanya biasanya berawal dari sistem pembedahan GNU, yang diumumkan pada 1983 oleh Richard Stallman. Partisipasi GNU ialah dasar dari tampaknya titel pengganti GNU ataupun Linux.

Melansir merdeka, Linux ialah sistem pembedahan yang sudah diketahui lama penggunaannya di server, serta dibantu perusahaan- perusahaan pc populer semacam Intel, Dell, Hewlett- Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, serta Sun Microsystem.

Baca juga : Apa itu Linux? Sejarah dan Fungsi

Linux sendiri dipakai selaku sistem pembedahan buat bermacam tipe fitur keras pc semacam desktop, supercomputer, serta embedded sistem semacam novel pembaca elektronik, sistem game film( PlayStation 2, PlayStation 3, serta Xbox), telepon kepal serta router.

Linux dikira selaku sistem pembedahan yang bagus. Sistem pembedahan Linux ini banyak dipakai oleh hacker, programmer, pengembang, geeks, serta lain serupanya. Pemakaian linux memanglah berkembang amat luar lazim serta sanggup bersaing dengan sistem pembedahan terkenal semacam Windows ataupun OS X.

Sebaliknya, Windows ialah sistem pembedahan yang dibesarkan oleh Microsoft Corporation yang memakai antarmuka dengan berbasiskan Graphical User Interface( GUI) ataupun bentuk antarmuka bergrafis. Pada biasanya, sistem pembedahan ini banyak sekali dipakai oleh warga, bagus di golongan menengah atas sampai menengah ke dasar.

Bersama ialah sistem pembedahan yang banyak dipakai oleh warga buat sistem pc serta laptop, sesungguhnya apa saja keunggulan Linux dibanding dengan sistem pembedahan pc yang yang lain?

Buat mengenali dengan cara lebih rinci, selanjutnya kita sudah merangkup sebagian keunggulan sistem pembedahan Linux yang butuh Kamu tahu, yang dikutip dari bermacam pangkal.

1. Gratis

Keunggulan Linux selaku sistem pembedahan pc yang awal merupakan free. Bila dibanding dengan sistem pembedahan yang yang lain semacam Windows, Linux lebih terjangkau sebab Windows membutuhkan kisaran harga dekat Rp 3 sampai Rp 5 juta buat satu lisensinya.

Linux ialah sistem pembedahan pc yang pas buat Kamu yang memanglah tidak mau menghasilkan duit selaku suatu sistem pembedahan. Bila Kamu memakai Linux, Kamu hendak terbebas dari yang namanya sistem pembedahan bajakan, aplikasi crack, patch, serta lain serupanya. Tidak hanya free, di Linux Kamu pula leluasa buat memodifikasi OS Linux semau batin cocok dengan kemauan Kamu.

2. Keamanan yang Lebih Unggul

Keunggulan Linux buat sistem pc yang selanjutnya merupakan sebab Linux mempunyai hak akses yang terbatas. Akses yang terbatas artinya merupakan antara buat masuk ke sistem Linux amatlah sedikit. Semacam ilustrasinya kala mau menginstal aplikasi saja membutuhkan repository online. Walaupun dapat dengan cara offline, namun amatlah tidak sering sekali banyak orang hendak iseng membuat virus di perpanjangan aplikasi Linux.

Perihal ini ialah keunggulan Linux dibanding dengan sistem pembedahan pc yang lain semacam Windows. Alasannya, OS Windows keamanannya belum lumayan sempurna. Windows umumnya kerapkali tersusupi virus oleh file berekstensi exe yang didownload dengan cara leluasa di suatu web.

3.Kinerja yang Ringan dan Spesikasi yang Minimal

Keunggulan Linux buat sistem pc yang berikutnya merupakan diamati dari kinerjanya yang enteng tetapi spesifikasinya senantiasa dapat dijalani dalam sistem yang minimun.

Keunggulan Linux teruji enteng dalam kinerjanya( bukan buat permainan), serta buat meng- instal Linux memanglah tidak menginginkan detail yang besar. Cuma dengan dekat 10 GB serta 512 harddisk, Linux telah dapat diinstal di pc Kamu.

4.Banyak Tools Pentest Security

Keunggulan Linux buat sistem pc merupakan OS Linux memanglah didesain buat mencoba keamanan. Keunggulan Linux merupakan seluruh tools di dalamnya free.

Banyak tools yang ada, bagus bawaan ataupun yang dapat di unduh di web pengembang distro Linux. Hingga tidak bingung bila sistem Linux banyak dipakai oleh para hacker.

5. Kemudahan untuk Menginstall Driver

Keunggulan Linux buat sistem pc yang berikutnya merupakan keringanan buat menginstall driver. Dikala menginstal sistem pembedahan ini, Kamu tidak butuh menginstal driver yang lazim dicoba dikala menginstal sistem pembedahan semacam Windows.

Sebabnya merupakan distro Linux mayoritas memanglah telah cocok dengan seluruh tipe prosesor yang tertancap di pc atau laptop.

Baca juga : Clear Linux Memberikan Visi, Terbatas Dari Desktop Linux Desktop

6. Banyak Varian Distro Linux

Keunggulan Linux buat sistem Pc yang terakhir merupakan banyaknya versi distro yang diadakan oleh Linux. Sebab memanglah sistem pembedahan ini free, sampai dikala ini banyak pengembang yang membuat varian- varian dari Linux semacam Ubuntu, Debian, Linux Mint sampai Kali Linux.

Buat itu, Linux jadi kerap dipakai oleh banyak orang sebab keringanan dalam memodiifikasinya serta penggunaannya yang enteng. Tetapi, dalam pemillihan sistem pembedahan pc merupakan kembali ke opsi Kamu terkait keinginan serta pemakaian yang Kamu perlukan.

Apa itu Linux? Sejarah dan Fungsi
Linux

Apa itu Linux? Sejarah dan Fungsi

Apa itu Linux? Sejarah dan Fungsi – Linux ialah sistem pembedahan yang sangat banyak dipakai di bumi ini, cinta nya banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Apa itu Linux? Sejarah dan Fungsi

art4linux – Linux sudah lama dipakai buat prasarana internet sampai perlengkapan di kehidupan sehari- harimu mulai dari mobil, Kamera pengaman, DVR, pancang lalulintas, pemeriksaan, mesin kedokteran, mesin pabrik, fitur keamanan, mesin absensi, smart televisi, apalagi HP kamu memakai sistem pembedahan linux ialah android.

Melansir belajarlinux, Linux telah terdapat dari akhir tahun 1990- an serta semenjak dikala itu linux banyak dipakai buat menghidupi internet, yup fitur prasarana internet beberapa besar memakai linux mulai dari router, switch, server seluruh memakai linux.

Buat dikala ini linux merupakan sistem pembedahan yang sangat normal, kemajuan nya kilat, opensource, leluasa dipakai, amat nyaman serta Free.

Baca juga : Perintah Dasar Linux untuk Memeriksa Informasi Hardware dan Sistem

Memahami Apa itu Linux

Linux merupakan suatu sistem pembedahan semacam Unix yang memakai kernel linux selaku inti serta disertakan aplikasi serta module pendukung lain supaya berperan serta dapat dipakai dengan cara utuh seperti sistem pembedahan pada biasanya.

Sistem pembedahan ini bertabiat leluasa dipakai serta opensource alhasil dapat digunakan serta dibesarkan oleh seluruh pihak dengan cara free.

Untuk kamu yang belum mengerti apa itu sistem pembedahan, sistem pembedahan merupakan fitur lunak yang bekerja buat mengatur sumberdaya/ resource pc.

Sistem pembedahan pula bekerja selaku jembatan komunikasi antara perangkat keras dengan aplikasi produktif yang kamu maanfaatkan tiap hari buat benerja, semacam ms. office, photoshop, corel, chrome, apalagi permainan.

Tanpa sistem pembedahan aplikasi produktif yang kamu maanfaatkan tiap hari buat bertugas tidak hendak dapat berjalan serta maanfaatkan.

Asal usul Linux

Disaat itu telah terdapat sistem pembedahan menguntungkan ialah Unix serta DoS yang saat ini jadi windows, kedua sistem pembedahan itu bertabiat tertutup serta wajib dapat diperoleh dengan metode membeli.

Segerombol pengembang sudah membuat sesuatu group yang diberinama GNU selaku media buat membuat sistem serta aplikasi yang leluasa dipakai serta opensource, seluruh bagian sudah berakhir terbuat serta cuma terdapat satu bagian berarti yang belum mereka sukses untuk ialah Kernel yang hendak jadi jantung serta inti sistem pembedahan opensource harapan mereka.

Sampai akhirna pada tahun 1991 seseorang mahasiswa bidang computer science dari universitas Helsinki( University of Helsinki) menulis suatu sistem pembedahan yang bebas buat dapat berjalan di Komputer barunya yang memakai processor 80386 tanpa mengambil/ memakai isyarat unix sedikitpun. Sistem pembedahan inilah yang nanti jadi Linux yang lagi kita pelajari saat ini🙂.

Tujuan Linux Dibuat

Sehabis linus merenung serta ngoding bersama pengembang lain yang sepemikiran dari tahun 1991 serta melampaui perjalan serta cara yang jauh singkatnya pada tahun 1994 kernel linux tipe 1. 0 berakhir terbuat oleh linus torvalds and friends.

Selaku seseorang pengembang pak linus senantiasa tertabrak hendak regulasi serta sertifikat OS yang terdapat tiap kali hendak membuat projek, dari sinilah ilham membuat OS yang free serta leluasa dimodifikasi oleh tiap orang timbul.

Dengan sedemikian itu pengembang diluar situ tidak hendak hadapi pengalaman yang serupa yang dialami oleh linus, dimana tiap kali ingin berkarya tertabrak hendak sertifikat OS yang terdapat pada dikala itu, sebab OS nya tidak bisa asal- asalan dimodifikasi sebab memiliki sertifikat tertutup.

Ini telah nyata sekali jika linux dilahirkan buat menerobos praktek dominasi sistem pembedahan yang dicoba oleh industri besar yang jadi penghalang terbanyak kalangan pengembang dikala mau membuat inovasi serta inovasi buat aplikasinya.

Fungsi Linux

Kalian telah mengerti kan jika linux itu merupakan suatu sistem pembedahan serupa perihalnya dengan windows, kelainannya merupakan linux berlisensi gratis serta opensource alhasil leluasa untu dikebangkan, didistribusikan serta free dipakai tanpa wajib menghasilkan duit sepeserpun.

Dari dini invensi nya linux lebih fokus dipakai buat membuat prasarana mulai dari prasarana jaringan internet, keamanan sampai prasarana IT serta mesin pabrik.

Yup linux banyak dipakai buat fitur switch, router, server, luar biasa computer, mesin pabrik, IoT, Kamera pengaman, drone, pesawat luar angkasa serta sedang banyak lagi.

Linux memanglah tidak terkenal di golongan user lazim semacam windows yang nyaris bisa jadi 90% dipakai oleh seluruh orang biasa buat desktop serta laptopnya.

Jadi buat bumi pabrik dapat linux merupakan sesuatu keharusan terlebih untuk seseorang pengembang semacam programmer, bayangkan jika pengembang tidak dapat linux, hmm tentu aplikasinya tidak dapat menjajaki kemajuan era.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Jika linux free, powerfull, serta banyak dipakai oleh pabrik, saat ini tentu kalian menanya“ lah mengapa banyak orang sedang pada ingin gunakan windows yang tak free?”

Dari dini dilahirkan linux memanglah cuma didesain buat digunakan di balik layar( dipasang di prasarana) serta bukan didesain buat digunakan di fitur user akhir( end user) semacam windows. Jadi dari mari telah nyata jika linux serta windows memiliki sasaran pasar( konsumen) yang berlainan.

Walaupun saat ini telah dibesarkan linux tipe desktop bukan berarti dapat mengambil alih guna windows 100%, tidak saudaraku tidak semudah itu.

Ini disebabkan windows telah terdapat di bagian pasar end user dari semenjak lama serta mayoritas aplikasi buat end user didesain buat berjalan di windows.

Ini menyebabkan banyak user yang sedang tergantung memakai windows sebab memanglah aplikasi yang mereka gunakan buat bertugas cuma jalur di windows.

Tetapi bila kalian selaku pengembang kalian hendak kesusahan memperoleh aplikasi buat server yang berjalan di windows serta menciptakan banyak aplikasi server yang cuma berjalan di linux.

Kesimpulan nya kalian tidak dapat menyamakan keunggulan serta kekurangan linux dari satu bagian saja, Linux hendak lebih menang dibandignkan windows bila dipakai buat server tetapi sebalik nya windows hendak lebih menang dibandingkan linux bila dipakai buat keinginan end user.

Baca juga : Mengenal File System linux

Ilustrasi saja, windows lebih mensupport banyak driver perangkat keras end user dibanding linux, windows pula sedang terbaik dalam hal buat main permainan.

Buat hal end user linux bole takluk, tetapi buat hal server serta pengembang linux merupakan jagonya serta yang terbaik.

Perintah Dasar Linux untuk Memeriksa Informasi Hardware dan Sistem
Linux

Perintah Dasar Linux untuk Memeriksa Informasi Hardware dan Sistem

Perintah Dasar Linux untuk Memeriksa Informasi Hardware dan Sistem – Setelah kernel Linux diinisialisasi, ia menghitung semua komponen perangkat keras.

Perintah Dasar Linux untuk Memeriksa Informasi Hardware dan Sistem

art4linux – Ada banyak perintah untuk memeriksa informasi tentang perangkat keras sistem Linux. Beberapa perintah hanya melaporkan komponen perangkat keras tertentu seperti

Dilansir dari medium.com, CPU atau memori sementara sisanya mencakup beberapa unit perangkat keras.

1. Nama Perangkat Keras Mesin Cetak (uname –m uname –a)

Menggunakan sakelar -m dengan perintah uname mencetak nama perangkat keras mesin kita. Jika kita ingin perintah uname untuk mencetak semua informasi yang disebutkan di atas, kita dapat menggunakan perintah dengan semua switch.

$ uname –m

$ uname -a

Baca juga : Jenis Linux yang Dapat Digunakan Pengguna Dekstop

2. lscpu

Perintah lscpu melaporkan informasi tentang cpu dan unit pemrosesan. Itu tidak memiliki opsi atau fungsi lebih lanjut.

$lscpu

lshw –Daftar Perangkat Keras

Utilitas tujuan umum, yang melaporkan informasi rinci dan singkat tentang beberapa unit perangkat keras yang berbeda seperti cpu, memori, disk, pengontrol usb, adaptor jaringan, dll. Lshw mengekstrak informasi dari file /proc yang berbeda. Lshw mampu melaporkan konfigurasi memori, versi firmware, konfigurasi mainboard, versi dan kecepatan CPU, konfigurasi cache, kecepatan bus, dll. Perintah lshw perlu dijalankan dengan hak istimewa super untuk dapat mendeteksi dan melaporkan jumlah informasi maksimum.

Jadi jalankan sebagai root, atau gunakan Sudo. Lshw memilah komponen perangkat keras ke dalam kelompok yang disebut “kelas”. Prosesor, memori, tampilan, jaringan, penyimpanan semuanya adalah kelas yang berbeda.

$ sudo lshw $ sudo lshw –pendek

Hasilkan laporan dalam format html/xml

Kami juga dapat mengekspor laporan lshw dalam format html, xml dan json.

$ sudo lshw –html > lshw-output.html

$ sudo lshw –xml >lshw-output.xml
2. hwinfo- Informasi Perangkat Keras

Hwinfo adalah utilitas menyelidik perangkat keras tujuan umum lainnya yang dapat melaporkan informasi rinci dan singkat tentang beberapa komponen perangkat keras yang berbeda, dan lebih dari apa yang dapat dilaporkan lshw.

$ hwinfo

$ hwinfo –pendek

3. lspci- Daftar PCI

Perintah lspci mencantumkan semua bus pci dan detail tentang perangkat yang terhubung dengannya. Adaptor vga, kartu grafis, adaptor jaringan, port usb, pengontrol sata, dll semuanya termasuk dalam kategori ini. Dengan menggunakan perintah lspci sebelumnya dengan parameter -v, informasi lebih rinci tentang perangkat PCI bisa didapat.

$lspci

4. lsscsi-Daftar perangkat sci

Mencantumkan perangkat scsi/sata seperti hard drive dan drive optik. SCSI adalah BUS populer lainnya yang digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis perangkat ke sistem Linux. Perangkat antarmuka SCSI lebih mahal daripada PCI karena umumnya digunakan di perangkat keras server perusahaan. Informasi SCSI yang mirip dengan PCI dapat dicantumkan dengan perintah

berikut.

$ lsscsi

5. lsusb- Daftar bus usb dan detail perangkat

Perintah ini menunjukkan pengontrol USB dan detail tentang perangkat yang terhubung dengannya. Secara default, informasi singkat dicetak. Kita dapat menggunakan opsi verbose “-v” untuk mencetak informasi rinci tentang setiap port usb. Perintah lsusb mengambil dan mencetak informasi pengontrol USB terperinci bersama dengan perangkat keras yang terhubung.

$ lsusb

6. lsblk- Daftar perangkat blok

Perintah lsblk mengambil informasi perangkat blok terperinci seperti hard drive Anda, flash drive, dan partisinya.

$ lsblk

7. ruang df-disk dari sistem file

Melaporkan berbagai partisi, titik pemasangannya dan ruang yang digunakan dan tersedia di masing-masing partisi.

$df -H

8. fdisk

Fdisk adalah utilitas untuk memodifikasi partisi pada hard drive, dan dapat digunakan untuk membuat daftar informasi partisi juga. Informasi sistem file dapat dikumpulkan dengan menggunakan perintah fdisk. Meskipun fdisk dapat digunakan untuk membuat partisi, sistem file dan media terkait disk lainnya juga menyediakan informasi sistem file dengan parameter -l.

$ sudo fdisk –l

9. pasang

Mount digunakan untuk memasang/melepas dan melihat sistem file yang dipasang. Sekali lagi, kita dapat menggunakan grep untuk menyaring hanya sistem file yang ingin kita lihat.

$ pasang | kolom -t

10. Dmidecode

Perintah dmidecode berbeda dari semua perintah lainnya. Ini mengekstrak informasi perangkat keras dengan membaca data dari

struktur data SMBOIS (juga disebut tabel DMI). # menampilkan informasi tentang prosesor/cpu

  • $ sudo dmidecode -t prosesor # informasi memori/ram
  • $ sudo dmidecode -t memori # detail bios
  • $ sudo dmidecode -t bios

11. /proc file

Banyak file virtual di direktori /proc berisi informasi tentang perangkat keras dan konfigurasi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Informasi CPU/Memori
  • $ cat /proc/cpuinfo
  • Versi: kapan
  • $ cat /proc/versi
  • Perangkat SCSI/Sata
  • $ cat /proc/scsi/scsi 
  • Partisi
  • $ cat /proc/partisi

12. hdparm

Perintah hdparm mendapatkan informasi tentang perangkat sata seperti hard disk. Setiap perintah memiliki metode penggalian informasi yang sedikit berbeda.

Kami mungkin perlu mencoba lebih dari satu, sambil mencari detail perangkat keras tertentu. Mereka tersedia di sebagian besar distro linux, dan dapat dengan mudah diinstal dari repositori default. Di desktop ada alat gui, bagi yang tidak ingin menghafal dan mengetik perintah. Hardinfo, I-nex adalah beberapa yang populer yang memberikan informasi rinci tentang beberapa komponen perangkat keras yang berbeda.

$ hdparm

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Dengan ReiserFS, Sistem File Linux

13. Inxi

Inxi adalah skrip mega bash baris 10K yang mengambil detail perangkat keras dari berbagai sumber dan perintah pada sistem dan menghasilkan laporan yang bagus yang dapat dibaca oleh pengguna non-teknis dengan mudah.

$ inxi –Fx

Jenis Linux yang Dapat Digunakan Pengguna Dekstop
Blog Linux

Jenis Linux yang Dapat Digunakan Pengguna Dekstop

Pernahkan Anda mendengar istilah Linux? Linux merupakan sebuah sistem operasi yang mirip dengan Windows. Pada tahun 1990-an, Linux dan Windows merupakan saingan yang ketat. Windows sendiri dikenal sebagai sistem operasi berbayar yang kode operasinya dijaga kerahasiaannya. Linux menjadi sistem open source dimana para pengguna memiliki kebebasan untuk mengubah, mengunduh dan berkontribusi ke distro Linux sendiri. Bagi Anda pengguna dekstop, Linux menyediakan beragam jenis varian yang dapat dimanfaatkan. Anda dapat memilih varian Linux berdasakan dengan kebutuhan.

Sifat utama yang dimiliki oleh Linux adalah open source. Anda dapat dengan bebas mengembangkan Linux berdasarkan dengan tujuan. Berikut ini merupakan 6 jenis Linux yang dapat Anda gunakan di dekstop:

  1. Ubuntu
    Ubuntu merupakan distro Linux yang cukup populer bagi para pengguna dekstop. Jika Anda merupakan seorang pemula pengguna Linux, Ubuntu adalah distro Linux yang patut untuk Anda coba. Ubuntu dibuat dan dikembangkan agar Linux dapat bermanfaat bagi siapapun secara universal. Ubuntu dapat digunakan oleh semua orang meskipun orang tersebut adalah orang awam. Tidak hanya populer, Ubuntu memiliki komunitas yang besar. Pada saat mengalami kesulitan ketika menggunakannya, Anda dapat menemukan solusi untuk menanganinya.
  2. Manjaro
    Distro Linux lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna dekstop adalah Manjaro. Manjaro sangat populer dan hampir digunakan oleh semua pihak. Manjaro sangat mudah digunakan, memiliki tampilan yang elegan, powerful dan sederhana. Yang menjadi pesona utama dari Manjaro adalah ketersediaan fitur arsitektur, jenis build dan dekstop environment yang dimilikinya. Manjaro dikembangkan untuk semua kalangan, mulai dari programmer pemula hingga programmer profesional.
  3. Linux Mint
    Selain Ubuntu dan Manjaro, Linux Mint merupakan distro Linux yang cukup populer. Hampir sebagian besar pengguna Linux merasa tertarik untuk menggunakan Linux Mint. Karena dibuat dengan basis Ubuntu, Linux Mint dijalankan dengan aplikasi yang terdapat pada Ubuntu. Pengguna dekstop dapat melihat bahwa user interface yang dimiliki oleh Linux Mint sangat sederhana dan dilengkapi pula dengan efek transisi yang lembut. Varian dekstop environment dari Linux Mint terdiri dari Cinnamon, KDE, XFCE dan MATE.
  4. Kali Linux
    Jika Anda ingin mempelajari penetrasi dan hacking, Kali Linux menjadi varian Linux yang tepat untuk dimanfaatkan. Distro Linux berbasis Debian ini dikembangan dan dibuat oleh Offensive Security. Tujuan dibuatnya Kali Linux adalah untuk menguji dan memenuhi kebutuhan penetrasi sistem keamanan di komputer LXDE, KDE dan XFCE merupakan jenis environment yang dimiliki oleh Kali Linux. Jenis Linux ini juga menyediakan aplikasi testing dan ethical hacking. Server agen bola dan situs perbankan banyak yang menggunakan linux ini karena mempunyai sistem keamanan yang cukup baik dan susah di bobol. Baik aplikasi dan tool yang tersedia pada Kali Linux tersedia dalam keadaan baru karena penerapan rolling release yang diusungnya.
  5. Zorin OS
    Jika Anda ingin menggunakan Linux yang terasa seperti Windows, Anda dapat memanfaatkan Zorin OS. Antarmuka yang dimiliki oleh Zorin OS serupa dengan antarmuka yang dimiliki oleh Windows. Jika Anda merupakan seorang pemula pengguna Linux, Zorin OS menjadi pilihan yang tepat karena tampilannya yang mirip dengan Windows.
  6. OpenSUSE
    OpenSUSE merupakan pilihan distro Linux lainnya yang patut untuk dicoba oleh pengguna dekstop. Varian Linux ini terdiri dari dua jenis, yakni Leap dan Tumbleweed. Jika Anda berkeinginan untuk mendapatkan pembaruan setiap saat, Tumbleweed merupakan jenis openSUSE yang tepat dipilih. Pembaruan pada periode tertentu dapat Anda peroleh melalui varian Linux openSUSE Leap.
Simak Kekurangan dan Kelebihan Sistem Operasi Linux Untuk Komputer dan Laptop Anda
Blog Linux

Simak Kekurangan dan Kelebihan Sistem Operasi Linux Untuk Komputer dan Laptop Anda

Simak Kekurangan dan Kelebihan Sistem Operasi Linux Untuk Komputer dan Laptop Anda – Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Windows mungkin memang salah satu sistem operasi yang sudah populer jika dibandingkan dengan yang lainnya. Namun, meskipun memang belum terlalu familiar oleh masyarakat, Linux sebenarnya juga mempunyai banyak kelebihan dan tidak kalah dengan sistem operasi komputer lain lho!

Salah satu bukti yang paling banyak dijumpai ketika orang-orang menggunakan sistem operasi Linux ini tidak lain adalah adanya kemudahan tersendiri bagi para penggunanya untuk mengembangkannya lebih jauh lagi. Bahkan, tidak hanya dijalankan pada desktop atau komputer saja. Melainkan dapat digunakan untuk berbagai perangkat tambahan seperti halnya smartphone, server, dan juga TV.

Meskipun begitu, sistem operasi Linux ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini mengenai kekurangan dan juga kelebihan sistem operasi linux pada komputer maupun laptop Anda ya !

Kelebihan Menggunakan Sistem Operasi Linux

1. Tidak berbayar

Kelebihan utama ketika yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem operasi Linux ini tak lain adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk dapat menjalankannya. Dengan begitu Anda pun dapat menggunakan sistem operasi Linux ini untuk berbagai macam kebutuhan. Baik itu untuk kepentingan pribadi maupun dalam hal bisnis. Tidak hanya itu, sistem operasi Linux ini tidak hanya dijalankan pada desktop saja. Melainkan Anda juga dapat menggunakannya sebagai server lho!

2. Privasi tersimpan rapat

Tidak seperti Windows, sistem operasi Linux ini tidak akan mengumpulkan data-data para penggunanya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi karena privasi Anda tentunya lebih terjaga. Bahkan, pada sistem operasi Linux ini Anda tidak perlu mengaktifkan pengaturan tambahan juga.

3. Lebih aman

Keuntungan yang satu ini pastinya sudah sering Anda dengar bukan? Sudah bukan rahasia umum lagi jika kemanan sistem operasi linux ini lebih terjaga jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan, sistem operasi linux ini mampu menangkal serangan virus maupun malware.

Simak Kekurangan dan Kelebihan Sistem Operasi Linux Untuk Komputer dan Laptop Anda

Kekurangan Sistem Operasi Linux

1. Sedikitnya aplikasi yang dimilikinya

Meskipun Anda bisa melakukan berbagai tugas menggunakan aplikasi yang terinstal di sistem operasi Linux, tapi sayangnya variasi yang dimilikinya masih terbatas dan belum sebanyak OS lainnya. Sebut saja perangkat lunak untuk mengolah gambar bitmap dan juga vector seperti halnya Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, hingga Corel Draw.

2. Terkendala oleh support hardware

Sistem operasi linux ini memang menjamin keamanan dan privasi para penggunanya. Tapi jangan salah, ternyata sistem operasi linux ini belum begitu banyak mendapat dukungan dari beberapa hardware. Akibat belum begitu banyak vendor atau pengembang yang mendukung driver untuk sistem operasi Linux ini maka komputer maupun laptop milik Anda pun tidak akan terdeteksi secara otomatis. Dengan kata lain, perangkat keras atau hardware pada komputer atau laptop Anda tidak akan bekerja secara maksimal atau bahkan mungkin saja tidak bisa digunakan sama sekali tanpa dukungan driver pada sistem operasi Linux.

3. Tidak terlalu cocok untuk para gamers

Bagi para pecinta game, sistem operasi Linux ini memang jarang digunakan oleh banyak orang karena tidak terlalu support kebutuhan gaming. Sebab, banyak sekali game developer yang belum antusias membuat game di sistem operasi Linux. Sehingga jumlah game yang ada di sistem operasi Linux pun menjadi terbatas dan bahkan kualitasnya tidak sama dengan OS lainnya.

Manfaat Menggunakan Fedora Design Suite untuk OS Linux
Blog Linux Media Website

Manfaat Menggunakan Fedora Design Suite untuk OS Linux

Manfaat Menggunakan Fedora Design Suite untuk OS Linux – Jika Anda bekerja di bidang desain grafis dan menggunakan sistem operasi Linux, Anda pasti mengenal beberapa distro yang berfokus pada bidang grafis. Salah satu distro terkenal yang bisa digunakan adalah Fedora Design Suite dari Fedora. Tetapi mengapa memilih Fedora Design Suite?

– Cocok untuk Karya Seni Terkait
Mirip seperti Ubuntu yang memiliki Ubuntu Studio, Kubuntu, Edubuntu atau Xubuntu, Fedora Labs juga memiliki beberapa distro seperti Fedora Astronomy, Fedora Scientific, Fedora Jam dan Fedora Design Suite yang dibuat oleh tim desain resmi Fedora. Fedora Design Suite berfokus pada karya seni dan area grafik yang dapat dibuat dengan menggunakan distribusi Linux ini.

– Mudah Digunakan untuk Pemula
Jika Anda seorang pemula untuk Linux, Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan rangkaian desain Fedora. Karena distribusi ini hadir dengan pilihan aplikasi yang sederhana dan tidak memberi Anda terlalu banyak aplikasi tidak populer yang akan dengan mudah membuat Anda bingung. Distribusi ini menawarkan aplikasi terbaik untuk Linux di dunia grafis. Fedora Design Suite dapat digunakan untuk distribusi tambahan dari instalasi Fedora yang ada atau dapat difungsikan sebagai versi Fedora independen.

– Aplikasi Unggulan
Seperti yang disebutkan di atas, Fedora Design Suite tidak akan memberi Anda aplikasi yang tidak dikenal, melainkan mereka memiliki aplikasi unggulan populer seperti GIMP dan Darktable yang sangat cocok untuk mengedit dan meningkatkan foto, Krita yang terkenal dengan lukisan dan sketsa digital, Blender yang terkenal bagi mereka yang bekerja dalam desain grafis 3D, Scribus yang memberikan fitur ekstensif untuk penerbitan, dan Pitivi yang sangat bagus untuk editor video.

– Ini Memberi Anda Daftar Tutorial
Salah satu keuntungan menggunakan suite desain Fedora adalah daftar tutorial yang dapat Anda temukan di situs . Ini sangat berguna bagi mereka yang baru dengan desain grafis dan ingin belajar langkah demi langkah tentang aplikasi yang ditawarkan oleh Fedora. Tutorial mencakup mulai dari mengedit gambar di GIMP atau Darktable, menggunakan Inkscape untuk mengedit vektor, cara menggunakan Scribus, Animasi, Pengeditan Video, Pencetakan, dan Pemodelan 3D.

Oleh karena itu, baik Anda seorang pemula di Linux, dan Anda ingin menggunakan aplikasi populer untuk desain grafis, pembuat video atau lukisan digital, Fedora Design Suite akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut dengan menjelajahi daftar tutorial yang disediakan oleh distribusi ini.

Pertimbangan Dalam Menggunakan Sistem Operasi Linux
Blog Linux Website

Pertimbangan Dalam Menggunakan Sistem Operasi Linux

Pertimbangan Dalam Menggunakan Sistem Operasi Linux – Dunia komputer merupakan dunia yang menarik untuk kita pelajari. Ada banyak hal baru yang berkaitan dengan dunia komputer yang tidak dapat kita ketahui jika tidak mempelajarinya dengan baik. Pada saat kita mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia komputer, kita akan dikenalkan dengan sistem operasi. Sistem operasi komputer sendiri terdiri dari beberapa macam dan Linux menjadi salah satu jenis sistem operasi yang menarik untuk kita pelajari. Linux merupakan sebuah sistem operasi yang sumbernya terbuka dan bebas untuk digunakan. Sama halnya dengan sumber terbuka yang lain, kode sumber Linux dapat kita modifikasi dan didistribusikan oleh semua pihak dengan bebas tanpa hambatan apapun. Karena mudah digunakan, sistem operasi Linux menjadi pilihan utama para pengguna komputer di dunia. Mereka tidak memiliki hambatan sedikitpun dalam mengoperasikan sistem operasi Linux.

Kemudahan dalam menggunakan sistem operasi Linux menjadi pertimbangan bagi para pengguna komputer untuk memanfaatkan sistem operasi tersebut. Tidak hanya mudah digunakan, pertimbangan lain yang menyebabkan pengguna komputer tidak segan memanfaatkan sistem operasi Linux adalah keamanan dan dukungan perusahaan komputer terkenal pada sistem operasi Linux. Oracle Corporation, Dell, Sun Microsystems dan Novell merupakan perusahan besar pendukung sistem operasi Linux. Linux juga dapat digunakan untuk beberapa jenis hardware komputer seperti super komputer, sistem benam dan komputer desktop. Beberapa pengamat teknologi mengatakan bahwa kesuksesan Linux disebabkan oleh biaya operasional Linux yang rendah, keamanan dan kestabilan sistem operasi yang tinggi serta tingginya kompatibilitas yang dimiliki oleh Linux. Bagi mereka yang telah lama menggunakan sistem operasi Linux, pengguna dapat mengetahui dengan pasti bahwa Linux sangat cocok bagi para gamers terutama bagi para penjudi online yang sering bermain poker online karena sewaktu mengakses permainan poker akan terasa ringan dan cepat jika menggunakan sistem operasi linux ini..

Kemampuan Linux dalam melakukan perbaikan bug dalam waktu singkat disebabkan oleh komunitas Linux yang mampu memberikan penjelasan mengenai proses perbaikan bug melalui dokumentasi. Pertimbangan lain mengapa banyak pengguna komputer yang tertarik menggunakan sistem operasi Linux adalah keamanan sistem operasi terhadap virus. Jumlah virus yang dimiliki oleh sistem operasi Linux sangatlah sedikit jika dibandingkan dengan sistem operasi komputer lainnya.

Linux mampu melakukan pengelolaan keamanan dengan baik dan sangat ketat. Hal inilah yang menyebabkan virus tidak mudah melakukan serangan terhadap sistem operasi Linux. Pengguna Linux dapat langsung melakukan pemusnahan virus melalui tombol delete. Dengan banyaknya software atau perangkat lunak yang disajikan oleh Linux, sistem operasi ini menjadi sistem operasi komputer yang dapat diandalkan oleh pengguna. Pengguna Linux dapat dengan mudah mendapatkan beragam jenis aplikasi yang disediakan oleh Linux. Jika ada beberapa jenis aplikasi yang belum disediakan oleh Linux, sistem operasi ini menyediakan repository yang merupakan tempat dimana pengguna Linux dapat mengunduh aplikasi yang mereka butuhkan.

Sistem Operasi Linux yang Paling Banyak Diminati oleh Pengguna Komputer
Blog Linux Media Website

Sistem Operasi Linux yang Paling Banyak Diminati oleh Pengguna Komputer

Sistem Operasi Linux yang Paling Banyak Diminati oleh Pengguna Komputer – Linux merupakan sistem operasi komputer yang dikenal fleksibel dan aman digunakan. Tidak hanya itu, Linux menjadi sistem operasi yang banyak mendapatkan dukungan dari perusahaan-perusahaan komputer terkenal dunia. Dell, IBM, Sun Microsystems, Novell, Intell dan Oracle Corporation menjadi deretan nama perusahaan besar dan terkenal yang memberikan dukungan bagi sistem operasi Linux. Dengan dukungan perusahaan besar tersebut, Linux dapat digunakan pada semua jenis perangkat keras komputer.

Menjadi sistem operasi yang fleksibel dan mudah digunakan, pengembang Linux menciptakan ragam jenis Linux yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Ubuntu menjadi salah satu jenis Linux yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna komputer. Alasan utama mengapa banyak yang tertarik yang menggunakan sistem operasi ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh Ubuntu. Sistem operasi Ubuntu dapat digunakan pada komputer pribadi dan komputer server serta diperbaharui secara teratur setiap tahunnya.

Tidak hanya Ubuntu, Suse Linux menjadi jenis Linux lainnya yang paling banyak diminati oleh pengguna komputer. Hampir sebagian besar negara-negara di Eropa menggunakan Suse Linux sebagai sistem operasi pada komputer mereka. Kemudahan penggunaan dan tampilan desain yang segar menjadi alasan mengapa banyak pengguna Linux yang tertarik menggunakan Suse Linux. Tidak hanya di Eropa, Suse Linux juga berhasil menarik perhatian pengguna komputer di Indonesia. Dengan tampilan bahasa Indonesia yang disediakan oleh sistem operasi Suse Linux, sistem operasi ini memudahkan warga Indonesia untuk bermain permainan tanpa mengalami gangguan dan sangat mudah untuk digunakan. Centos menjadi jenis Linux lainnya yang berhasil menarik pengguna Linux. Rilis sejak tahun 2004 lalu, Centos berhasil mengumpulkan jumlah pengguna Linux. Sistem operasi ini dapat digunakan secara gratis namun tidak dianjurkan untuk pemula. Centos sangat baik bagi pengguna server yang berpengetahuan lebih dan mampu menggunakan Linux dengan baik. Pengguna Linux yang paham akan aplikasi dan sistem terkini menjadi sosok yang paling tepat menggunakan Centos.

Debian Linux

Jenis Linux lainnya yang sering dimanfaatkan oleh pengguna Linux adalah Debian Linux. Debian Linux merupakan jenis Linux yang telah hadir sejak tahun 1999 lalu. Setiap tahunnya, Debian Linux mengalami perkembangan dan perubahan secara teratur. Debian Linux merupakan jenis Linux yang paling tepat digunakan untuk komputer server. Debian Linux kurang tepat digunakan pada komputer pribadi karena fungsi dari Debian Linux hanya diperuntukan pada penggunaan komputer admin atau server.

Sistem operasi Linux lainnya yang banyak digunakan adalah Red Hat Linux. Jika diperhatikan dengan baik, sistem operasi ini sangat mudah diinstal. Baik proses instal dan penggunaan sistem operasi Red Hat Linux sangat mudah. Red Hat Linux versi 9 merupakan versi terbaru yang dihadirkan oleh Red Hat Linux dan memiliki tingkat kestabilan serta keamanan sistem yang cukup tinggi.

Distro Linux Bagi Para Pemula
Blog Forum Konten Linux Media

Distro Linux Bagi Para Pemula

Distro Linux Bagi Para Pemula – Linux menjadi sistem operasi yang banyak dimanfaatkan oleh programmer sejak bertahun-tahun yang lalu. Linux dikembangkan bagi kemudahan dan kepentingan pengguna sistem operasi di dunia. Untuk distro Linux sendiri, setiap aplikasi Linux dapat dijalankan melalui browser Distro Linux hadir dengan software yang berbeda-beda sehingga pengguna komputer dapat memilih dan menentukan distro Linux mana yang sesuai dengan kebutuhan. Ubuntu menjadi salah satu distro Linux yang paling tepat dimanfaatkan oleh pemula. Kelebihan yang dimiliki oleh Ubuntu adalah kemudahan dalam mengakses sistem operasi, stabilitas dan keamanan tinggi yang dimiliki oleh sistem operasi Ubuntu. Menjadi sistem operasi yang paling baik digunakan oleh pemula, Ubuntu merupakan jenis Linux yang paling populer. Ubuntu mengalami perubahan atau pembaharuan setiap tahunnya dimana keamanan sistem operasi sangat diperhatikan dengan baik oleh pengembang.

Arc Linux menjadi distro Linux lainnya yang baik dimanfaatkan oleh pengguna komputer. Dengan peluang kustominasi yang besar dan sistem operasi yang ramah pengguna membuat Arc Linux tepat digunakan bagi pendatang baru Linux. Melalui Arc Linux, kita dapat melakukan pengunduhan dengan mudah. Tampilan sederhana pada sistem operasi Arc Linux membuat pengguna tidak akan merasa bingung atau bimbang ketika menggunakan sistem operasi ini. Antergos menjadi versi atau hasil pengembangkan Arc Linux yang ramah pengguna. Meskipun telah lama diberhentikan penggunaannya, Antergos masih dikenal bagi oleh para pengguna Arc Linux. Distro Linux lainnya yang paling baik bagi seorang pemula adalah Linux Mint. Ketika pengguna memanfaatkan Linux Mint, sistem operasi tersebut hanya diperuntukan bagi penggunaan secara pribadi. Pengguna Linux Mint tidak dapat menggunakannya untuk komputer server. Keberadaan Linux Mint terdiri dari dua jenis, yakni Mate dan Cinnamon. Cinnamon menjadi jenis Linux Mint yang lebih modern jika dibandingkan dengan Mate. Meskipun demikian, Mate justru memiliki kestabilan yang lebih tinggi ketimbang Cinnamon. Linux Cinnamon bahkan belum mendapatkan banyak dukungan grafis untuk laptop atau komputer.

Untuk menambah informasi mengenai jenis distro Linux yang paling tepat digunakan untuk pemula, informasi mengenai Suse Linux sangatlah penting. Suse Linux menjadi pilihan bagi para pemula yang ingin menggunakan Linux. Dengan adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, Suse Linux berhasil mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat Indonesia. Tidak hanya akibat keberadaan bahasa Indonesia, kemudahan managemen dan tampilan sistem operasi yang segar membuat Suse Linux banyak digunakan oleh para pengguna Linux. Indonesia bukan satu-satunya negara yang banyak menggunakan Suse Linux. Dengan kemudahan penggunaanya, Suse Linux juga berhasil menarik para pengguna Linux di Eropa. Itulah beberapa jenis distro Linux yang paling tepat digunakan oleh pemula. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin menggunakan Linux yang tepat.

Mengenal Ragam Jenis Linux
Uncategorized

Mengenal Ragam Jenis Linux

Mengenal Ragam Jenis Linux – Siapa yang tidak mengenal Linux? Sistem operasi yang bermaskotkan hewan pinguin ini menjadi sistem operasi pilihan para pengguna komputer. Dengan kode sumber Linux yang dapat diubah dan didistribusikan oleh para pengguna, Linux dapat dengan mudah digunakan. Tidak hanya itu, Linux juga aman dari serangan virus kerena pengguna Linux dapat melakukan pemusnahan virus hanya melalui tombol delete saja. Menjadi sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna komputer ini, sudah menjadi keseharusan bagi pengguna untuk mengetahui jenis-jenis dari sistem operasi Linux. Pada saat kita membahas mengenai Linux, ada banyak jenis Linux yang dapat kita gunakan dan manfaatkan. Red Hat Linux menjadi salah satu jenis Linux yang proses penginstalannya dapat dengan mudah dilakukan. Red Hat Linux dikenal sebagai jenis Linux yang paling tua dan menawarkan kemudahan-kemudahan ketika menggunakannya.

Debian Linux menjadi jenis Linux lainnya yang dapat kita manfaatkan. Dikenalkan sejak tahun 1999 lalu, Debian Linux selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Hingga kini, Debian Linux telah memasuki versi yang kedelapan. Jika kita ingin menemukan sistem operasi server, Debian Linux menjadi sistem operasi Linux yang paling tepat untuk kita pilih. Jika digunakan untuk keperluan personal. Debian Linux kurang cocok digunakan. Jenis Linux lainnya yang tersedia di pasaran adalah Ubuntu Linux. Jika diperhatikan dengan baik, Ubuntu Linux merupakan hasil pengembangan dari Debian Linux. Berbeda dengan Debian Linux yang hanya baik digunakan untuk kepentingan komputer server, Ubuntu dapat pula digunakan untuk kepentingan personal. Ubuntu juga telah mengalami perubahan atau perbaikan di berbagai sisi, mulai dari perbaikan keamanan dan perbaharuan sistem. Untuk versi terbaru Ubuntu, sistem operasi ini kini dapat digunakan pada perangkat android. Tak mengherankan jika Ubuntu menjadi sistem operasi Linux yang paling banyak dimanfaatkan. Tahun 2011, Ubuntu diresmikan dapat digunakan pada smarphone, smart TV dan tablet.

Jika Ubuntu menjadi hasil perkembangan dari Debian, Linux Mint dikenal sebagai cucu dari Ubuntu. Linux Mint digunakan untuk kepentingan pribadi dari terdiri dari 2 jenis, yakni Mate dan Cinnamon. Jika dibandingkan dengan Mate, Cinnamon menjadi jenis Linux Mint yang lebih modern. Namun demikian, Linux Cinnamon dirasa kurang stabil jika dibandingkan dengan Linux Mate. Fedora Linux menjadi jenis sistem operasi Linux lainnya. Linux ini merupakan sistem operasi berbasis yum dan RPM. Fedora 24 merupakan versi terbaru dari Fedora Linux yang memiliki banyak kelebihan. Kekurangan dari sistem operasi ini adalah update yang tidak teratur. Di negara-negara Eropa, Suse Linux menjadi sistem operasi yang paling banyak diminati oleh perusahaan agen bola. Karena membuat tampilan webiste judi bola online menjadi lebih bagus dan menarik, itu alasan utama mengapa Suse Linux banyak digunakan.

Berbagai Macam Linux untuk Sistem Operasi Komputer
Blog Linux Website

Berbagai Macam Linux untuk Sistem Operasi Komputer

Berbagai Macam Linux untuk Sistem Operasi Komputer – Bagi Anda yang ingin mengetahui mengenai sistem operasi, mempelajari macam atau jenis Linux menjadi hal yang penting untuk dipelajari. Sebagian besar pengguna komputer, Windows menjadi sistem operasi yang banyak digunakan. Selain Windows, Linux menjadi sistem operasi komputer yang dapat Anda gunakan dan manfaatkan. Nama Linux sendiri diberikan bagi kumpulan sistem operasi yang serupa dengan Unix.

Jika dipelajari dengan baik, Linux menjadi sistem operasi yang terbuka dan bebas digunakan oleh semua pihak. Berbeda dengan Windows yang berkembang dengan memanfaatkan satu vendor, Linux dapat didistribusikan dan digunakan tanpa halangan apapun. Berbicara mengenai Linux, Anda juga akan menemukan istilah distro Linux. Istilah tersebut merupakan istilah yang digunakan untuk menerangkan macam-macam sistem operasi Linux. Macam atau jenis-jenis Linux yang ada saat ini dapat Anda gunakan untuk mengoperasikan komputer. Karena ada banyak macam Linux yang dapat Anda gunakan, ada baiknya bagi Anda untuk mempelajarinya satu persatu.

Debian menjadi jenis Linux yang dapat digunakan pada sistem operasi komputer. Debian dibuat sebagai perangkat lunak yang bebas dan digunakan secara terbuka. Debian Linux merupakan salah satu jenis sistem operasi komputer yang populer. Fitur paling menonjol dari sistem operasi Debian adalah kualitas rilis yang berkualitas, jumlah paket yang beragam dan keberadaan sistem manajemen APT. Debian Linux dibuat dengan tampilan yang sederhana dan dapat dengan mudah digunakan oleh para pengguna Linux. Macam Linux lainnya yang dapat digunakan untuk sistem operasi komputer adalah Ubuntu. Ubuntu menjadi jenis Linux yang banyak dikenal oleh para pengguna komputer. Ubuntu sendiri menjadi jenis Linux yang berbasis Debian dan menjadi jenis perangkat lunak yang bebas. Di dalam pemasarannya, Ubuntu disediakan dalam tiga jenis edisi, yakni Ubuntu Server, Ubuntu Core dan Ubuntu Dekstop. Untuk cloud computing, Ubuntu menjadi sistem operasi komputer yang populer. Karena terdiri dari banyak paket, Linux Ubuntu menjadi sistem operasi utama bagi OpenStack.

Open Suse menjadi pilihan Linux lainnya yang dapat digunakan pada komputer. Open Suse sendiri merupakan sistem operasi komputer yang independen dan mendapatkan banyak dukungan dari komunitas Open Suse. Proyek atau komunitas Open Suse sendiri adalah untuk mengenalkan penggunaan Linux di berbagai dunia. Sistem operasi Open Suse sangat stabil ketika digunakan dan memberikan kemudahan penggunaan bagi para pengguna sistem operasi Open Suse. Fedora sendiri menjadi macam Linux lainnya yang dapat dioperasikan pada komputer. Menjadi jenis Linux yang berbasis yum dan RPM, Fedora memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Keamanan yang dimiliki oleh Fedora menjadi alasan bagi Anda yang ingin menemukan jenis Linux pada komputer yang Anda miliki. Itulah beberapa macam Linux yang dapat digunakan pada sistem operasi komputer.