Site icon

9 Alat Produktivitas untuk Linux yang Layak Diperhatikan

9 Alat Produktivitas untuk Linux yang Layak Diperhatikan – Ada begitu banyak gangguan dan aktivitas tidak produktif yang memengaruhi kinerja kita di tempat kerja, dan begitu banyak metode untuk meningkatkan fokus dan efisiensi kerja. Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan produktivitas dan tetap teratur, pertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak khusus untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif.

9 Alat Produktivitas untuk Linux yang Layak Diperhatikan

art4linux – Kami telah mengumpulkan daftar alat produktivitas untuk platform Linux yang mungkin belum pernah Anda dengar. Mereka akan membantu Anda dengan:

1. FocusWriter

Melansir fossmint, FocusWriter adalah prosesor teks yang menciptakan lingkungan bebas gangguan bagi penulis. Ini mendukung format teks populer dan menggunakan antarmuka persembunyian untuk memblokir semua gangguan. Anda dapat memilih tema visual dan suara apa pun yang paling sesuai untuk produktivitas Anda, dan fokus pada pekerjaan Anda. FocusWriter juga memungkinkan Anda untuk menetapkan tujuan harian, menggunakan timer, alarm, dan melihat statistik.

Baca juga : Cara Mudah Beralih ke Linux dari Windows

Alat ini dapat diinstal pada berbagai platform Unix dan juga menyediakan opsi mode portabel. Kode sumbernya juga tersedia di situs web pengembang.

2. actiTIME

actiTIME adalah alat pelacakan waktu dan manajemen kerja untuk perusahaan dari berbagai ukuran dan wiraswasta. Bersamaan dengan versi yang dihosting di cloud, edisi yang dihosting sendiri untuk sistem Unix tersedia yang dapat diinstal di komputer pribadi atau di server internal perusahaan.

Alat ini membantu mendapatkan catatan pekerjaan yang akurat dan waktu cuti serta menjalankan laporan berdasarkan data tersebut untuk mengukur produktivitas pribadi Anda dan kinerja tim Anda. Ini juga memungkinkan untuk menyetujui dan mengunci lembar waktu, menghitung jumlah yang dapat ditagih, dan mengeluarkan faktur. Fitur manajemen kerjanya termasuk mengatur tim proyek, memberikan tugas proyek, dan mengonfigurasi peringatan email tentang tenggat waktu yang akan datang, mengerjakan perkiraan waktu, melampaui anggaran proyek, dan acara lainnya.

3. LastPass

Siapa pun tahu rasa sakit karena lupa kata sandi. Mereka yang memilih untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk semua layanan, pasti akan menghargai LastPass . Ini berfungsi di browser Anda dan membantu mengelola kata sandi dengan mudah dan aman – dan berhenti menghabiskan waktu untuk upaya yang tidak berguna untuk mengingat semuanya. Selain itu, ini membantu membuat kata sandi yang aman dan mudah dibaca.

Alat ini tersedia untuk platform Linux sebagai penginstal universal dan sebagai tambahan untuk browser web tertentu.

4. f.lux

Mereka yang bekerja larut malam tahu efek negatif dari lampu layar biru pada produktivitas, kesehatan, dan energi. Para ahli mengatakan lebih baik tidak bekerja di malam hari, tetapi jika berhenti bekerja, ini bukan pilihan, alat khusus yang menyesuaikan cahaya layar dengan lingkungan dapat membantu.

Tersedia untuk berbagai platform seluler dan desktop, f.lux secara otomatis menyesuaikan cahaya layar komputer atau ponsel cerdas Anda dengan pencahayaan. Untuk mengaturnya, Anda harus memilih lokasi Anda dan mengonfigurasi jenis pencahayaan di pengaturan aplikasi. Setelah itu, cahaya dari layar perangkat Anda akan secara dinamis menyesuaikan dengan lingkungan, mengurangi efek negatifnya.

5. Simplenote

Simplenote adalah alat gratis untuk menyimpan catatan dan membagikannya ke semua perangkat Anda. Ini tersedia untuk berbagai platform desktop dan perangkat seluler. Jika Anda menggunakan Simplenote di beberapa perangkat, catatan Anda secara otomatis terus disinkronkan dan diperbarui di semua perangkat.

Alat ini menawarkan fitur kolaborasi. Anda dapat memposting instruksi, mempublikasikan pemikiran Anda, atau berbagi daftar dengan teman, rekan kerja, atau keluarga Anda. Jika Anda sering menggunakan Simplenote dan menyimpan banyak catatan di dalamnya, tag dan pencarian cepatnya akan membantu. Aplikasi ini membantu Anda tetap produktif dan teratur dan tidak pernah melewatkan pengingat penting.

6. Osmo

Osmo adalah penyelenggara pribadi. Ini mencakup berbagai modul: kalender, catatan, daftar tugas dan pengingat, dan kontak. Ini adalah alat yang ringan dan mudah digunakan untuk mengelola semua informasi pribadi yang penting. Aplikasi dapat berjalan baik di jendela yang terbuka atau dalam mode latar belakang, dan tidak memerlukan koneksi internet.

Osmo menawarkan berbagai konfigurasi dan opsi pemformatan untuk berbagai jenis informasi yang Anda rekam di dalamnya: alamat, ulang tahun, ide, acara, dll. Pencarian praktisnya memungkinkan untuk menemukan dan mengakses informasi yang diperlukan dengan cepat dan mudah.

7. FreeMind

FreeMind adalah perangkat lunak pemetaan pikiran gratis untuk platform Linux. Ini membantu menyusun pengetahuan, bertukar pikiran dan mengembangkan ide-ide baru, dan memprioritaskan tugas Anda. Alat ini memungkinkan pengguna untuk membuat struktur multi-level yang secara visual mewakili ide, alur kerja, atau pengetahuan.

Alat ini sangat bagus untuk penulis, pengembang, peneliti, mahasiswa, dan orang lain yang perlu mengumpulkan dan menyusun informasi dalam jumlah besar. Untuk melihat dan memproses peta pikiran Anda di perangkat lunak lain, FreeMind mendukung ekspor peta ke file HTML yang dapat dibuka dengan browser web apa pun.

8. Autokey

Autokey adalah utilitas otomatisasi yang tersedia untuk berbagai distribusi Linux yang memungkinkan untuk membuat dan mengelola kumpulan skrip dan frasa, dan menetapkan singkatan atau hotkey untuk mereka. Ini membantu mempercepat pengetikan sebagian besar teks atau mengotomatiskan eksekusi skrip di program apa pun yang Anda gunakan di komputer.

Frasa disimpan sebagai teks biasa dan skrip sebagai file Python biasa, sehingga Anda dapat mengeditnya di editor teks apa pun. Anda dapat mengumpulkannya dalam folder dan menetapkan hotkey atau singkatan untuk menampilkan konten folder sebagai menu popup. Alat ini juga memungkinkan Anda untuk mengecualikan beberapa hotkey atau singkatan agar tidak memicu dalam aplikasi tertentu. Autokey dapat membantu mengotomatisasi secara harfiah tugas apa pun yang dapat dilakukan dengan mouse dan keyboard.

9. Catfish

Catfish adalah alat pencarian file untuk platform Linux. Ini mempercepat pekerjaan Anda dengan file di mesin Anda, menghemat waktu Anda untuk pekerjaan yang produktif. Alat ini menangani kueri penelusuran Anda menggunakan teknologi yang sudah disertakan dalam sistem Anda, dan menampilkan hasil dalam antarmuka grafis.

Sederhana dan kuat, alat ini menawarkan opsi pencarian lanjutan: mencari melalui file tersembunyi, mengaktifkan atau menonaktifkan pencarian melalui konten file, mengubah tampilan, dll. Ini adalah pilihan yang baik ketika Anda tidak ingin membuka terminal dan mencari file menggunakan menemukan perintah.

Exit mobile version