Site icon

Mengulas Lebih Jauh Tentang CrunchBang Linux

Mengulas Lebih Jauh Tentang CrunchBang Linux – CrunchBang Linux (disingkat #! ) adalah distro Linux yang diturunkan dari Debian oleh Philip Newborough (yang lebih dikenal dengan username nya , corenominal). CrunchBang dirancang untuk menggunakan sumber daya sistem yang relatif sedikit. Alih-alih lingkungan desktop, ia menggunakan implementasi yang disesuaikan dari pengelola jendela Openbox . Banyak dari aplikasi prainstalnya menggunakan toolkit widget GTK+ .

Mengulas Lebih Jauh Tentang CrunchBang Linux

art4linux – CrunchBang memiliki repositori perangkat lunaknya sendiri tetapi mengambil sebagian besar paket dari repositori Debian. Philip Newborough mengumumkan pada 6 Februari 2015 bahwa ia telah berhenti mengembangkan CrunchBang dan bahwa pengguna akan mendapat manfaat dari penggunaan vanilla Debian. Beberapa distribusi Linux telah muncul di tempatnya dalam upaya untuk melanjutkan lingkungannya. Di antara yang paling signifikan adalah BunsenLabs dan CrunchBang++.

Baca Juga : Linux Menawarkan Pandangan yang Berbeda pada Komputasi Desktop daripada Windows dan macOS

Edisi

CrunchBang Linux menyediakan versi Openbox untuk arsitektur i686 , i486 dan amd64 . Hingga Oktober 2010 juga ada versi “Lite” dengan lebih sedikit aplikasi yang diinstal. Versi “Lite” secara efektif dihentikan setelah distribusi yang menjadi basisnya – Ubuntu 9.04 – mencapai akhir masa pakainya dan CrunchBang bersiap untuk beralih ke sistem dasar yang berbeda. CrunchBang 10, tersedia pada Februari 2011, adalah versi pertama berdasarkan Debian. Versi final, CrunchBang 11, tersedia pada 6 Mei 2013. Setiap rilis CrunchBang Linux diberi nomor versi serta nama kode , menggunakan nama karakter Pertunjukan Muppet . Huruf pertama dari nama kode adalah huruf pertama rilis Debian upstream (sebelumnya Debian Squeeze dan CrunchBang Statler dan saat ini Debian Wheezy dan CrunchBang Waldorf ).

Penerimaan

Pada Mei 2013 Jim Lynch dari desktoplinuxreviews.com mengulas CrunchBang 11: Terus terang, ini adalah salah satu distro paling fungsional dan efisien yang tersedia saat ini. Anda dapat menjalankannya di atas perangkat keras lini, atau Anda dapat menjalankannya pada mesin yang lebih lama dan lebih lambat. Ini adalah pilihan yang sempurna bagi siapa saja yang lebih menyukai fungsionalitas daripada bentuk. Saat ini tampaknya banyak distro dan sistem operasi lain menambahkan banyak kemewahan dan kilau ke antarmuka desktop. CrunchBang 11 melakukan kebalikannya. Terus terang, ini adalah angin segar dan saya menikmatinya. Itu cepat, stabil dan melakukan apa yang saya inginkan. Itu tidak pernah membuat saya terjebak dalam omong kosong desktop yang tidak berguna.

Penerus

Newborough mengumumkan pada Februari 2015 bahwa ia meninggalkan pengembangan lebih lanjut dari CrunchBang Linux, merasa bahwa itu tidak lagi berguna. Tidak semua pengguna setuju, dan sejumlah melanjutkan untuk mengembangkan distribusi penerus BunsenLabs , CrunchBang++ (#!++) dan CrunchBang-Monara.

BunsenLabs

BunsenLabs Linux adalah penerus Crunchbang yang diorganisir oleh komunitas. Hal ini didasarkan pada rilis stabil Debian 10 (Buster). Antara 17 dan 30 September 2015, domain CrunchBang mulai dialihkan ke BunsenLabs. BunsenLabs adalah salah satu dari sedikit distro live modern berbasis Debian yang masih menawarkan edisi CD yang mendukung sistem 32-bit, dengan Sistem X Window dan Firefox versi modern, membuat distro ini berguna untuk dijalankan di komputer lama dengan hanya sekitar 1 GB RAM. Versi terbaru, berdasarkan Debian 10, dirilis pada 2 Agustus 2020.

CrunchBang++

CrunchBang PlusPlus (#!++) dikembangkan sebagai tanggapan atas pengumuman Newborough tentang akhir CrunchBang. Saat ini didasarkan pada distribusi Debian Buster (rilis 10.1). [19] Rilis 1.0 diumumkan pada 29 April 2015. Sebuah versi berdasarkan Debian 10.0 dirilis pada 8 Juli 2019. Versi terbaru berdasarkan Debian 11.0 dirilis pada 16 Agustus 2021.

CrunchBang-Monara

CrunchBang-Monara adalah penerus CrunchBang lainnya. Ini didasarkan pada rilis stabil Debian 8.

Exit mobile version