Site icon

Cara Mudah Beralih ke Linux dari Windows

Cara Mudah Beralih ke Linux dari Windows – Berpikir untuk beralih ke Linux? Meninggalkan Windows bisa jadi sulit, tetapi jika Anda melakukan persiapan dengan benar, pindah ke Linux bisa menjadi hal yang mudah.

Cara Mudah Beralih ke Linux dari Windows

 Baca Juga : 6 Peretasan Aneh untuk Linux di Windows

art4linux – Windows membutuhkan uang. Linux gratis. Setiap tahun, ribuan orang mempertimbangkan untuk beralih ke Linux, tetapi hanya sedikit yang membuat perubahan itu permanen. Ini bukan hanya karena aplikasi, game, dan sistem file yang berbeda.

Itu karena mereka tidak dipersiapkan dengan baik untuk berpindah sistem operasi. Pindah ke Linux tidak sulit, tetapi membutuhkan persiapan. Lakukan kesalahan, dan Anda akan menginstal ulang – dan memasang – Windows lagi. Tapi lakukan dengan benar, dan Anda tidak akan pernah melihat ke belakang.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang beralih dari Windows ke Linux tanpa perlu khawatir untuk kembali lagi.

Luangkan Waktu untuk Mempersiapkan

Sebelum Anda memulai peralihan Anda, pertimbangkan bagaimana Anda saat ini menggunakan komputer Anda dan harapan Anda ke depan. Apakah pengalaman komputasi Anda terbatas pada belanja online, email, dan jejaring sosial? Apakah Anda menggunakannya untuk tujuan kerja dan memerlukan perangkat lunak perkantoran?

Mungkin Anda memiliki persyaratan kreatif, seperti mengedit multimedia, atau lebih suka bermain game di komputer Anda.

Apapun masalahnya, sistem operasi Linux dapat menangani semua penggunaan ini. Perbedaannya adalah, Anda mungkin memerlukan beberapa perangkat lunak yang berbeda.

Namun, sebelum Anda mencapai tahap itu, ketahuilah bahwa komputer yang Anda rencanakan untuk menginstal Linux tidak akan menjadi lebih kuat daripada yang menjalankan Windows. Batasan perangkat keras akan selalu berlaku.

Temukan Sistem Operasi Linux yang Anda Suka

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi sistem operasi Linux yang dapat Anda gunakan dalam jangka panjang.

Banyak sistem operasi Linux yang tersedia, mungkin sekitar 500 dalam pengembangan aktif, dengan lebih banyak lagi yang telah pensiun atau memiliki siklus rilis yang lebih lambat.

Dengan pemikiran ini, penting untuk menyadari bahwa ada beberapa perbedaan antara OS Linux. Tiga distribusi utama (varian sistem operasi Linux, yang dikenal sebagai “distro”) – Red Hat, Slackware, dan Debian – masing-masing memiliki ratusan versi Linux, semuanya dengan lingkungan desktop yang berbeda, pengelola file, penginstal perangkat lunak, dan banyak lagi. Fleksibilitas ini melekat pada Linux, itulah sebabnya ia diandalkan untuk segala hal mulai dari menjalankan server web hingga program luar angkasa.

Tapi tidak perlu bingung dengan pilihannya. Beberapa distro sangat cocok untuk siapa saja yang beralih dari Windows ke Linux .

Instal OS Linux dan Habiskan Waktu Dengannya

Anda sekarang siap untuk mencoba Linux. Ini mungkin dilakukan dengan menginstal OS di komputer kedua, atau di mesin virtual.

Anda dapat menginstal Linux bersama Windows di komputer Anda sehingga Anda dapat memilih sistem operasi mana yang akan di-boot. Namun, meskipun bermanfaat, solusi ini penuh dengan frustrasi dan cenderung gagal ketika pembaruan Windows (atau Linux) diterapkan.

Idenya di sini adalah untuk menemukan OS Linux yang dapat Anda gunakan, memahaminya, dan siap menggunakannya ketika saatnya tiba.

Anda telah memilih sistem operasi Anda dan sudah terbiasa dengannya. Pekerjaan selanjutnya adalah menginstal perangkat lunak yang tepat.

Ini akan sepenuhnya bergantung pada bagaimana Anda berencana menggunakan Linux, seperti halnya dengan Windows, atau macOS. Perbedaannya adalah akan ada beberapa perangkat lunak yang tidak tersedia di Linux, jadi Anda harus mengidentifikasi alternatifnya.

Semua jenis perangkat lunak memiliki versi yang kompatibel dengan Linux, mulai dari produktivitas dan perangkat lunak perkantoran hingga browser dan klien email.

Jika Anda suka bermain game, sebagian besar judul di platform Steam dapat berjalan di Linux. Selanjutnya, beberapa dari mereka yang tidak akan berjalan secara default sedang ditambah sehingga mereka akan melakukannya.

Tapi jangan khawatir berlebihan. Seperti sistem operasi apa pun (misalnya, Chrome OS, itu sendiri berasal dari Linux), Anda dapat mengharapkan seluruh host perangkat lunak bawaan yang sudah diinstal sebelumnya. Banyak dari ini harus sempurna untuk apa yang Anda butuhkan, dan Anda dapat mengharapkan kompatibilitas yang baik dengan file yang sebelumnya Anda gunakan.

Minumlah Anggur

Jika Anda benar-benar membutuhkan perangkat lunak Windows untuk berjalan di Linux, maka Wine dan PlayOnLinux adalah solusi yang Anda butuhkan.

Menginstal Wine di Linux menambahkan kompatibilitas ke perangkat lunak Windows, memungkinkannya berjalan di Linux. Aplikasi yang Anda maksud mungkin berupa paket seni, video game, atau bahkan Microsoft Office.

Wine dan PlayOnLinux juga dapat digunakan untuk menjalankan game yang tidak ditujukan untuk Linux.

Gunakan Peramban yang Sama

Karena sebagian besar pekerjaan yang Anda lakukan mungkin bergantung pada browser web, hampir tidak ada perbedaan melakukan ini di Linux.

Google Chrome, Chromium alternatif open source, Mozilla Firefox, dan banyak browser web lainnya tersedia di sistem operasi Linux.

Jika Anda menjelajahi web dengan akun pengguna, ini akan menyinkronkan riwayat, bookmark, dan kata sandi Anda dari sistem operasi Windows ke OS Linux Anda.

Sinkronkan File dan Folder Anda ke Cloud

Salah satu masalah utama dengan mentransfer ke komputer atau perangkat baru adalah lokasi file Anda. Ini sama benarnya ketika mengubah ke sistem operasi baru.

Memindahkan file dan folder penting Anda dari Windows ke distribusi Linux pilihan Anda adalah penting untuk transisi yang mulus. Tapi apa cara terbaik untuk melakukan ini?

Jika Anda lebih suka solusi langsung, drive hard disk USB akan memudahkan penyalinan data Anda. Seharusnya mudah untuk menghubungkannya ke komputer Linux Anda dan menyalin file darinya. Ini berguna jika Anda berencana untuk menghapus instalasi Windows dan menggantinya dengan Linux, daripada pindah ke komputer baru.

Solusi terbaik, bagaimanapun, adalah dengan menggunakan solusi penyimpanan cloud. Agar ini berfungsi, Anda memerlukan layanan penyimpanan cloud yang menawarkan aplikasi klien untuk Linux dan Windows. Contoh layanan penyimpanan cloud untuk kedua sistem operasi meliputi:

Sementara itu, Microsoft OneDrive dan Google Drive dapat diakses di Linux menggunakan klien pihak ketiga. Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan layanan sinkronisasi cloud di komputer Windows Anda, menyinkronkan data yang perlu Anda simpan, lalu menginstal perangkat lunak klien Linux untuk layanan tersebut.

Dengan sinkronisasi cloud yang berhasil diselesaikan, file Anda akan siap digunakan di Linux.

Tidak menggunakan perangkat lunak cloud? Inilah yang perlu Anda ketahui tentang mentransfer file antara Windows dan Linux .

Gunakan Linux Seperti PC Lama Anda

“Apa yang orang ini tahu?” Yah, saya telah menggunakan Linux untuk 95% pekerjaan saya selama tiga bulan terakhir, setelah transfer sukses dari Windows.

Sebelum itu, rasionya sekitar 50:50, jadi wajar untuk mengatakan semuanya berjalan dengan baik. Saya telah menggunakan metode di atas untuk beralih ke Linux dan selain dari masalah sinkronisasi cloud yang aneh, semuanya berjalan dengan baik.

Produktivitas saya tidak terganggu sama sekali. Bahkan apa pun, itu telah membaik.

Siap untuk beralih ke Linux? Pastikan untuk memilih sistem operasi Linux yang tepat.

Exit mobile version