Site icon

Distro Linux Terbaik untuk Laptop di tahun 2021

Distro Linux Terbaik untuk Laptop di tahun 2021 – ari ini, kami membawakan Anda daftar distribusi Linux serba guna terbaik untuk dijalankan di PC Anda dan diurutkan dalam urutan paling banyak hits dari pengguna dalam 3 bulan terakhir di Distro Watch .

Distro Linux Terbaik untuk Laptop di tahun 2021

1. MX Linux

art4linux – MX Linux adalah distro open-source berbasis antiX dan MEPIS . Ini telah dirancang untuk bekerja dengan elegan dan efisien pada konfigurasi lama seperti halnya pada PC dengan spesifikasi maksimal.

Melansir fossmint, MX Linux adalah distro kelas menengah yang mudah dikonfigurasi dan menawarkan kinerja yang andal kepada pengguna. Sangat mudah untuk memulai dan menjalankan bahkan oleh pemula di ekosistem Linux, dapat dijalankan langsung dari USB, dan memiliki komunitas yang ramah yang siap membantu Anda kapan pun Anda terjebak dengan tugas apa pun di sepanjang jalan.

Baca juga : Converseen: Prosesor Gambar Batch Gratis untuk Linux 

2. Manjaro

Manjaro adalah distro berbasis Arch Linux yang indah yang berfungsi sebagai pengganti yang sangat baik untuk MacOS dan Windows .

Komunitas Manjaro bertujuan untuk membuat kehebatan Arch Linux tersedia untuk semua orang. Tim pengembangan bekerja dengan produsen perangkat keras untuk merancang perangkat keras yang didedikasikan untuk Manjaro untuk menawarkan pengalaman inklusif kepada pengguna.

Manjaro tersedia untuk arsitektur 64-bit dalam edisi KDE , XFCE , dan Gnome sementara komunitas mempertahankan rasa untuk arsitektur 32-bit dan ARM.

Semua edisi Manjaro memiliki basis yang sama tetapi menawarkan pengalaman unik dengan lingkungan desktopnya, jadi pastikan untuk memilih yang sesuai dengan selera Anda.

3. Linux Mint

Linux Mint adalah salah satu distro yang paling disukai di komunitas Linux yang dikenal karena kemudahan akses dan kegunaannya yang intuitif. Muncul dalam 3 rasa resmi, Cinnamon , MATE , dan Xfce , yang menawarkan Pengalaman Pengguna yang ramping, stabil, kuat, dan inovatif.

Linux Mint menampilkan UI yang indah dengan transisi yang mulus dan komunitas yang siap membantu Anda untuk memulai dan menjalankannya. Ini dianggap seperti Ubuntu yang lebih keren jadi jika Anda pernah menggunakan Ubuntu sebelumnya maka Anda berada di wilayah yang sudah dikenal.

4.elementer

elementer adalah distro Linux yang indah yang filosofinya adalah ” menjaga segala sesuatunya tetap sederhana tanpa mengabaikan keindahan “. Ini bertujuan untuk menyediakan pengguna dengan PC cepat yang menghormati privasi mereka dan mampu menyelesaikan tugas apa pun yang diberikan kepadanya.

Dengan Antarmuka Pengguna yang terinspirasi oleh macOS Apple, SD adalah distro cantik yang dengan mudah berdiri sebagai pengganti Windows dan macOS yang baik.

5. Ubuntu

Ubuntu dapat dengan mudah menjadi #1 distro pada daftar apapun seperti ini karena merupakan distro Linux yang paling populer dan bisa dibilang paling bercabang di komunitas. Ini menampilkan UI yang bersih dalam semua beberapa rasa dan digunakan untuk berbagai hal termasuk komputasi awan, Internet of Things, wadah, server, dll.

Ubuntu dikirimkan dengan Gnome sebagai lingkungan desktop default tetapi tersedia dengan DE lain dalam bentuk rasa termasuk Xubuntu , Lubuntu , Kubuntu , Kylin , Budgie , dll. Lihat daftar lengkap rasa Ubuntu di sini .

6. Debian

Debian adalah salah satu pendiri Linux dan ” melahirkan ” distro Linux paling populer hingga saat ini, Ubuntu . Ini adalah distro kuat yang mengirimkan ribuan paket prakompilasi yang dibundel ke dalam format yang mudah dipasang di mesin Anda dan tidak memerlukan keterampilan tambahan untuk memulai dan menjalankannya.

Debian ditandai sebagai “ Sistem Operasi Universal ” karena penggunaannya yang luas di seluruh dunia. Ini adalah OS di mana Ubuntu Canonical dibangun dan menjadi distro yang kuat, dapat digunakan untuk hampir semua tugas komputasi.

7. Solus

Solus adalah distro Linux yang dirancang untuk memberi pengguna rumahan Personal Computer dengan pengalaman komputasi yang kohesif. Ini fitur UI yang indah yang intuitif bahkan untuk anak-anak dan mampu berjalan pada PC yang lebih tua tanpa mempengaruhi kinerja secara negatif.

Solus dikirimkan dengan beberapa aplikasi prainstal termasuk GNOME MPV untuk konten video, Rhythmbox untuk file audio dan radio online, File untuk mengelola dokumen, Mozilla Firefox untuk penjelajahan aman, dan Pusat Perangkat Lunak untuk manajemen aplikasi intuitif.

8. Fedora

Fedora adalah distro Linux profesional yang dipoles yang bertujuan untuk memberikan kebebasan penuh kepada penggunanya. Ini sepenuhnya dapat disesuaikan dan dilengkapi dengan seperangkat alat lengkap yang cocok untuk pengembang, pembuat, administrator jaringan, dll.
Fedora memiliki pengaturan untuk tugas komputasi yang berbeda. Fedora Workstation untuk laptop dan desktop, Fedora Server untuk infrastruktur cloud, dan Fedora Atomic untuk tumpukan aplikasi Linux-Docker-Kubernetes.

Fedora dikirimkan dengan Lingkungan Desktop GNOME secara default tetapi Anda dapat memilih salah satu putarannya jika Anda lebih suka bekerja dengan KDE Plasma , XFCE , LXQT , dll.

9. openSUSE

openSUSE bisa dibilang adalah pilihan #1 distro Linux untuk pengembang, admin sistem, dan hampir semua pengguna lainnya. Ini memiliki komunitas aktif yang dikenal untuk mengembangkan alat mereka sendiri sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan kekurangan alat yang diperlukan untuk alur kerja Anda.

openSUSE tersedia dalam 2 jenis rilis: Tumbleweed – versi rilis bergulir yang selalu diperbarui dengan peningkatan terbaru, perbaikan bug, dan fitur baru.

Dan Leap – versi rilis reguler yang diperbarui secara berkala. Umumnya, Anda harus menggunakan Tumbleweed jika Anda ingin mengetahui pembaruan terbaru untuk openSUSE dan tidak keberatan berjuang dengan bug sesekali, dan gunakan Leap jika Anda lebih suka memperbarui sistem Anda secara manual hanya ketika Anda siap untuk perubahan baru apa pun di pipa.

10. Deepin

Deepin adalah distro Linux yang cantik yang dikhususkan untuk menyediakan Sistem Operasi yang indah secara konsisten kepada penggunanya yang aman, mudah digunakan, dan andal untuk digunakan. Itu sebelumnya didasarkan pada Ubuntu sampai kodenya ditulis ulang menjadi berbasis Debian .

Deepin adalah pilihan favorit saya dalam daftar ini karena betapa mulusnya setiap aspek OS bekerja. Sejak mencapai tonggak penting dengan rilis 15.7 ketika mengoptimalkan ukuran gambar ISO, penggunaan RAM, masa pakai baterai yang lebih lama, dll., Deepin tidak pernah sebaik ini.

Exit mobile version