Site icon

Mengenal Ragam Jenis Linux

Mengenal Ragam Jenis Linux – Siapa yang tidak mengenal Linux? Sistem operasi yang bermaskotkan hewan pinguin ini menjadi sistem operasi pilihan para pengguna komputer. Dengan kode sumber Linux yang dapat diubah dan didistribusikan oleh para pengguna, Linux dapat dengan mudah digunakan. Tidak hanya itu, Linux juga aman dari serangan virus kerena pengguna Linux dapat melakukan pemusnahan virus hanya melalui tombol delete saja. Menjadi sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna komputer ini, sudah menjadi keseharusan bagi pengguna untuk mengetahui jenis-jenis dari sistem operasi Linux. Pada saat kita membahas mengenai Linux, ada banyak jenis Linux yang dapat kita gunakan dan manfaatkan. Red Hat Linux menjadi salah satu jenis Linux yang proses penginstalannya dapat dengan mudah dilakukan. Red Hat Linux dikenal sebagai jenis Linux yang paling tua dan menawarkan kemudahan-kemudahan ketika menggunakannya.

Debian Linux menjadi jenis Linux lainnya yang dapat kita manfaatkan. Dikenalkan sejak tahun 1999 lalu, Debian Linux selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Hingga kini, Debian Linux telah memasuki versi yang kedelapan. Jika kita ingin menemukan sistem operasi server, Debian Linux menjadi sistem operasi Linux yang paling tepat untuk kita pilih. Jika digunakan untuk keperluan personal. Debian Linux kurang cocok digunakan. Jenis Linux lainnya yang tersedia di pasaran adalah Ubuntu Linux. Jika diperhatikan dengan baik, Ubuntu Linux merupakan hasil pengembangan dari Debian Linux. Berbeda dengan Debian Linux yang hanya baik digunakan untuk kepentingan komputer server, Ubuntu dapat pula digunakan untuk kepentingan personal. Ubuntu juga telah mengalami perubahan atau perbaikan di berbagai sisi, mulai dari perbaikan keamanan dan perbaharuan sistem. Untuk versi terbaru Ubuntu, sistem operasi ini kini dapat digunakan pada perangkat android. Tak mengherankan jika Ubuntu menjadi sistem operasi Linux yang paling banyak dimanfaatkan. Tahun 2011, Ubuntu diresmikan dapat digunakan pada smarphone, smart TV dan tablet.

Jika Ubuntu menjadi hasil perkembangan dari Debian, Linux Mint dikenal sebagai cucu dari Ubuntu. Linux Mint digunakan untuk kepentingan pribadi dari terdiri dari 2 jenis, yakni Mate dan Cinnamon. Jika dibandingkan dengan Mate, Cinnamon menjadi jenis Linux Mint yang lebih modern. Namun demikian, Linux Cinnamon dirasa kurang stabil jika dibandingkan dengan Linux Mate. Fedora Linux menjadi jenis sistem operasi Linux lainnya. Linux ini merupakan sistem operasi berbasis yum dan RPM. Fedora 24 merupakan versi terbaru dari Fedora Linux yang memiliki banyak kelebihan. Kekurangan dari sistem operasi ini adalah update yang tidak teratur. Di negara-negara Eropa, Suse Linux menjadi sistem operasi yang paling banyak diminati oleh perusahaan agen bola. Karena membuat tampilan webiste judi bola online menjadi lebih bagus dan menarik, itu alasan utama mengapa Suse Linux banyak digunakan.

Exit mobile version