Site icon

Linux Menawarkan Pandangan yang Berbeda pada Komputasi Desktop daripada Windows dan macOS

Linux Menawarkan Pandangan yang Berbeda pada Komputasi Desktop daripada Windows dan macOS – Sistem operasi Linux menawarkan perpaduan yang kaya antara fitur dan keamanan, menjadikannya alternatif sumber terbuka gratis dan (kebanyakan) yang hebat untuk macOS dan Microsoft Windows.

Linux Menawarkan Pandangan yang Berbeda pada Komputasi Desktop daripada Windows dan macOS

art4linux – Karena itu berbeda, pertimbangkan beberapa aspek gambaran besar Linux dan bagaimana perbandingannya dengan sistem operasi desktop lain sebelum Anda mengambil risiko.

Apa Itu Linux?

Linux menggerakkan banyak sistem komputer, mulai dari bola lampu hingga laptop hingga pusat komputer besar. Linux menggerakkan segalanya mulai dari ponsel hingga kulkas pintar Anda. Linux menyediakan alternatif untuk sistem operasi komersial seperti Windows dan macOS dalam komputasi desktop.

Linux bersumber dari beberapa sistem operasi komputer paling awal dari tahun 1960-an dan 1970-an, dan karena itu mempertahankan filosofi dasar keamanan tingkat pengguna yang kuat, penyesuaian, dan stabilitas sistem.

Mengapa Menggunakan Linux Daripada Windows atau macOS?

Ada banyak alasan Anda akan menggunakan Linux daripada Windows atau macOS, dan berikut adalah beberapa di antaranya.

Distribusi Linux Mana yang Harus Anda Gunakan?

Kernel Linux seperti mesin. Distribusi adalah kendaraan aktual yang menampung mesin.

Jadi distribusi Linux mana yang harus Anda pilih ? Linux mendukung beberapa ratus distribusi, masing-masing dioptimalkan untuk beberapa kasus penggunaan tertentu:

Cara Menjalankan Linux Dari DVD atau USB

DVD atau USB Linux live memungkinkan Anda menjalankan Linux tanpa menginstalnya di hard drive Anda. Kemudian Anda dapat menguji coba Linux sebelum menjalankannya, dan ini juga cocok untuk pengguna sesekali.

Baca Juga : Distro Linux Terbaik untuk Laptop di tahun 2021

Sebagian besar distribusi menggunakan pemuat langsung untuk menguji dan menginstal distribusi. Ubuntu Linux, pilihan umum untuk penggemar Linux baru, menawarkan lingkungan hidup yang sangat baik.

Cara Menginstal Linux

Setiap distribusi Linux bergantung pada penginstal yang berbeda, sebuah program yang memandu Anda dalam mengonfigurasi Linux. Dalam kebanyakan kasus, Anda bebas menginstal Linux sebagai sistem operasi baru di komputer atau sebagai OS terpisah yang tidak menimpa Windows.

Apa itu Lingkungan Desktop?

Sebuah distribusi Linux yang khas mencakup beberapa komponen yang berbeda. Manajer tampilan memasukkan Anda saat manajer jendela mengatur jendela, panel, menu, antarmuka dasbor, dan aplikasi inti. Banyak dari item ini digabungkan untuk membuat lingkungan desktop.

Beberapa distribusi Linux dikirimkan hanya dengan satu lingkungan desktop (walaupun yang lain tersedia di repositori perangkat lunak). Lainnya menawarkan versi distribusi yang berbeda yang disesuaikan untuk lingkungan desktop yang berbeda.

Lingkungan desktop yang umum termasuk Cinnamon, GNOME, Unity, KDE, Enlightenment, XFCE, LXDE, dan MATE. Cinnamon adalah lingkungan desktop yang lebih tradisional yang sangat mirip dengan Windows 7, dengan panel di bagian bawah, menu, ikon baki sistem, dan ikon peluncuran cepat.

GNOME dan Unity sangat mirip. Mereka adalah lingkungan desktop modern yang menggunakan konsep ikon peluncur dan tampilan bergaya dasbor untuk memilih aplikasi. Ada juga aplikasi inti yang terintegrasi dengan baik dengan keseluruhan tema lingkungan desktop.

KDE adalah lingkungan desktop bergaya klasik dengan banyak fitur khusus dan serangkaian aplikasi inti yang sangat dapat disesuaikan. Enlightenment, XFCE, LXDE, dan MATE adalah lingkungan desktop yang ringan dengan panel dan menu.

Apakah Ada Office Suite yang Layak untuk Linux?

LibreOffice menghadirkan alternatif yang solid dan gratis untuk Microsoft Office untuk penggunaan pribadi dan usaha kecil hingga menengah.

LibreOffice hadir dengan pengolah kata dengan sebagian besar fitur yang Anda harapkan dari pengolah kata. Ini juga dilengkapi alat spreadsheet yang layak yang berfitur lengkap dan termasuk mesin pemrograman dasar, meskipun tidak kompatibel dengan Excel VBA. Alat lain termasuk presentasi, matematika, database, dan paket menggambar yang semuanya bagus.

Cara Menginstal Perangkat Lunak Menggunakan Linux

Linux tidak menginstal perangkat lunak dengan cara yang sama seperti Windows. Manajer paket mengakses repositori yang mengarsipkan berbagai aplikasi perangkat lunak pada distribusi tertentu. Alat manajemen paket menyediakan mekanisme untuk mencari perangkat lunak, memperbarui perangkat lunak, menginstal perangkat lunak, dan menghapus perangkat lunak.

Setiap distribusi menyediakan alat grafis. Ada alat baris perintah standar yang digunakan oleh banyak distribusi berbeda. Misalnya, Ubuntu, Linux Mint, dan Debian menggunakan apt-get package manager . Fedora dan CentOS menggunakan manajer paket yum . Arch dan Manjaro menggunakan Pacman .

Baris Perintah Linux

Mengingat warisannya yang panjang dan keragaman pendekatan lingkungan desktop modern, banyak Linux masih bekerja dari sesi shell. Windows menyebutnya Command Prompt, dan macOS menyebut sesi ini sebagai terminal.

Meskipun antarmuka pengguna grafis dari Linux DE modern dapat melakukan hampir semua hal, banyak pendidikan online tentang Linux bergantung pada shell karena tidak terikat pada kekhasan distribusi atau window manager tertentu. Orang-orang yang baru mengenal Linux dapat lolos dengan jarang atau tidak pernah bekerja dari shell, tetapi orang-orang yang tumbuh untuk mencintai Linux pergi ke shell terlebih dahulu karena betapa mudahnya mengetik satu perintah daripada menavigasi banyak menu yang berbeda.

FAQ

Apakah Linux buruk untuk bermain game?

Sebagai sistem operasi, Linux tidak buruk dalam menjalankan game; namun, dukungan untuk bermain game di Linux jauh lebih sedikit—walaupun hal ini perlahan berubah seiring waktu .

Apakah Linux lebih sulit digunakan daripada sistem operasi lain?

Beberapa distribusi Linux tidak ramah pengguna seperti macOS atau Windows. Namun, banyak distro lain, seperti Linux Mint, tidak lebih rumit untuk dipelajari daripada sistem operasi lain.

Apakah Linux lebih cepat dari sistem operasi lain?

Apakah Linux lebih cepat dari sistem operasi lain? Bisa jadi, tapi tidak selalu. Linux adalah sistem operasi yang ringan, jadi dengan overhead yang lebih sedikit, Linux bisa lebih efisien daripada OS seperti Windows, yang hadir dengan segudang fitur dan layanan yang berjalan di latar belakang.

Exit mobile version