Site icon

Apa Itu Arch Linux?

Apa Itu Arch Linux? – Arch Linux memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan setiap aspek dari sistem mereka. Tapi apa itu Arch Linux dan haruskah Anda menginstalnya di komputer Anda?

Apa Itu Arch Linux?

art4linux – Distro Linux dikenal karena kesederhanaan dan kemudahan penggunaannya, tetapi Arch Linux menantang gagasan ini dengan membiarkan pengguna memilih semuanya sambil menjaga fungsionalitas tetap utuh. Untuk pemula, kekuatan pilihan ini mungkin membuat Arch Linux menjadi lebih menakutkan, tetapi untuk pengguna Linux tingkat lanjut, ini sangat penting.

Melansir makeuseof, Arch Linux sangat populer di kalangan pengguna Linux karena beberapa alasan. Pada artikel ini, mari kita lihat Arch Linux dan siapa yang paling diuntungkan dari penggunaannya.

Baca juga : 7 Linux Tools Terbaik Untuk Seniman Digital

Apa itu ArchLinux?

Arch Linux adalah distro Linux sumber terbuka dan gratis yang memberi Anda kemampuan penyesuaian dan kontrol yang luar biasa atas mesin Anda. Sifat Arch yang ringan dan minimalis adalah alasan utama meningkatnya popularitasnya di komunitas teknologi.

Distro Linux centric x86-64 menganut prinsip KISS (tetap sederhana, bodoh). Seperti namanya, Arch percaya dalam membuat sistem operasi yang bersih yang menyerahkan setiap keputusan kepada pengguna. Anda tidak akan menemukan perubahan spesifik distribusi yang signifikan di Arch, membuat transisi mulus dari distro Linux lainnya.

Kelebihan Arch Linux

Berikut adalah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dengan Arch Linux:

1. Arch Sangat Dapat Disesuaikan

Arch dikenal sebagai sistem operasi DIY (Do It Yourself) karena Anda dapat menyesuaikan sendiri setiap detail yang rumit. OS menawarkan Anda kendali penuh atas fungsionalitasnya sejak saat memuat citra ISO hingga penyelesaian penginstalan.

Arch tidak hadir dengan lingkungan desktop asli atau pengelola jendelanya sendiri. Untuk memudahkan masalah dan menempatkan kontrol di tangan pengguna, Anda harus memutuskan segalanya, langsung dari lingkungan desktop hingga komponen yang Anda inginkan di mesin Anda.

Untuk alasan ini, pendekatan DIY adalah fitur yang berguna, yang membuat Arch sangat ringan dan mudah diakses, karena tidak disertai dengan bloatware yang sudah diinstal sebelumnya.

2. Arch Tercanggih

Pembaruan Arch adalah suguhan untuk setiap pengguna yang suka mencoba fitur baru segera setelah dirilis. Arch mengikuti model rilis bergulir yang membuat pembaruan sistem operasi Anda lebih mudah dari sebelumnya.

Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk memperbarui distro Anda ke versi terbaru:

Pembaruan mudah dipasang dan mencakup semua fitur terbaru yang disertakan dengan rilis terbaru.

3. Arch User Repository (AUR)

Arch User Repository adalah repositori berbasis komunitas untuk paket Linux yang dikembangkan oleh pengguna. Ini memegang perpustakaan besar paket instalasi yang terkait dengan Arch Linux.

Bagian yang paling terpuji adalah bahwa beberapa paket disertakan dalam AUR sebelum ditambahkan ke repositori resmi Arch. Ini memberi Anda akses ke dunia perangkat lunak yang sama sekali baru yang akan membutuhkan waktu untuk mengarahkan Anda ke distro Anda secara konvensional.

AUR berisi deskripsi paket PKGBUILDs, yang memungkinkan pengguna membuat paket langsung dari sumber menggunakan makepkg dan menginstalnya menggunakan pengelola paket.

4. Arch Wiki

Arch Wiki adalah dokumentasi untuk Arch Linux. Ini membantu Anda menemukan semua yang perlu Anda ketahui tentang distro dan masalah terkait. Arch Linux adalah salah satu distro Linux yang paling terdokumentasi dengan baik yang tersedia. Anda dapat menemukan informasi mengenai perubahan terbaru, berita Arch terbaru, statistik, permintaan, dan banyak lagi.

5. Fungsionalitas Pacman

Fungsionalitas Pacman sama uniknya dengan namanya. Manajer paket cukup fleksibel untuk mendukung instalasi paket dari repositori Arch dan binari yang dikompilasi dari sumber menggunakan makepkg.

Pacman menjadikan Arch sebagai jembatan antara distro yang memungkinkan Anda menginstal paket dari repositori mereka dan distro yang memungkinkan Anda mengkompilasi binari dari sumbernya. Dengan cara ini, Anda menikmati yang terbaik dari kedua dunia, tanpa harus berkompromi pada fleksibilitas atau kemudahan akses.

6. Tingkatkan Pemahaman Anda tentang Linux

Arch memberi Anda pengalaman Linux yang otentik. Anda dapat mempelajari hal-hal baru tentang Linux sambil melakukan tugas sehari-hari. Anda pasti harus mencoba mengonfigurasi jaringan secara manual menggunakan manajer jaringan, karena antarmuka adalah pelajaran Linux yang bagus.

Instalasinya secara keseluruhan sangat berbeda dengan distro lain. Anda tidak mendapatkan dukungan GUI selama instalasi; Anda hanya dapat berinteraksi dengan distro Anda melalui baris perintah. Pengalaman perangkat lunak secara keseluruhan jarang menampilkan GUI, yang hanya akan mendorong Anda untuk mengadopsi baris perintah Linux untuk menjalankan perintah harian Anda.

Tugas sederhana seperti manajemen tampilan, chroot, dan manajemen jaringan adalah beberapa cara hebat untuk meningkatkan pengetahuan Linux Anda. Jangan khawatir; jika Anda pernah terjebak menggunakan Arch, Arch Wiki akan segera menyelamatkan Anda.

Harap dicatat bahwa ada penginstal GUI yang tersedia untuk Arch, tetapi Anda tidak boleh mempertimbangkannya, terutama jika Anda ingin merasakan Linux dalam bentuk dasar yang sebenarnya.

Apakah Arch Cocok untuk Pemula?

Sebagai seorang pemula, Anda ingin mengenakan topi pelatihan Anda sampai Anda cukup percaya diri untuk menjelajah sendiri. Memulai dengan Arch sama dengan mengendarai banteng di rodeo sambil menjadi rodeo amatir.

Arch tidak membuat asumsi dan tidak menawarkan pilihan yang telah ditentukan pada saat instalasi. Ini adalah fitur luar biasa untuk pengguna Linux yang mahir, karena membuka seluruh rangkaian cakrawala baru untuk penyesuaian. Hal yang sama menjadi ancaman bagi seorang pemula, karena tugas-tugas sederhana seperti menginstal distro, menjadi sangat rumit.

Jika Anda masih ingin mencoba Arch sebagai pemula, pastikan Anda menginstalnya di dalam mesin virtual terlebih dahulu. Anda dapat menginstal Arch sebagai driver harian Anda, hanya jika Anda benar-benar yakin menggunakannya.

Anda juga dapat merasakan Arch menggunakan distro berbasis Arch yang lebih sederhana seperti Manjaro atau ArcoLinux. Manjaro terutama berfokus pada keramahan pengguna, yang menjadikannya lingkungan kerja yang sempurna untuk pemula. Muncul dengan berbagai perangkat lunak pra-instal untuk membantu pengguna dalam aktivitas sehari-hari mereka.

Siapa yang Harus Menggunakan Arch Linux?

Arch sangat teknis pada intinya, menjadikannya distro yang tepat bagi pengguna yang dapat menggunakannya sepenuhnya. Para ahli dan pengguna listrik paling diuntungkan dari Arch, mengingat sifatnya yang DIY.

Pengguna ahli dapat menyesuaikan Arch sesuai dengan kebutuhan mereka dan mendapatkan manfaat dari komunitas Arch yang aktif. Pacman dan AUR adalah fitur unik yang hanya Anda temukan di Arch dan distro Linux berbasis Arch lainnya.

Repositori BlackArch adalah salah satu repositori yang dapat Anda tambahkan ke Arch Linux. Muncul dengan sejumlah besar alat keamanan yang bagus untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan keamanan siber. Repositori ini terkenal di kalangan profesional keamanan siber, mengingat beragam alatnya yang ideal untuk penguji penetrasi dan peneliti keamanan.

Exit mobile version