Site icon

Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer

Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer – Linux merupakan nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer Unix. Linux merupakan salah satu contoh pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber utamanya yang terbuka.

Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer

art4linux – Linux berasal dari nama sang produsen, yang diperkenalkan pada 1991 oleh Linux Torvalds. Utilitas sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan pada 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU merupakan dasar dari timbulnya gelar alternatif GNU atau Linux.

Melansir merdeka, Linux merupakan sistem operasi yang telah dikenal lama penggunaannya di server, dan didukung perusahaan-perusahaan komputer terkenal seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystem.

Baca juga : MX Linux: Distro yang cepat dan ramah

Linux sendiri digunakan sebagai sistem operasi untuk berbagai jenis perangkat keras komputer seperti desktop, supercomputer, dan embedded sistem seperti buku pembaca elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3, dan Xbox), telepon genggam dan router.

Linux dianggap sebagai sistem operasi yang baik. Sistem operasi Linux ini banyak digunakan oleh hacker, programmer, developer, geeks, dan lain sebagainya. Penggunaan linux memang tumbuh sangat luar biasa dan mampu bersaing dengan sistem operasi populer seperti Windows atau OS X.

Sedangkan, Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasiskan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan antarmuka bergrafis. Pada umumnya, sistem operasi ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat, baik di kalangan menengah atas hingga menengah ke bawah.

Sama-sama merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk sistem komputer dan laptop, sebenarnya apa saja kelebihan Linux dibandingkan dengan sistem operasi komputer yang lainnya?

Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut kami telah rangkum beberapa kelebihan sistem operasi Linux yang perlu Anda ketahui, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Gratis

Keunggulan Linux selaku sistem operasi komputer yang awal merupakan free. Bila dibanding dengan sistem operasi yang yang lain semacam Windows, Linux lebih terjangkau sebab Windows membutuhkan kisaran harga dekat Rp 3 sampai Rp 5 juta buat satu lisensinya.

Linux ialah sistem operasi komputer yang pas buat Kamu yang memanglah tidak mau menghasilkan duit selaku suatu sistem operasi. Bila Kamu memakai Linux, Kamu hendak terbebas dari yang namanya sistem operasi bajakan, aplikasi crack, patch, serta lain serupanya. Tidak hanya free, di Linux Kamu pula leluasa buat memodifikasi OS Linux semau batin cocok dengan kemauan Kamu.

2. Keamanan yang Lebih Unggul

Keunggulan Linux buat sistem komputer yang selanjutnya merupakan sebab Linux mempunyai hak akses yang terbatas. Akses yang terbatas artinya merupakan antara buat masuk ke sistem Linux amatlah sedikit. Semacam ilustrasinya kala mau menginstal aplikasi saja membutuhkan repository online. Walaupun dapat dengan cara offline, namun amatlah tidak sering sekali banyak orang hendak iseng membuat virus di perpanjangan aplikasi Linux.

Perihal ini ialah keunggulan Linux dibanding dengan sistem operasi komputer yang lain semacam Windows. Alasannya, OS Windows keamanannya belum lumayan sempurna. Windows umumnya kerapkali tersusupi virus oleh file berekstensi exe yang didownload dengan cara leluasa di suatu web.

3. Kemampuan yang Enteng serta Spesikasi yang Minimal

Keunggulan Linux buat sistem komputer yang berikutnya merupakan diamati dari kinerjanya yang enteng tetapi spesifikasinya senantiasa dapat dijalani dalam sistem yang minimun.

Keunggulan Linux teruji enteng dalam kinerjanya( bukan buat permainan), serta buat meng- instal Linux memanglah tidak menginginkan detail yang besar. Cuma dengan dekat 10 GB serta 512 harddisk, Linux telah dapat diinstal di komputer Kamu.

4. Banyak Tools Pentest Security

Keunggulan Linux buat sistem komputer merupakan OS Linux memanglah didesain buat mencoba keamanan. Keunggulan Linux merupakan seluruh tools di dalamnya free.

Banyak tools yang ada, bagus bawaan ataupun yang dapat di unduh di web pengembang distro Linux. Hingga tidak bingung bila sistem Linux banyak dipakai oleh para hacker.

5. Keringanan buat Menginstall Driver

Keunggulan Linux buat sistem komputer yang berikutnya merupakan keringanan buat menginstall driver. Dikala menginstal sistem operasi ini, Kamu tidak butuh menginstal driver yang lazim dicoba dikala menginstal sistem operasi semacam Windows.

Sebabnya merupakan distro Linux mayoritas memanglah telah cocok dengan seluruh tipe prosesor yang tertancap di komputer atau laptop.

Baca juga : Mengulas antiX Yang Merupakan Distribusi Linux

6. Banyak Versi Distro Linux

Keunggulan Linux buat sistem komputer yang terakhir merupakan banyaknya versi distro yang diadakan oleh Linux. Sebab memanglah sistem operasi ini free, sampai dikala ini banyak pengembang yang membuat varian- varian dari Linux semacam Ubuntu, Debian, Linux Mint sampai Kali Linux.

Buat itu, Linux jadi kerap dipakai oleh banyak orang sebab keringanan dalam memodiifikasinya serta penggunaannya yang enteng. Tetapi, dalam pemillihan sistem operasi komputer merupakan kembali ke opsi Kamu terkait keinginan serta pemakaian yang Kamu perlukan.

Exit mobile version