Site icon

Mengulas Lebih Jauh Tentang Solus

Mengulas Lebih Jauh Tentang Solus – Solus (sebelumnya dikenal sebagai Evolve OS ) adalah sistem operasi yang dikembangkan secara independen untuk arsitektur x86-64 berdasarkan kernel Linux dan pilihan lingkungan desktop Budgie , GNOME , MATE atau KDE Plasma sebagai lingkungan desktop.

Mengulas Lebih Jauh Tentang Solus

art4linux – Manajer paketnya, eopkg, didasarkan pada sistem manajemen paket PiSi dari Pardus Linux, dan memiliki model rilis semi- rolling , dengan pembaruan paket baru yang mendarat di repositori stabilsetiap Jumat. Pengembang Solus telah menyatakan bahwa Solus dimaksudkan secara eksklusif untuk digunakan pada komputer pribadi dan tidak akan menyertakan perangkat lunak yang hanya berguna di lingkungan perusahaan atau server.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Red Hat Enterprise Linux

Sejarah

Pada tanggal 20 September 2015, Ikey Doherty mengumumkan bahwa “Solus 1.0 akan diberi nama sandi Shannon, setelah Sungai Shannon di Irlandia”, yang menunjukkan bahwa “nama kode untuk rilis akan melanjutkan tema ini, menggunakan sungai Irlandia.” Pada Juli 2016, Solus mengumumkan niat untuk membuang konsep rilis titik tetap dan merangkul model rilis bergulir .

Pada Januari 2017, Doherty mengumumkan bahwa Solus akan mengadopsi Flatpak untuk memasang kembali aplikasi pihak ketiga. Pada bulan Agustus, Doherty mengumumkan bahwa Solus juga akan mengadopsi “Snaps” (di sebelah Flatpak). Pada 13 Juni di tahun yang sama, diumumkan bahwa tim pengembang telah diperluas dengan Stefan Ric, dan Ikey Doherty – yang sebelumnya bekerja untuk Intel di Clear Linux OS – mulai bekerja penuh waktu di Solus.

Pada 2 November 2018, situs web teknologi Phoronix menerbitkan surat terbuka dari pendiri asli Ikey Doherty yang mengonfirmasi bahwa ia mundur dari proyek, menyerahkan “setiap dan semua hak intelektual, penamaan, dan merek yang berkaitan dengan kepemilikan Solus” kepada tim pengembangan ” dengan efek langsung dan permanen, mengakui mereka sebagai pemilik resmi dan kepemimpinan proyek.” Pada 1 Januari 2022, pemimpin pengalaman Josh Strobl mengumumkan pengunduran dirinya dari Solus, setelah 6 tahun terlibat dengan proyek tersebut.

Rilis dan penerimaan

Pelepasan poin

Solus 1.0 “Shannon” dirilis 27 Desember 2015. Jessie Smith mengulas rilis tersebut sebagai bagian dari cerita fitur di DistroWatch Weekly, kolom opini mingguan dan ringkasan peristiwa dari dunia distribusi. Sementara ia “mengalami sejumlah gangguan kecil” seperti “Solus panik dan menutup sendiri”, ia menyimpulkan bahwa “Solus 1.0 merupakan awal yang layak”. Solus 1.1 dirilis 2 Februari 2016. Blogger HecticGeek, Gayan, menggambarkan Solus 1.1 sebagai “sistem operasi yang dioptimalkan dengan baik”, memuji waktu boot dan shutdown yang jauh lebih cepat daripada Ubuntu 15.10. Karena beberapa masalah kegunaan yang dihadapi, ia merekomendasikan untuk menunggu satu tahun lagi sebelum mencobanya lagi.

Solus 1.2 dirilis pada 20 Juni 2016. Michael Huff mendeskripsikan Solus dalam ulasannya ‘Finding Solace in Solus Linux’ sebagai proyek unik dan orisinal untuk “mereka yang enggan menjelajahi galaksi Linux “. Solus 1.2.0.5 dirilis pada 7 September 2016. Michael Huff, seorang programmer dan analis data, menulis dalam ulasan keduanya tentang Solus in Freedom Penguin bahwa “kami akhirnya memiliki kekuatan dan kemudahan penggunaan Mac dalam distribusi Linux” dan “bahwa satu-satunya orang yang perlu menggunakan Solus adalah mereka yang menghargai kebahagiaan mereka dalam komputasi”, memuji sistem operasi sebagai hanya satu dari sedikit proyek independen yang dijamin “pengikut kultus yang ketat dengan potensi daya tarik massal .” Solus 1.2.1 dirilis pada 19 Oktober 2016. Ini adalah rilis titik tetap terakhir dari Solus dan semua rilis mendatang akan didasarkan pada model snapshot (OS sekarang mengikuti model rilis bergulir).

Rilis bergulir

Solus dianggap sebagai rilis bergulir yang dikuratori. Ini adalah rilis bergulir dalam arti bahwa setelah diinstal, pengguna akhir dijamin untuk terus menerima pembaruan keamanan dan perangkat lunak untuk instalasi Solus mereka. Pembaruan tersedia setiap hari Jumat.

Solus 2017.01.01.0, snapshot mengikuti model rilis bergulir yang baru-baru ini diadopsi , dirilis pada 1 Januari 2017.

Solus 2017.04.18.0, dirilis pada 18 April 2017.

Solus 3 dirilis pada 15 Agustus 2017.

Solus 3.9999 (Solus 3 ISO Refresh) dirilis pada 20 September 2018.

Solus 4.0 “Fortitude” dirilis pada 17 Maret 2019. Mengumumkan rilis tersebut, Solus Experience Lead, Joshua Strobl menyatakan bahwa Solus 4.0 menghadirkan “pengalaman Budgie yang benar-benar baru, kumpulan aplikasi dan tema default yang diperbarui, dan pengaktifan perangkat keras”.

Solus 4.1 dirilis pada 25 Januari 2020.

Solus 4.2 dirilis pada 3 Februari 2021.

Solus 4.3 dirilis pada 11 Juli 2021.

Popularitas

Pada Juli 2021, situs web DistroWatch , yang mencatat frekuensi klik halaman di situsnya sendiri, menempatkan Solus di peringkat 13 dalam peringkat halaman hit 6 bulan, 6 di antara distribusi rilis bergulir paling populer. dan mencapai skor ulasan rata-rata yang disediakan pembaca sebesar 8,42 dari 10.

Exit mobile version