Site icon

Sistem Operasi Linux yang Paling Banyak Diminati oleh Pengguna Komputer

Sistem Operasi Linux yang Paling Banyak Diminati oleh Pengguna Komputer

Sistem Operasi Linux yang Paling Banyak Diminati oleh Pengguna Komputer – Linux merupakan sistem operasi komputer yang dikenal fleksibel dan aman digunakan. Tidak hanya itu, Linux menjadi sistem operasi yang banyak mendapatkan dukungan dari perusahaan-perusahaan komputer terkenal dunia. Dell, IBM, Sun Microsystems, Novell, Intell dan Oracle Corporation menjadi deretan nama perusahaan besar dan terkenal yang memberikan dukungan bagi sistem operasi Linux. Dengan dukungan perusahaan besar tersebut, Linux dapat digunakan pada semua jenis perangkat keras komputer.

Menjadi sistem operasi yang fleksibel dan mudah digunakan, pengembang Linux menciptakan ragam jenis Linux yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Ubuntu menjadi salah satu jenis Linux yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna komputer. Alasan utama mengapa banyak yang tertarik yang menggunakan sistem operasi ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh Ubuntu. Sistem operasi Ubuntu dapat digunakan pada komputer pribadi dan komputer server serta diperbaharui secara teratur setiap tahunnya.

Tidak hanya Ubuntu, Suse Linux menjadi jenis Linux lainnya yang paling banyak diminati oleh pengguna komputer. Hampir sebagian besar negara-negara di Eropa menggunakan Suse Linux sebagai sistem operasi pada komputer mereka. Kemudahan penggunaan dan tampilan desain yang segar menjadi alasan mengapa banyak pengguna Linux yang tertarik menggunakan Suse Linux. Tidak hanya di Eropa, Suse Linux juga berhasil menarik perhatian pengguna komputer di Indonesia. Dengan tampilan bahasa Indonesia yang disediakan oleh sistem operasi Suse Linux, sistem operasi ini memudahkan warga Indonesia untuk bermain permainan tanpa mengalami gangguan dan sangat mudah untuk digunakan. Centos menjadi jenis Linux lainnya yang berhasil menarik pengguna Linux. Rilis sejak tahun 2004 lalu, Centos berhasil mengumpulkan jumlah pengguna Linux. Sistem operasi ini dapat digunakan secara gratis namun tidak dianjurkan untuk pemula. Centos sangat baik bagi pengguna server yang berpengetahuan lebih dan mampu menggunakan Linux dengan baik. Pengguna Linux yang paham akan aplikasi dan sistem terkini menjadi sosok yang paling tepat menggunakan Centos.

Jenis Linux lainnya yang sering dimanfaatkan oleh pengguna Linux adalah Debian Linux. Debian Linux merupakan jenis Linux yang telah hadir sejak tahun 1999 lalu. Setiap tahunnya, Debian Linux mengalami perkembangan dan perubahan secara teratur. Debian Linux merupakan jenis Linux yang paling tepat digunakan untuk komputer server. Debian Linux kurang tepat digunakan pada komputer pribadi karena fungsi dari Debian Linux hanya diperuntukan pada penggunaan komputer admin atau server.

Sistem operasi Linux lainnya yang banyak digunakan adalah Red Hat Linux. Jika diperhatikan dengan baik, sistem operasi ini sangat mudah diinstal. Baik proses instal dan penggunaan sistem operasi Red Hat Linux sangat mudah. Red Hat Linux versi 9 merupakan versi terbaru yang dihadirkan oleh Red Hat Linux dan memiliki tingkat kestabilan serta keamanan sistem yang cukup tinggi.

Exit mobile version