Site icon

Mengulas Lebih Jauh Tentang CentOS

Mengulas Lebih Jauh Tentang CentOS – CentOS Rilis pertama pada Mei 2004, diberi nomor sebagai CentOS versi 2, bercabang dari RHEL versi 2.1AS. Sejak versi 8, CentOS secara resmi mendukung arsitektur x86-64 , ARM64 , dan POWER8 , dan rilis hingga versi 6 juga mendukung arsitektur IA-32 . Mulai Desember 2015 , rilis AltArch dari CentOS 7 tersedia untuk arsitektur IA-32, Power ISA , dan untuk varian ARMv7hl dan AArch64 dari arsitektur ARM. CentOS 8 dirilis pada 24 September 2019.

Mengulas Lebih Jauh Tentang CentOS

art4linux – Pada Desember 2020, Red Hat secara sepihak menghentikan pengembangan CentOS. Sebagai tanggapan, pendiri CentOS Gregory Kurtzer menciptakan proyek Rocky Linux sebagai penerus misi asli CentOS. Pada bulan Maret 2021, Cloud Linux (pembuat CloudLinux OS) merilis turunan RHEL baru yang disebut AlmaLinux. Sementara distribusi dihentikan pada akhir tahun 2021, pengembangan CentOS Stream, varian midstream, terus berlanjut.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Ubuntu Budgie

Sejarah

CentOS berasal sebagai build dari CAOS Linux , distribusi Linux berbasis RPM yang dimulai oleh Gregory Kurtzer pada tahun 2002. Infiscale menggambarkan GravityOS-nya sebagai “[termasuk] jejak kecil Caos”, menunjukkan tingkat pengaruh tertentu dari distribusi yang dihentikan. Pada Juni 2006, David Parsley, pengembang utama Tao Linux (klon RHEL lainnya), mengumumkan penghentian Tao Linux dan bergulir ke pengembangan CentOS. Pengguna Tao bermigrasi ke rilis CentOS melalui pembaruan yum .

Pada bulan Juli 2009, dilaporkan dalam sebuah surat terbuka di situs web Proyek CentOS bahwa pendiri CentOS, Lance Davis, telah menghilang pada tahun 2008. Davis telah menghentikan kontribusi untuk proyek tersebut, tetapi terus memegang pendaftaran untuk domain CentOS dan akun PayPal . Pada bulan Agustus 2009, tim CentOS dilaporkan melakukan kontak dengan Davis dan memperoleh domain centos.info dan centos.org. Pada bulan Juli 2010, CentOS mengambil alih Debian untuk menjadi distribusi Linux paling populer untuk server web, dengan hampir 30% dari semua server web Linux menggunakannya. Debian kembali memimpin pada Januari 2012.

Pada Januari 2014, Red Hat mengumumkan bahwa mereka akan mensponsori Proyek CentOS, “membantu membangun platform yang sesuai dengan kebutuhan pengembang open source yang mengintegrasikan teknologi di dalam dan di sekitar sistem operasi”. Sebagai hasil dari perubahan ini, kepemilikan merek dagang CentOS dipindahkan ke Red Hat, yang sekarang mempekerjakan sebagian besar kepala pengembang CentOS; namun, mereka bekerja sebagai bagian dari tim Open Source dan Standar Red Hat, yang beroperasi secara terpisah dari tim Red Hat Enterprise Linux. Dewan pengatur CentOS baru juga didirikan.

Pada 8 Desember 2020, Proyek CentOS mengumumkan bahwa distribusi akan dihentikan pada akhir tahun 2021 untuk fokus pada CentOS Stream. Tanggapan masyarakat terhadap pengumuman ini sangat negatif. Segera setelah itu, pendiri CentOS Gregory Kurtzer mengumumkan proyek baru untuk melanjutkan fokus CentOS asli, yang kemudian dikenal sebagai Rocky Linux . CloudLinux menciptakan AlmaLinux untuk menyediakan penerus yang didukung komunitas untuk CentOS Linux, yang bertujuan untuk kompatibilitas biner dengan versi RHEL saat ini. Versi beta AlmaLinux pertama kali dirilis pada 1 Februari 2021, dan rilis stabil pertama AlmaLinux diterbitkan pada 30 Maret 2021.

Desain

Pengembang CentOS menggunakan kode sumber Red Hat untuk membuat produk akhir yang sangat mirip dengan RHEL. Merek dan logo Red Hat diubah karena Red Hat tidak mengizinkannya untuk didistribusikan kembali. CentOS tersedia gratis. Dukungan teknis terutama diberikan oleh komunitas melalui milis resmi, forum web, dan ruang obrolan. Proyek ini berafiliasi dengan Red Hat tetapi bercita-cita untuk menjadi lebih publik, terbuka, dan inklusif. Sementara Red Hat mempekerjakan sebagian besar kepala pengembang CentOS, Proyek CentOS sendiri bergantung pada sumbangan dari pengguna dan sponsor organisasi.

Versi dan rilis

Rilis CentOS

Nomor versi CentOS untuk rilis yang lebih lama dari 7.0 memiliki dua bagian, versi mayor dan versi minor, yang sesuai dengan versi mayor dan set pembaruan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yang digunakan untuk membuat rilis CentOS tertentu. Misalnya, CentOS 6.5 dibangun dari paket sumber RHEL 6 pembaruan 5 (juga dikenal sebagai RHEL versi 6.5), yang disebut “rilis titik” dari RHEL 6.

Dimulai dengan versi 7.0, nomor versi CentOS juga menyertakan bagian ketiga yang menunjukkan stempel bulan dari kode sumber yang menjadi dasar rilis. Misalnya, nomor versi 7.0-1406 masih memetakan rilis CentOS ini ke set pembaruan ke-nol RHEL 7, sementara “1406” menunjukkan bahwa kode sumber rilis ini didasarkan pada tanggal dari Juni 2014. Menggunakan stempel bulan memungkinkan gambar instalasi diterbitkan ulang untuk (per Juli 2014 ) rilis kontainer dan cloud yang akan datang, sambil mempertahankan koneksi ke versi rilis dasar terkait.

Sejak pertengahan 2006 dan dimulai dengan RHEL versi 4.4, yang secara resmi dikenal sebagai Red Hat Enterprise Linux 4.0 update 4, Red Hat telah mengadopsi konvensi penamaan versi yang identik dengan yang digunakan oleh CentOS (misalnya, RHEL 4.5 atau RHEL 6.5). Pada 10 September 2019 CentOS menangguhkan CentOS 8.1 bekerja untuk CentOS 7.7 sejak CentOS 7.x dalam produksi dan CentOS 8.x tidak dalam produksi. Setelah CentOS 7.7 dirilis, sumber daya dipindahkan kembali ke CentOS 8.0. Pada 24 September 2019 CentOS resmi merilis CentOS versi 8.0.

Kelompok minat khusus

Kelompok minat khusus (SIG) adalah bagian terorganisir dari komunitas CentOS yang membuka jalur untuk membangun varian khusus CentOS, yang memenuhi serangkaian persyaratan tertentu. SIG memiliki kebebasan untuk memodifikasi dan meningkatkan CentOS dengan berbagai cara, termasuk menambahkan lebih banyak perangkat lunak mutakhir, membangun kembali paket yang ada tergantung pada persyaratan, menyediakan lingkungan desktop alternatif, atau membuat CentOS tersedia pada arsitektur yang tidak didukung.

Exit mobile version