Site icon

7 Game Terbaik Untuk Linux

7 Game Terbaik Untuk Linux, Saya menulis daftar game FPS terbaik untuk Linux beberapa tahun yang lalu. Pada saat itu, hanya ada beberapa game yang tersedia yang dapat bersaing dengan game Windows. Tapi game Linux telah berkembang jauh sejak saat itu.

Menurut art4linux.org Valve merilis Steam Play pada tahun 2018. Steam adalah platform game paling populer untuk komputer berbasis Windows. Counter-Strike, Dota 2, Team Fortress 2, Rocket League, dan semua game terbesar abad ini tersedia di Steam.

Steam Play memungkinkan Anda memainkan game khusus Windows di Linux yang tidak mungkin dipasang.

Bagaimana Steam Play bekerja ?

Steam Play memanfaatkan Proton, solusi perangkat lunak Valve yang memungkinkan gamer memainkan game khusus Windows di Linux . Ini menyelesaikan ini melalui penggunaan Wine dan berbagai alat lain di bagian belakang. Ketika Steam Play pertama kali dirilis pada tahun 2018, ada sejumlah game yang telah ditransfer ke Linux, tetapi daftar itu terus bertambah.

Game Terbaik Untuk Linux

Pada artikel ini, saya akan membahas 10 game teratas untuk Linux. Saat saya menguji game baru, daftarnya akan bertambah lebih jauh. Untuk memainkan salah satu game ini, cukup instal Steam, yang akan menginstal semua binari yang diperlukan untuk memainkan game khusus Windows di Linux.

Jika Anda mengalami masalah dengan game tertentu, buka protondb dan cari. Baca ulasan untuk menemukan solusinya. Game yang akan saya cantumkan di artikel ini mungkin memerlukan beberapa penyesuaian lebih lanjut sebelum Anda dapat memainkannya. Sebagian besar waktu, penyesuaian kecil diperlukan untuk memainkan game favorit Anda.

Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

Counter Strike: Global Offensive

Counter-Strike: Global Offensive, game paling populer sepanjang masa, juga dikenal sebagai CS: GO. Sumber Counter-Strike pertama kali tersedia 19 tahun yang lalu. Ini adalah game aksi 5v5 berbasis tim.

Pada 2012, Counter-Strike: Global Offensive diterbitkan di Steam. Ini benar-benar gratis untuk dimainkan. Jika Anda ingin memainkan game FPS, silakan dan lakukan. Sebagian besar distribusi Linux mendukung permainan dengan cukup baik.

Baca Juga : Pengertian Linux dan Ubuntu

Gim ini telah ditandai sebagai Emas oleh protondb, yang berarti Anda mungkin perlu mengubahnya sedikit sebelum dapat memainkannya. Meskipun demikian, saya menginstalnya di Ubuntu 20.04 dan berfungsi dengan sempurna tanpa modifikasi apa pun. Namun, untuk beberapa distro, mungkin ada beberapa bug yang dapat Anda perbaiki dengan membuka halaman protondb dan membaca ulasannya. Seseorang mungkin telah memperbaiki masalahnya.

Dota 2

Jika Anda pernah mendengar tentang Steam, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang Dota 2. Dota 2 adalah game steam paling populer. Game ini dirilis pada tahun 2013 dan menampilkan gameplay aksi berbasis strategi. Dota 2 diluncurkan di Linux hanya beberapa hari setelah rilis pertamanya. Akibatnya, ini dapat diakses secara native untuk Linux. Tidak perlu menambahkan beban ekstra ke PC Anda agar dapat bekerja di komputer Linux Anda.

Warframe

Warframe adalah game aksi orang ketiga online yang populer. Ini benar-benar gratis untuk dimainkan. Itu terus diperbarui dengan hal-hal baru dan menarik. Jika Anda menikmati game sci-fi, Anda akan menikmati yang satu ini. Warframe diatur dalam lingkungan sci-fi yang selalu berubah di mana Anda dapat mengalami segala sesuatu dari dunia ini dengan grafis yang menakjubkan.

Warframe tidak tersedia di Linux secara asli. Namun, ada alasan mengapa game ini dan judul dukungan Linux non-asli lainnya disertakan dalam daftar ini.

Di protondb, Warframe memiliki peringkat Emas. Peringkat emas menunjukkan bahwa itu dapat dimainkan di Linux dengan Steam Play setelah beberapa modifikasi.

Team Fortress 2

Game pertama yang saya mainkan di Steam adalah Team Fortress 2. Saya sudah melupakan banyak game, tetapi tidak yang ini. Ini memiliki salah satu peringkat tertinggi di Steam.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan Team Fortress 2, ini adalah game aksi gratis dengan berbagai karakter dan misi. Tangkap Bendera, Titik Kontrol, Muatan, Arena, Raja Bukit, dan banyak mode permainan lainnya tersedia.

TF2 tersedia di Linux secara asli. Jadi Anda cukup menginstal Steam tanpa dukungan Steam Play dan kemudian menginstal TF2 tanpa masalah.

GTA V

Dan siapa yang belum pernah mendengar tentang GTA, atau Grand Theft Auto? Gim dunia terbuka terbaik sepanjang masa, dan masih berkembang dengan seringnya pembaruan. GTA V tidak tersedia di luar kotak untuk Linux, namun, Proton dan Steam Play telah mem-porting game tersebut. Dibutuhkan beberapa penyesuaian untuk bermain dengan nyaman di Linux.

Among Us

Among Us adalah salah satu game Linux favorit saya. Game ini dirilis pada tahun 2018, dan dengan cepat mendapatkan popularitas, terutama selama periode penguncian Covid-19. Ini adalah game online multipemain di mana kru harus memilih penipu sebelum penipu membunuh mereka semua.

Among Us awalnya diluncurkan untuk iOS dan Android, namun segera di-porting ke Windows. Gim ini sekarang tersedia di hampir semua platform gim utama, termasuk Epic Games.

Game ini tersedia untuk pengguna Linux melalui Steam Play. Saya mengujinya sendiri di Ubuntu 20.04 dan bisa bermain tanpa masalah. ProtonDB menilai permainan sebagai Emas, yang berarti dapat dimainkan tetapi mungkin perlu beberapa penyesuaian.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Sistem Operasi Lubuntu

Rocket League

Rocket League adalah game Steam populer lainnya. Setelah Anda melihatnya, tidak sulit untuk memahami cara memainkan game ini. Dalam permainan, dua tim mobil bersaing untuk melemparkan bola raksasa ke gawang. Dinamika gim ini cukup mulus, dan Anda memiliki kendali penuh atas mobil.

Rocket League tersedia untuk pengguna Linux secara native di Steam. Saya belum mencobanya di Linux, tetapi saya mendengar dari teman bahwa ini adalah permainan yang bagus.

Kesimpulan

Ini hanya beberapa game yang saya sebutkan di artikel ini. Masih banyak lagi yang akan saya tambahkan dalam beberapa hari mendatang saat saya menjelajahi katalog Steam Play. Sejauh ini, game yang saya jelaskan berkisar dari yang dapat dimainkan hingga yang sangat baik di Linux. Lebih banyak game akan di-porting ke Linux seiring berjalannya waktu . Saya berharap setelah Epic Games membuka Layanan Online untuk pembuat game, kita akan melihat lebih banyak game dirilis untuk Linux.

Exit mobile version