Site icon

Distro Linux Yang Terbaik Untuk Tahun 2022

Distro Linux Yang Terbaik Untuk Tahun 2022 – Sistem operasi Linux telah menjadi sangat populer sehingga kami memiliki distribusi Linux untuk setiap pengguna komputer. Kami memiliki distro Linux untuk mesin komputasi canggih yang kuat dan mesin lama dengan perangkat keras kelas bawah. Kami memiliki distro Linux dengan berat hanya 100 MB yang dapat diinstal pada disk jadul serta kami memiliki distro Linux berukuran 4GB yang dapat diinstal pada SSD modern dan super cepat.

Distro Linux Yang Terbaik Untuk Tahun 2022

art4linux – Ini bukanlah akhir; kami juga memiliki distro Linux yang dirancang khusus untuk pengguna normal sehari-hari, profesional, pemrogram, pengembang, dan organisasi multinasional. Jadi, dalam artikel ini, saya akan memberi Anda pandangan mendalam tentang 50 distro Linux terbaik pada tahun 2021. Jika Anda berpikir untuk beralih dari Windows ke Linux dan bingung memilih distro Linux mana, jangan khawatir. karena Anda akan memiliki distro Linux Anda di akhir artikel ini.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Parrot OS

1. Ubuntu

Ideal Untuk: Profesional, Pemrogram, dan Pengguna Sehari-hari.

Ubuntu adalah salah satu distro Linux tertua namun paling populer digunakan di planet ini. Alasan di balik begitu banyak popularitas Ubuntu adalah bahwa itu adalah distro Linux yang sangat mudah digunakan dan dapat diandalkan. Selain itu, Ubuntu membuat peralihan dari Windows ke Linux karena aplikasi Windows yang banyak digunakan bekerja dengan mudah di Ubuntu dengan bantuan aplikasi seperti Wine.

Pengguna Linux baru atau pertama kali menemukan diri mereka di rumah saat pertama kali bepergian, berkat antarmuka yang ramah pengguna. Ubuntu hadir dengan dukungan jangka panjang dari komunitas pengembang di seluruh dunia. Ubuntu telah digunakan sebagai basis untuk banyak pengembangan distribusi Linux seperti LinuxMint, Kubuntu, dan Lubuntu.

Karena meningkatnya popularitas dan permintaan sistem operasi Ubuntu, banyak produsen laptop mulai mengirimkan laptop mereka dengan Ubuntu yang sudah diinstal sebelumnya, bukan Microsoft Windows. Setiap jenis pengguna akan menemukan distro yang berguna ini mulai dari anak-anak yang belajar dari tutorial pendidikan online hingga pemrogram perangkat lunak atau administrator sistem yang bekerja di server.

2. LinuxMint

Ideal Untuk: Pemula dan Mereka yang Beralih dari Windows

LinuxMint mendapatkan begitu banyak popularitas bersama Ubuntu; itu menjadi lebih populer di kalangan pengguna pemula karena lebih ramah pengguna dan ringan daripada Ubuntu. Seperti yang saya katakan sebelumnya, LinuxMint dikembangkan berdasarkan Linux; maka Anda dapat merasakan esensi Ubuntu di LinuxMint. Ini adalah pengganti yang ideal untuk Windows karena desktop Cinnamon menawarkan pengalaman desktop yang serupa atau bahkan lebih unggul dengan footprint yang rendah. Ya, ini membutuhkan sumber daya perangkat keras yang rendah, menjadikannya sistem operasi yang ideal untuk komputer dan laptop lama. Seperti Ubuntu, LinuxMint juga memiliki komunitas online besar yang mengawasinya. Semua aplikasi yang tersedia untuk Ubuntu juga bekerja di LinuxMint dengan mudah.

3. Pop!_OS

Ideal Untuk: Gamer dan Programmer

Dikembangkan dan dikelola oleh vendor perangkat keras komputer System76. Pop!_OS adalah sistem operasi default pada laptop dan komputer System76. Ini juga tersedia untuk diunduh dan diinstal secara gratis di komputer dan laptop lain. Ini kaya fitur dan salah satu sistem operasi yang tampak paling modern. Sekali lagi, Pop!_OS juga didasarkan pada Ubuntu LTS, tetapi ia menawarkan antarmuka pengguna yang unik, yang mudah digunakan. Distro Linux ini sangat ideal untuk para gamer karena dilengkapi dengan alat yang diperlukan untuk bermain game. Kartu grafis hybrid bekerja dengan sempurna dengan distro ini, yang membantu Anda meningkatkan pengalaman bermain game Anda. Pop!_OS dikirimkan dengan aplikasi minimum, yang menghemat ruang tempat Anda dapat menginstal aplikasi favorit dengan mudah. Seperti Pusat Perangkat Lunak di Ubuntu, di sini Anda memiliki Pop!_Shop dari mana Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi.

4. Zorin OS

Ideal Untuk: Setiap pengguna

Zorin OS adalah distro Linux berbasis Ubuntu lainnya dalam daftar ini. Ini adalah salah satu sistem operasi paling modern dan tampak cantik di luar sana. Ketika proyek ini pertama kali dimulai pada tahun 2008, prioritas pertama pengembang adalah mengembangkan sistem operasi yang ramah pengguna berbasis Linux. Zorin OS tersedia untuk diunduh dan diinstal dalam tiga edisi: Pro, Core, dan Lite. Edisi Pro hadir dengan tata letak desktop premium untuk platform sistem operasi populer seperti macOS, Windows 11 dan klasik, serta Ubuntu. Anda perlu membeli edisi Pro, sedangkan dua lainnya benar-benar gratis untuk diunduh. Pengguna dengan penggunaan profesional harus memilih edisi Pro karena dilengkapi dengan rangkaian aplikasi kreatif tingkat profesional dan perangkat lunak produktivitas tingkat lanjut. Jika Anda memiliki mesin lama dengan sumber daya perangkat keras minimal, Anda harus menggunakan edisi Lite yang dirancang khusus untuk mesin komputasi ini.

5. OS Dasar

Ideal Untuk: Kreator dan Pengembang Profesional

Elementary OS adalah distribusi Linux lain yang tampak cantik. Antarmuka penggunanya bersih dan modern, yang menyerupai antarmuka pengguna macOS. Edisi terbaru dari OS dasar adalah OS 6 Odin yang hadir dengan antarmuka pengguna utama dan perombakan fitur. Pembaruan utama mencakup multi-sentuh, gaya gelap, kotak pasir aplikasi, dan penginstal baru. Ini adalah distro Linux yang bagus untuk pembuat konten seperti saya dengan fitur seperti tampilan multitasking, gambar-dalam-gambar, dan mode jangan ganggu. Elementary OS adalah sistem operasi yang sepenuhnya gratis dan open-source namun aman dan menghormati privasi. Distro Linux ini adalah salah satu yang paling kuat dan dapat diandalkan; karenanya, ini menjadi OS yang ideal untuk pengembang perangkat lunak dan administrator sistem.

Exit mobile version