Site icon

Mengulas Lebih Jauh Tentang Parrot OS

Mengulas Lebih Jauh Tentang Parrot OS – Parrot OS adalah distribusi Linux berbasis Debian dengan fokus pada keamanan, privasi, dan pengembangan.

Mengulas Lebih Jauh Tentang Parrot OS

Inti

art4linux – Parrot didasarkan pada cabang “pengujian” Debian , dengan jenis kernel Linux versi 5.10. Ini mengikuti model pengembangan rilis bergulir. Lingkungan desktop adalah MATE dan KDE , dan manajer tampilan default merupakan sebuah LightDM. Sistem ini disertifikasi untuk berjalan pada perangkat yang memiliki minimal 256MB RAM , dan cocok untuk arsitektur prosesor 32-bit ( i386 ) dan 64-bit ( amd64 ). Selain itu, proyek ini tersedia untuk arsitektur ARMv7 ( armhf ).

Baca Juga : Chrome OS Ini Juga Merupakan Salah Satu Dari Jenis Sistem Operasi Linux

Pada bulan Juni 2017, Tim dari Parrot ini juga sudah mengumumkan kalau mereka ini untuk saat ini sedang mempertimbangkan untuk beralih dari Debian ke Devuan , terutama karena masalah dengan systemd. Mulai 21 Januari 2019, tim Parrot telah mulai menghentikan pengembangan ISO 32-bit ( i386 ) mereka secara bertahap. Pada Agustus 2020, Parrot OS secara resmi mendukung Lightweight Xfce Desktop.

Edisi

Parrot memiliki beberapa edisi yang didasarkan pada Debian , dengan berbagai lingkungan desktop yang tersedia.

Keamanan Burung Beo

Parrot dimaksudkan untuk menyediakan seperangkat alat pengujian penetrasi yang akan digunakan untuk mitigasi serangan, penelitian keamanan, forensik, dan penilaian kerentanan. Ini dirancang untuk forensik komputer, penilaian dan mitigasi kerentanan, pengujian penetrasi, dan penjelajahan web anonim.

Rumah Burung Beo

Parrot Home adalah edisi dasar Parrot yang dirancang untuk penggunaan sehari-hari, dan menargetkan pengguna biasa yang membutuhkan sistem “ringan” di laptop atau workstation mereka. Pembagian ini berguna untuk pekerjaan sehari-hari. Parrot Home juga menyertakan program untuk mengobrol secara pribadi dengan orang-orang, mengenkripsi dokumen, atau menjelajahi internet secara anonim. Sistem juga dapat digunakan sebagai titik awal untuk membangun sistem dengan seperangkat alat keamanan khusus.

Parrot ARM

Parrot ARM adalah rilis Parrot ringan untuk sistem tertanam. Saat ini tersedia untuk perangkat Raspberry Pi.

Arsitek Parrot & IoT

ParrotOS tanpa pra-instal. Instal perangkat lunak dan DE apa pun dengan edisi ini.

Alat OS Parrot

Ada beberapa Alat di Parrot OS yang dirancang secara khusus untuk sebuah Peneliti Keamanan dan yang saat ini sudah terkait dengan pengujian penetrasi. Beberapa dari mereka tercantum di bawah ini, lebih banyak dapat ditemukan di situs web resmi.

Tor

Tor , juga dikenal sebagai The Onion Router, adalah jaringan terdistribusi yang menganonimkan penjelajahan Internet. Ini juga sudah dirancang dengan cara sedemikian rupa sehingga untuk bisa menemukan Alamat IP klien yang saat ini sedang menggunakan Tor juga sudah disembunyikan dari semua jenis server yang pernah dikunjungi oleh para klien. Selain itu, data dan detail yang lainnya yang juga sedamh disembunyikan dari Penyedia Layanan pada Internet (ISP) klien. Jaringan Tor menggunakan hop untuk mengenkripsi data antara klien dan server. Jaringan yang ada pada Tor dan juga yang ada pada browser Tor sudah diinstal yang sebelumnya dan juga dikonfigurasi di Parrot OS.

Berbagi Bawang

Onion Share adalah utilitas open-source yang dapat digunakan untuk berbagi file dengan ukuran berapa pun melalui jaringan Tor secara aman dan anonim. Onion Share kemudian menghasilkan sebuah jejak URL acak panjang yang untuk saat ini itu juga sudah dapat digunakan oleh para penerima untuk mengunduh file melalui jaringan TOR menggunakan browser TOR.

AnonSurf

Anonsurf adalah utilitas yang membuat sebuah jenis komunikasi sistem pada operasi melewati Tor ataupun jaringan anonim lainnya. Menurut Parrot, AnonSurf mengamankan browser web Anda dan menganonimkan IP Anda.

Frekuensi rilis

Tim pengembang belum menentukan jadwal rilis resmi, tetapi berdasarkan log perubahan rilis dan catatan yang disertakan dalam tinjauan resmi distribusi, proyek akan dirilis setiap bulan.

Exit mobile version