Site icon

Mengulas Informasi Tentang sistem operasi Linux

Mengulas Informasi Tentang sistem operasi Linux – Linux adalah sistem operasi (OS) seperti Unix, open source dan dikembangkan komunitas untuk komputer, perangkat seluler, mainframe, server, dan juga perangkat yang sudah tertanam. Ini itu juga sudah didukung yang di hampir setiap dari semua jenis platform komputer utama, termasuk x86, ARM dan SPARC.

Mengulas Informasi Tentang sistem operasi Linux

Bagaimana sistem operasi Linux digunakan?

art4linux – Setiap versi OS Linux mengelola sumber daya perangkat keras, meluncurkan dan menangani aplikasi, dan menyediakan beberapa bentuk antarmuka pengguna. Komunitas besar untuk pengembang dan berbagai distribusi berarti bahwa versi Linux tersedia untuk hampir semua tugas, dan Linux telah merambah banyak bidang komputasi.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang CentOS

Misalnya, Linux telah muncul sebagai OS populer untuk server web seperti Apache, serta untuk operasi jaringan, tugas komputasi ilmiah yang memerlukan cluster komputasi besar, menjalankan database, komputasi desktop dan titik akhir, dan menjalankan perangkat seluler dengan versi OS seperti Android. .

OS Linux dapat ditemukan di banyak pengaturan yang berbeda, mendukung banyak kasus penggunaan yang berbeda. Linux digunakan dengan cara berikut:

Server OS untuk server web, server basis data, server file, server email, dan jenis server bersama lainnya. Dirancang untuk mendukung aplikasi volume tinggi dan multithreading, Linux sangat cocok untuk semua jenis aplikasi server .

OS Desktop untuk komputasi produktivitas pribadi. Linux adalah open source dan lingkungan desktop yang tersedia secara bebas untuk pengguna yang lebih suka OS komersial.

OS server tanpa kepala untuk sistem yang tidak memerlukan antarmuka pengguna grafis (GUI) atau terminal dan keyboard yang terhubung langsung. Sistem tanpa kepala sering digunakan untuk server jaringan yang dikelola dari jarak jauh dan perangkat lain.

Perangkat atau alat OS yang disematkan untuk sistem yang memerlukan fungsi komputasi terbatas. Linux digunakan sebagai OS tertanam untuk berbagai aplikasi, termasuk peralatan rumah tangga, sistem hiburan otomotif, dan peralatan sistem file jaringan.

OS Jaringan untuk router, sakelar, server sistem nama domain , perangkat jaringan rumah, dan lainnya. Misalnya, Cisco menawarkan versi Cisco Internetwork Operating System ( IOS ) yang menggunakan kernel Linux.

Pengembangan perangkat lunak OS untuk pengembangan perangkat lunak perusahaan. Meskipun banyak alat pengembangan telah di-porting ke Windows atau OS lain, Linux adalah rumah bagi beberapa alat pengembangan perangkat lunak sumber terbuka yang paling banyak digunakan . Misalnya, git untuk kontrol sumber terdistribusi; vim dan emacs untuk pengeditan kode sumber; dan compiler dan interpreter untuk hampir semua bahasa pemrograman. Cloud OS untuk instans cloud. Penyedia komputasi awan utama menawarkan akses ke instans komputasi awan yang menjalankan Linux untuk server awan, desktop, dan layanan lainnya.

Linux sangat dapat dikonfigurasi dan bergantung pada desain modular yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan versi Linux mereka sendiri. Tergantung pada aplikasinya, Linux dapat dioptimalkan untuk tujuan yang berbeda seperti:

distribusi Linux

Sejak pengembangan awal, Linux telah mengadopsi ketentuan copyleft dari Free Software Foundation yang berasal dari GNU GPL . GPL mengatakan bahwa apapun yang diambil secara gratis dan dimodifikasi harus didistribusikan secara gratis. Dalam praktiknya, jika Linux atau komponen berlisensi GNU lainnya dikembangkan atau dimodifikasi untuk membuat versi baru Linux, versi baru tersebut harus didistribusikan secara gratis.

Ini mencegah pengembang atau kelompok lain mengambil keuntungan secara tidak adil dari karya orang lain yang tersedia secara bebas. Ratusan versi Linux yang berbeda, juga dikenal sebagai distribusi atau distro, tersedia. Distribusi biasanya membedakan diri dari paket dengan menangani tujuan tertentu, filosofi, fungsi atau target pasar.

Ada distribusi yang disesuaikan untuk fungsi target tertentu, seperti server, desktop, game, keamanan, atau perangkat yang disematkan termasuk sistem Raspberry Pi . Sebagian besar distribusi modern telah dikompilasi dan siap digunakan, sementara yang lain seperti Gentoo Linux terdiri dari kode sumber yang dapat dikompilasi oleh pengguna secara lokal selama instalasi awal untuk mengoptimalkan konfigurasi sistem mereka.

Knoppix Linux adalah salah satu dari banyak distro yang digunakan untuk memulihkan hard drive yang rusak dan melakukan tugas dukungan teknis lainnya. Profesional keamanan informasi menggunakan Kali Linux untuk pengujian penetrasi dan tugas terkait keamanan lainnya.

Linux telah menjadi komponen penting dari sistem hiburan pembuat mobil. Banyak pembuat mobil telah bergabung dengan Automotive Grade Linux (AGL), sebuah proyek open source yang diselenggarakan oleh Linux Foundation. Misalnya, kendaraan Toyota dan Lexus menggunakan AGL untuk sistem infotainment mereka. Distribusi Linux mungkin dikembangkan oleh komunitas, seperti Debian , Slackware dan Gentoo.

Distribusi lain bersifat komersial dan ditujukan untuk penggunaan perusahaan, termasuk Red Hat Enterprise Linux dan SUSE Linux Enterprise Server. Banyak distribusi menggunakan kombinasi pengembangan yang didukung komunitas dan perusahaan, seperti Fedora Red Hat, openSUSE dari SUSE dan Ubuntu dari Canonical.

GNU GPL tidak melarang kepemilikan intelektual, dan merupakan hal yang biasa bagi pembuat komponen Linux untuk memegang hak cipta atas berbagai komponen. GNU GPL memastikan bahwa komponen tersebut tetap bebas dan didistribusikan secara bebas. Meskipun perangkat lunaknya tetap gratis, biasanya beberapa distribusi komersial mengenakan biaya untuk layanan bernilai tambah, seperti layanan dukungan atau pengembangan kustom.

Exit mobile version