Site icon

FreeBSD Salah Satu Dari Jenis Linux Yang Diturunkan Oleh Berkeley Software Distribution

FreeBSD Salah Satu Dari Jenis Linux Yang Diturunkan Oleh Berkeley Software Distribution – FreeBSD ini itu merupakan salah satu dari jenis sistem operasi yang sangat mirip dengan Unix open source gratis yang berasal dari Berkeley Software Distribution (BSD), yang didasarkan pada Research Unix.

FreeBSD Salah Satu Dari Jenis Linux Yang Diturunkan Oleh Berkeley Software Distribution

art4linux – Versi pertama FreeBSD dirilis pada tahun 1993. Pada tahun 2005, FreeBSD adalah sistem operasi BSD open source paling populer, terhitung lebih dari tiga perempat dari semua sistem BSD yang terinstal dan berlisensi bebas.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Kali Linux

FreeBSD memiliki kesamaan dengan Linux , dengan dua perbedaan utama dalam ruang lingkup dan lisensi: FreeBSD memelihara sistem yang lengkap, yaitu proyek memberikan kernel , driver perangkat , utilitas userland , dan dokumentasi , sebagai lawan Linux hanya memberikan kernel dan driver, dan mengandalkansebagian dari pada pihak ketiga untuk perangkat lunak sistem; dan kode sumber FreeBSD umumnya dirilis di bawah lisensi BSD permisif , sebagai lawan dari copyleft GPL yang digunakan oleh Linux.

Proyek FreeBSD mencakup tim keamanan yang mengawasi semua perangkat lunak yang dikirimkan dalam distribusi dasar. Sebagian besar basis kode FreeBSD telah menjadi bagian integral dari sistem operasi lain seperti Darwin (dasar untuk macOS , iOS , iPadOS , watchOS , dan tvOS ), TrueNAS (sistem operasi NAS / SAN open-source ), dan perangkat lunak sistem untuk konsol game PlayStation 3 dan PlayStation 4.

Sejarah

Latar Belakang

Pada tahun 1974, Profesor Bob Fabry dari University of California, Berkeley memperoleh lisensi sumber Unix dari AT & T. Didanai oleh DARPA, Computer Systems Research Group telah mulai melakukan perubahan dan penyempurnaan pada AT&T Research Unix. Proyek BSD didirikan oleh Bill Joy pada tahun 1976. Namun, BSD berisi kode AT&T Unix, sehingga semua penerima harus terlebih dahulu mendapatkan lisensi dari AT&T untuk menggunakan BSD.

Pada bulan Juni 1989, “Networking Release 1” atau hanya Net1 (versi publik pertama dari BSD) dirilis. Setelah Net1, pengembang BSD Keith Bostic menyarankan untuk mengganti semua kode AT&T dengan kode yang dapat didistribusikan secara bebas di bawah lisensi BSD asli. Pekerjaan untuk mengubah kode AT&T dimulai, dan 18 bulan kemudian sebagian besar kode AT&T diganti. Namun, enam file yang berisi kode AT&T tetap berada di kernel.

Kelahiran FreeBSD

Pada tahun 1992, beberapa bulan setelah rilis Net2, William dan Lynne Jolitz menciptakan alternatif untuk enam file AT & T, mem-porting BSD ke mikroprosesor berbasis Intel 80386, dan menamai sistem operasi baru 386BSD. Saya melakukannya. Mereka merilis 386BSD melalui server FTP anonim. Setelah aliran pengembangan 386BSD lambat dan diabaikan selama beberapa waktu, sekelompok pengguna 386BSD memutuskan untuk membuat cabang mereka sendiri untuk menjaga sistem operasi tetap mutakhir. Pada 19 Juni 1993, nama FreeBSD dipilih untuk proyek tersebut. Gunakan kasus. FreeBSD adalah kumpulan penting perangkat lunak terkait server pada sistem yang mendasarinya dan mengonfigurasi FreeBSD untuk digunakan sebagai server email, server web, firewall, server FTP, server DNS, router, di antara aplikasi lainnya. Berisi kumpulan port yang harus dilakukan.

FreeBSD dapat diinstal pada desktop biasa atau laptop. Sistem X Window tidak diinstal secara default, tetapi tersedia dalam koleksi port FreeBSD . Wayland (protokol server tampilan) juga tersedia untuk FreeBSD (didukung secara tidak resmi). Sejumlah lingkungan desktop seperti GNOME , KDE , dan Xfce , serta pengelola jendela ringan seperti Openbox , Fluxbox , dwm , dan bspwm, juga tersedia untuk FreeBSD. Pada FreeBSD 12, dukungan untuk tumpukan grafis modern tersedia melalui drm-kmod. Sejumlah besar adaptor nirkabel didukung.

FreeBSD merilis gambar instalasi untuk platform yang didukung. Sejak FreeBSD 13 fokusnya adalah pada platform x86-64 dan aarch64 yang memiliki dukungan Tier 1. x86-32 adalah platform Tingkat 1 di FreeBSD 12 tetapi merupakan platform Tingkat 2 di FreeBSD 13. Prosesor ARM 32 bit yang menggunakan armv6 atau armv7 juga memiliki dukungan Tingkat 2. Versi 64 bit PowerPC dan RISC-V juga didukung. Minat pada arsitektur RISC-V telah berkembang. Port arsitektur MIPS telah ditandai untuk dihentikan dan tidak ada gambar untuk versi yang saat ini didukung. FreeBSD 12 mendukung SPARCtetapi tidak ada gambar untuk FreeBSD 13.

Jaringan

Tumpukan TCP/IP FreeBSD didasarkan pada implementasi TCP/IP 4.2BSD yang berkontribusi besar pada adopsi protokol ini secara luas. FreeBSD juga mendukung IPv6 , SCTP , IPSec , dan jaringan nirkabel ( Wi-Fi ). Tumpukan IPv6 dan IPSec diambil dari proyek KAME . Sebelum versi 11.0, FreeBSD mendukung protokol IPX dan AppleTalk , tetapi protokol tersebut dianggap sudah tua dan sekarang telah dihapus. Pada FreeBSD 5.4, dukungan untuk Common Address Redundancy Protocol (CARP) diimpor dari proyek OpenBSD . CARP memungkinkan beberapa node untuk berbagi satu set alamat IP, jadi jika salah satu node turun, node lain masih dapat melayani permintaan.

Penyimpanan

FreeBSD memiliki beberapa fitur unik terkait penyimpanan. Pembaruan lunak dapat melindungi konsistensi sistem file UFS (banyak digunakan pada BSD) jika terjadi kerusakan sistem. Snapshot sistem file memungkinkan gambar sistem file UFS secara instan dibuat secara efisien. Snapshot memungkinkan pencadangan yang andal dari sistem file langsung. GEOM adalah kerangka kerja modular yang menyediakan RAID (level 0, 1, 3 saat ini), enkripsi disk penuh , penjurnalan , penggabungan, caching, dan akses ke penyimpanan yang didukung jaringan. GEOM memungkinkan pembangunan solusi penyimpanan kompleks yang menggabungkan (“rantai”) mekanisme ini. FreeBSD menyediakan dua kerangka kerja untuk enkripsi data: GBDE dan Geli . Baik GBDE dan Geli beroperasi pada level disk. GBDE ditulis oleh Poul-Henning Kamp dan didistribusikan di bawah lisensi BSD dua klausa. Geli adalah alternatif GBDE yang ditulis oleh Pawel Jakub Dawidek dan pertama kali muncul di FreeBSD 6.0.

Dari 7.0 dan seterusnya, FreeBSD mendukung sistem file ZFS . ZFS sebelumnya merupakan sistem file open-source yang pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystems , tetapi ketika Oracle mengakuisisi Sun, ZFS menjadi produk berpemilik. Namun, proyek FreeBSD masih mengembangkan dan meningkatkan implementasi ZFS melalui proyek OpenZFSVersi pertama FreeBSD dirilis pada November 1993.

Pada hari-hari awal proyek dimulai, sebuah perusahaan bernama Walnut Creek CDROM , atas saran dari dua pengembang FreeBSD, setuju untuk merilis sistem operasi dalam CD-ROM . Selain itu, perusahaan mempekerjakan Jordan Hubbard dan David Greenman, menjalankan FreeBSD di servernya, mensponsori konferensi FreeBSD dan menerbitkan buku-buku terkait FreeBSD, termasuk The Complete FreeBSD oleh Greg Lehey . Pada tahun 1997, FreeBSD adalah “produk paling sukses” Walnut Creek. Perusahaan kemudian berganti nama menjadi The FreeBSD Mall dan kemudian iXsystems.

Saat ini, FreeBSD digunakan oleh banyak perusahaan IT seperti IBM , Nokia , Juniper Networks , dan NetApp untuk membangun produk mereka. Bagian tertentu dari sistem operasi Mac OS X Apple didasarkan pada FreeBSD. Sistem operasi PlayStation 3 dan Nintendo Switch juga meminjam komponen tertentu dari FreeBSD, sedangkan sistem operasi PlayStation 4 berasal dari FreeBSD 9. Netflix , WhatsApp , dan FlightAware juga merupakan contoh perusahaan besar, sukses, dan sangat berorientasi jaringan yang menjalankan FreeBSD.

Gugatan

386BSD dan FreeBSD keduanya berasal dari rilis BSD. Pada Januari 1992, Berkeley Software Design Inc. (BSDi) mulai merilis BSD/386 , yang kemudian disebut BSD/OS, sebuah sistem operasi yang mirip dengan FreeBSD dan berbasis 4.3BSD Net/2. AT&T mengajukan gugatan terhadap BSDi dan dugaan distribusi kode sumber AT&T melanggar perjanjian lisensi. Gugatan itu diselesaikan di luar pengadilan dan persyaratan pastinya tidak diungkapkan semuanya. Satu-satunya yang menjadi publik adalah bahwa BSDi akan memigrasikan basis sumber mereka ke sumber 4.4BSD-Lite2 yang lebih baru. Meskipun tidak terlibat dalam litigasi, FreeBSD disarankan untuk pindah ke 4.4BSD-Lite2. FreeBSD 2.0, yang dirilis pada November 1994, adalah versi pertama dari FreeBSD tanpa kode apapun dari AT&T.

Exit mobile version