Site icon

Berbagai Macam Linux untuk Sistem Operasi Komputer

Berbagai Macam Linux untuk Sistem Operasi Komputer

Berbagai Macam Linux untuk Sistem Operasi Komputer – Bagi Anda yang ingin mengetahui mengenai sistem operasi, mempelajari macam atau jenis Linux menjadi hal yang penting untuk dipelajari. Sebagian besar pengguna komputer, Windows menjadi sistem operasi yang banyak digunakan. Selain Windows, Linux menjadi sistem operasi komputer yang dapat Anda gunakan dan manfaatkan. Nama Linux sendiri diberikan bagi kumpulan sistem operasi yang serupa dengan Unix.

Jika dipelajari dengan baik, Linux menjadi sistem operasi yang terbuka dan bebas digunakan oleh semua pihak. Berbeda dengan Windows yang berkembang dengan memanfaatkan satu vendor, Linux dapat didistribusikan dan digunakan tanpa halangan apapun. Berbicara mengenai Linux, Anda juga akan menemukan istilah distro Linux. Istilah tersebut merupakan istilah yang digunakan untuk menerangkan macam-macam sistem operasi Linux. Macam atau jenis-jenis Linux yang ada saat ini dapat Anda gunakan untuk mengoperasikan komputer. Karena ada banyak macam Linux yang dapat Anda gunakan, ada baiknya bagi Anda untuk mempelajarinya satu persatu.

Debian menjadi jenis Linux yang dapat digunakan pada sistem operasi komputer. Debian dibuat sebagai perangkat lunak yang bebas dan digunakan secara terbuka. Debian Linux merupakan salah satu jenis sistem operasi komputer yang populer. Fitur paling menonjol dari sistem operasi Debian adalah kualitas rilis yang berkualitas, jumlah paket yang beragam dan keberadaan sistem manajemen APT. Debian Linux dibuat dengan tampilan yang sederhana dan dapat dengan mudah digunakan oleh para pengguna Linux. Macam Linux lainnya yang dapat digunakan untuk sistem operasi komputer adalah Ubuntu. Ubuntu menjadi jenis Linux yang banyak dikenal oleh para pengguna komputer. Ubuntu sendiri menjadi jenis Linux yang berbasis Debian dan menjadi jenis perangkat lunak yang bebas. Di dalam pemasarannya, Ubuntu disediakan dalam tiga jenis edisi, yakni Ubuntu Server, Ubuntu Core dan Ubuntu Dekstop. Untuk cloud computing, Ubuntu menjadi sistem operasi komputer yang populer. Karena terdiri dari banyak paket, Linux Ubuntu menjadi sistem operasi utama bagi OpenStack.

Open Suse menjadi pilihan Linux lainnya yang dapat digunakan pada komputer. Open Suse sendiri merupakan sistem operasi komputer yang independen dan mendapatkan banyak dukungan dari komunitas Open Suse. Proyek atau komunitas Open Suse sendiri adalah untuk mengenalkan penggunaan Linux di berbagai dunia. Sistem operasi Open Suse sangat stabil ketika digunakan dan memberikan kemudahan penggunaan bagi para pengguna sistem operasi Open Suse. Fedora sendiri menjadi macam Linux lainnya yang dapat dioperasikan pada komputer. Menjadi jenis Linux yang berbasis yum dan RPM, Fedora memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Keamanan yang dimiliki oleh Fedora menjadi alasan bagi Anda yang ingin menemukan jenis Linux pada komputer yang Anda miliki. Itulah beberapa macam Linux yang dapat digunakan pada sistem operasi komputer.

Exit mobile version