Site icon

Simak Kekurangan dan Kelebihan Sistem Operasi Linux Untuk Komputer dan Laptop Anda

Simak Kekurangan dan Kelebihan Sistem Operasi Linux Untuk Komputer dan Laptop Anda – Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Windows mungkin memang salah satu sistem operasi yang sudah populer jika dibandingkan dengan yang lainnya. Namun, meskipun memang belum terlalu familiar oleh masyarakat, Linux sebenarnya juga mempunyai banyak kelebihan dan tidak kalah dengan sistem operasi komputer lain lho!

Salah satu bukti yang paling banyak dijumpai ketika orang-orang menggunakan sistem operasi Linux ini tidak lain adalah adanya kemudahan tersendiri bagi para penggunanya untuk mengembangkannya lebih jauh lagi. Bahkan, tidak hanya dijalankan pada desktop atau komputer saja. Melainkan dapat digunakan untuk berbagai perangkat tambahan seperti halnya smartphone, server, dan juga TV.

Meskipun begitu, sistem operasi Linux ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini mengenai kekurangan dan juga kelebihan sistem operasi linux pada komputer maupun laptop Anda ya !

Kelebihan Menggunakan Sistem Operasi Linux

1. Tidak berbayar

Kelebihan utama ketika yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem operasi Linux ini tak lain adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk dapat menjalankannya. Dengan begitu Anda pun dapat menggunakan sistem operasi Linux ini untuk berbagai macam kebutuhan. Baik itu untuk kepentingan pribadi maupun dalam hal bisnis. Tidak hanya itu, sistem operasi Linux ini tidak hanya dijalankan pada desktop saja. Melainkan Anda juga dapat menggunakannya sebagai server lho!

2. Privasi tersimpan rapat

Tidak seperti Windows, sistem operasi Linux ini tidak akan mengumpulkan data-data para penggunanya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi karena privasi Anda tentunya lebih terjaga. Bahkan, pada sistem operasi Linux ini Anda tidak perlu mengaktifkan pengaturan tambahan juga.

3. Lebih aman

Keuntungan yang satu ini pastinya sudah sering Anda dengar bukan? Sudah bukan rahasia umum lagi jika kemanan sistem operasi linux ini lebih terjaga jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan, sistem operasi linux ini mampu menangkal serangan virus maupun malware.

Kekurangan Sistem Operasi Linux

1. Sedikitnya aplikasi yang dimilikinya

Meskipun Anda bisa melakukan berbagai tugas menggunakan aplikasi yang terinstal di sistem operasi Linux, tapi sayangnya variasi yang dimilikinya masih terbatas dan belum sebanyak OS lainnya. Sebut saja perangkat lunak untuk mengolah gambar bitmap dan juga vector seperti halnya Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, hingga Corel Draw.

2. Terkendala oleh support hardware

Sistem operasi linux ini memang menjamin keamanan dan privasi para penggunanya. Tapi jangan salah, ternyata sistem operasi linux ini belum begitu banyak mendapat dukungan dari beberapa hardware. Akibat belum begitu banyak vendor atau pengembang yang mendukung driver untuk sistem operasi Linux ini maka komputer maupun laptop milik Anda pun tidak akan terdeteksi secara otomatis. Dengan kata lain, perangkat keras atau hardware pada komputer atau laptop Anda tidak akan bekerja secara maksimal atau bahkan mungkin saja tidak bisa digunakan sama sekali tanpa dukungan driver pada sistem operasi Linux.

3. Tidak terlalu cocok untuk para gamers

Bagi para pecinta game, sistem operasi Linux ini memang jarang digunakan oleh banyak orang karena tidak terlalu support kebutuhan gaming. Sebab, banyak sekali game developer yang belum antusias membuat game di sistem operasi Linux. Sehingga jumlah game yang ada di sistem operasi Linux pun menjadi terbatas dan bahkan kualitasnya tidak sama dengan OS lainnya.

Exit mobile version