Site icon

Ekstensi Docker, Desktop untuk Linux mendapatkan penerimaan yang beragam

Ekstensi Docker, Desktop untuk Linux mendapatkan penerimaan yang beragam –  Docker memperkenalkan Ekstensi Docker, Desktop Docker untuk Linux, dan akuisisi Nestybox di DockerCon 2022. Fitur-fitur baru ini mendapat sambutan yang beragam dari analis dan pengembang industri.

Ekstensi Docker, Desktop untuk Linux mendapatkan penerimaan yang beragam

art4linux – Docker yang berbasis di Palo Alto meluncurkan tambahan baru ke platform perusahaan di acara virtual DockerCon 2022 minggu ini. Ekstensi Docker mencakup pluggable sekali klik dari JFrog, Red Hat dan VMware dan memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan alat tambahan dan fungsionalitas baru ke Docker Desktop dengan lebih mudah.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang OpenBSD

Selain itu, Docker Desktop untuk Linux memberi pengguna Linux pengalaman yang identik dengan pengguna macOS dan Windows. Perusahaan juga memperkenalkan Nestybox, yang memberi pengembang kemampuan untuk menjalankan semua jenis beban kerja dalam wadah. Sementara fitur-fitur baru memberi pengembang lebih banyak alat, itu mungkin tidak cukup untuk memastikan kelayakan finansial, kata analis industri.

Ekstensi Docker menyediakan perangkat satu klik

Docker Desktop kini menyertakan 16 ekstensi untuk debugging, jaringan, pemindaian kerentanan, dan memulai Kubernetes . Ekstensi tersebut meliputi:

Selama pidato utamanya, Amy Bass, manajer produk senior di Docker, mengatakan bahwa ekstensi membuat Docker Desktop dapat dipasang. Misalnya, pengembang dapat menginstal plugin Penggunaan Disk dan membersihkan disk dengan satu klik, tanpa meninggalkan Desktop. Umpan balik dari pengembang, baik secara internal maupun dari mereka yang bekerja pada peta jalan publik Docker di GitHub , mengarah pada gagasan ekstensi satu-klik, kata CEO Docker Scott Johnston dalam sebuah wawancara dengan SearchSoftwareQuality menjelang acara virtual.

Docker dikenal dengan container, katanya, tetapi ada teknologi asli cloud yang muncul, seperti AWS Lambda , Web Assembly (Wasm) atau function as a service , yang digunakan pengembang untuk menerapkan Docker. “Pelanggan berenang dalam kompleksitas perangkat asli cloud,” katanya, yang mengarah pada pemberian alat sekali klik kepada pengembang. Salah satu manfaat dari Ekstensi Docker adalah bahwa pengguna VMWare dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk menjalankan tumpukan Kubernetes dari 20 menit menjadi dua menit, kata Johnston. “Sebelum ekstensi Docker,” katanya, “pengembang harus berkeliling Google dan mencari di web dan mengunduh barang dan mencobanya.”

Desktop Linux, Nestybox memperluas jangkauan Docker

Tambahan lain untuk portofolio Docker adalah Docker Desktop untuk Linux, yang dijelaskan Johnston dalam presentasi utama sebagai “semua manfaat Docker Desktop dibawa ke workstation Linux.” Berbeda dengan bagian Extensions dari keynote, yang mendapat tanggapan hangat dari audiens studio karyawan perusahaan, pengumuman Linux Johnston menerima tepuk tangan meriah. Holger Mueller, wakil presiden dan analis utama di Constellation Research, tidak terkejut dengan tanggapan yang lebih antusias untuk Linux. “[Pengembang] menyukai dan menggunakan Linux dan sekarang mereka tidak harus menggunakan [Mesin Virtual] Windows untuk Docker, tetapi dapat menjalankan asli,” kata Mueller.

Namun, menurut Mueller, pengenalan Linux tidak sepenting mengintegrasikan alat pihak ketiga untuk tugas-tugas seperti repositori inti atau akses data, seperti yang disertakan sebagai Ekstensi Docker. “Linux seperti satu set ban baru,” katanya, “ekstensi adalah perjalanan gratis ke lokasi favorit atau relevan.” Selain Ekstensi Docker dan Desktop Linux, akuisisi Nestybox oleh Docker akan memungkinkan container menjalankan semua jenis beban kerja — bukan hanya layanan mikro dengan mulus dan aman. Larry Carvalho, seorang analis independen di RobustCloud, tidak melihat permintaan yang tinggi untuk fitur tersebut. Meskipun mungkin menambahkan beberapa kemampuan ke portofolio Docker, katanya, Nestybox kecil dan tidak cukup untuk membuat perbedaan besar pada tantangan Docker yang perlu meningkatkan pendapatan secara signifikan.

Fitur baru mungkin tidak menghasilkan lebih banyak pendapatan

Docker telah fokus pada Docker Desktop sejak menjual produk Docker Enterprise ke Mirantis pada tahun 2019. Tahun lalu, Docker mengubah tingkatan harga untuk meningkatkan pendapatan. Namun, sebagian besar pengguna adalah pelanggan yang tidak membayar yang menggunakan edisi gratis, kata Carvalho. “Apakah fitur baru ini membujuk [lebih banyak pengguna] untuk berlangganan edisi berbayar masih harus dilihat,” katanya.

Setelah pemasukan tunai $105 juta dalam Pendanaan Seri C yang dipimpin oleh Bain Capital Ventures pada Maret 2022, Johnston dari Docker mengatakan perusahaan akan menambahkan fitur ke platformnya, termasuk perluasan fitur keamanan, dukungan tanpa server, dan investasi besar-besaran dalam membawa keamanan yang tersisa , yang melibatkan pergeseran beberapa pertimbangan keamanan — terutama pengujian kode — kepada pengembang untuk memfasilitasi pengembangan yang cepat. Setelah pengumuman itu, Carvalho dan Chris Riley, manajer senior hubungan pengembang di perusahaan teknologi pemasaran HubSpot, mengatakan bahwa terlepas dari peta jalan baru Docker, mereka memiliki keraguan tentang prospek jangka panjang Docker sebagai bisnis mandiri.

Berita produk dari DockerCon tahun ini tidak berubah pikiran.

Membawa alat seperti J Frog ke Desktop adalah hal yang fantastis, kata Riley. Tapi pertanyaan besarnya sekarang adalah apakah Docker semakin terintegrasi ke dalam rantai pengiriman, sesuatu yang tidak dia lihat. “Pengembang tidak menghabiskan banyak uang untuk alat, jadi membantu efisiensi pengembang — saya tidak berpikir di situlah uangnya.”

Riley memiliki pertanyaan tentang ke mana arah Docker selanjutnya. Awal yang baik adalah mengintegrasikan sepenuhnya ke dalam siklus hidup pengiriman perangkat lunak, katanya, karena Docker “tidak bisa hanya tinggal di kotak pengembang.” Carvalho setuju bahwa ekstensi tersebut merupakan tambahan yang bagus karena meningkatkan produktivitas pengembang. Namun, dia menyatakan ketidakpastian tentang masa depan keuangan Docker. “Docker menghadapi tantangan untuk meningkatkan pendapatan secara signifikan dan saya tidak yakin fitur-fitur baru ini membantu,” katanya.

Exit mobile version