Site icon

Perintah Dasar Linux untuk Memeriksa Informasi Hardware dan Sistem

Perintah Dasar Linux untuk Memeriksa Informasi Hardware dan Sistem – Setelah kernel Linux diinisialisasi, ia menghitung semua komponen perangkat keras.

Perintah Dasar Linux untuk Memeriksa Informasi Hardware dan Sistem

art4linux – Ada banyak perintah untuk memeriksa informasi tentang perangkat keras sistem Linux. Beberapa perintah hanya melaporkan komponen perangkat keras tertentu seperti

Dilansir dari medium.com, CPU atau memori sementara sisanya mencakup beberapa unit perangkat keras.

1. Nama Perangkat Keras Mesin Cetak (uname –m uname –a)

Menggunakan sakelar -m dengan perintah uname mencetak nama perangkat keras mesin kita. Jika kita ingin perintah uname untuk mencetak semua informasi yang disebutkan di atas, kita dapat menggunakan perintah dengan semua switch.

$ uname –m

$ uname -a

Baca juga : Jenis Linux yang Dapat Digunakan Pengguna Dekstop

2. lscpu

Perintah lscpu melaporkan informasi tentang cpu dan unit pemrosesan. Itu tidak memiliki opsi atau fungsi lebih lanjut.

$lscpu

lshw –Daftar Perangkat Keras

Utilitas tujuan umum, yang melaporkan informasi rinci dan singkat tentang beberapa unit perangkat keras yang berbeda seperti cpu, memori, disk, pengontrol usb, adaptor jaringan, dll. Lshw mengekstrak informasi dari file /proc yang berbeda. Lshw mampu melaporkan konfigurasi memori, versi firmware, konfigurasi mainboard, versi dan kecepatan CPU, konfigurasi cache, kecepatan bus, dll. Perintah lshw perlu dijalankan dengan hak istimewa super untuk dapat mendeteksi dan melaporkan jumlah informasi maksimum.

Jadi jalankan sebagai root, atau gunakan Sudo. Lshw memilah komponen perangkat keras ke dalam kelompok yang disebut “kelas”. Prosesor, memori, tampilan, jaringan, penyimpanan semuanya adalah kelas yang berbeda.

$ sudo lshw $ sudo lshw –pendek

Hasilkan laporan dalam format html/xml

Kami juga dapat mengekspor laporan lshw dalam format html, xml dan json.

$ sudo lshw –html > lshw-output.html

$ sudo lshw –xml >lshw-output.xml
2. hwinfo- Informasi Perangkat Keras

Hwinfo adalah utilitas menyelidik perangkat keras tujuan umum lainnya yang dapat melaporkan informasi rinci dan singkat tentang beberapa komponen perangkat keras yang berbeda, dan lebih dari apa yang dapat dilaporkan lshw.

$ hwinfo

$ hwinfo –pendek

3. lspci- Daftar PCI

Perintah lspci mencantumkan semua bus pci dan detail tentang perangkat yang terhubung dengannya. Adaptor vga, kartu grafis, adaptor jaringan, port usb, pengontrol sata, dll semuanya termasuk dalam kategori ini. Dengan menggunakan perintah lspci sebelumnya dengan parameter -v, informasi lebih rinci tentang perangkat PCI bisa didapat.

$lspci

4. lsscsi-Daftar perangkat sci

Mencantumkan perangkat scsi/sata seperti hard drive dan drive optik. SCSI adalah BUS populer lainnya yang digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis perangkat ke sistem Linux. Perangkat antarmuka SCSI lebih mahal daripada PCI karena umumnya digunakan di perangkat keras server perusahaan. Informasi SCSI yang mirip dengan PCI dapat dicantumkan dengan perintah

berikut.

$ lsscsi

5. lsusb- Daftar bus usb dan detail perangkat

Perintah ini menunjukkan pengontrol USB dan detail tentang perangkat yang terhubung dengannya. Secara default, informasi singkat dicetak. Kita dapat menggunakan opsi verbose “-v” untuk mencetak informasi rinci tentang setiap port usb. Perintah lsusb mengambil dan mencetak informasi pengontrol USB terperinci bersama dengan perangkat keras yang terhubung.

$ lsusb

6. lsblk- Daftar perangkat blok

Perintah lsblk mengambil informasi perangkat blok terperinci seperti hard drive Anda, flash drive, dan partisinya.

$ lsblk

7. ruang df-disk dari sistem file

Melaporkan berbagai partisi, titik pemasangannya dan ruang yang digunakan dan tersedia di masing-masing partisi.

$df -H

8. fdisk

Fdisk adalah utilitas untuk memodifikasi partisi pada hard drive, dan dapat digunakan untuk membuat daftar informasi partisi juga. Informasi sistem file dapat dikumpulkan dengan menggunakan perintah fdisk. Meskipun fdisk dapat digunakan untuk membuat partisi, sistem file dan media terkait disk lainnya juga menyediakan informasi sistem file dengan parameter -l.

$ sudo fdisk –l

9. pasang

Mount digunakan untuk memasang/melepas dan melihat sistem file yang dipasang. Sekali lagi, kita dapat menggunakan grep untuk menyaring hanya sistem file yang ingin kita lihat.

$ pasang | kolom -t

10. Dmidecode

Perintah dmidecode berbeda dari semua perintah lainnya. Ini mengekstrak informasi perangkat keras dengan membaca data dari

struktur data SMBOIS (juga disebut tabel DMI). # menampilkan informasi tentang prosesor/cpu

11. /proc file

Banyak file virtual di direktori /proc berisi informasi tentang perangkat keras dan konfigurasi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

12. hdparm

Perintah hdparm mendapatkan informasi tentang perangkat sata seperti hard disk. Setiap perintah memiliki metode penggalian informasi yang sedikit berbeda.

Kami mungkin perlu mencoba lebih dari satu, sambil mencari detail perangkat keras tertentu. Mereka tersedia di sebagian besar distro linux, dan dapat dengan mudah diinstal dari repositori default. Di desktop ada alat gui, bagi yang tidak ingin menghafal dan mengetik perintah. Hardinfo, I-nex adalah beberapa yang populer yang memberikan informasi rinci tentang beberapa komponen perangkat keras yang berbeda.

$ hdparm

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Dengan ReiserFS, Sistem File Linux

13. Inxi

Inxi adalah skrip mega bash baris 10K yang mengambil detail perangkat keras dari berbagai sumber dan perintah pada sistem dan menghasilkan laporan yang bagus yang dapat dibaca oleh pengguna non-teknis dengan mudah.

$ inxi –Fx

Exit mobile version