Site icon

Pengertian Linux dan Ubuntu

Pengertian Linux dan Ubuntu – Mungkin selama ini sistem operasi yang paling awam digunakan adalah sistem operasi berbasis Windows. Lainnya menggunakan sitem operasi Mac OS-nya. Kedua sistem operasi tersebut memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Jika menilik dari lingkungan kerja Desktop.

Pengertian Linux dan Ubuntu

art4linux – Linux terbukti sebagai sistem operasi yang handal, stabil, dan paling aman untuk masalah jaringan. Selain itu Linux adalah sistem operasi yang gratis karena berbasiskan Open Source.

Melansir lamnesia, Masih banyak kelebihan-kelebihan lain dari sistem operasi Linux yang membuat Linux menjadi pilihan paling tepat untuk dijadikan sebuah komputer server.

Baca juga : MX Linux: Distro yang cepat dan ramah

Apa Itu Linux?

Linux( Linux Is Not Unix) merupakan suatu kernel dari sistem pembedahan UNIX- like berplatform Open Source. Terbuat oleh seseorang mahasiswa bernama Linux Torvalds pada dekat dini tahun 90- an. Sesungguhnya terdapat sedikit salah anggapan di golongan warga kepada Linux. Linux sesungguhnya tidaklah suatu sistem pembedahan seperti Windows ataupun Mac OS.

Sebab Linux memanglah cumalah suatu kernel. Jadi Linux itu cuma inti dari sistem operasinya saja. Terkini sehabis timbul seseorang bernama Richard Stallman dengan cetak biru GNU( GNU’ s Not Unix) kepunyaannya. GNU ini merupakan berkas dari tools- tools, libraries, serta aplikasi. Setelah itu digabungkan dengan kernel ataupun inti sistem pembedahan bernama Linux mulanya. Alhasil kesimpulannya jadilah suatu sistem pembedahan yang populer powerful serta profesional di era yang hendak tiba bernama GNU/ Linux.

Apa Itu Ubuntu?

Ubuntu ialah sistem pembedahan berplatform GNU/ Linux anak dari distro Debian. Keunggulannya amat gampang dipakai, profesional, normal serta nyaman. Ubuntu berawal dari filosofi Afrika yang berarti“ Manusiawi pada sesama”. Ubuntu didesain buat kebutuhan pemakaian perorangan, tetapi ada pula buat tipe server. Luncurkan awal Ubuntu merupakan Ubuntu 4. 10 pada tahun 2004 dengan codename Warty Warthog. Mark Shuttleworth merupakan figur dibalik dari keberhasilan Ubuntu sampai Ubuntu dapat populer semacam dikala ini. Beliau merupakan penggagas dari industri Cannonical, Ltd yang ialah perusahan sah pensupport Ubuntu.

Perbandingan Linux, GNU/ Linux, serta Ubuntu

Semacam yang telah dijelakan diatas. Linux cumalah suatu kernel dari sistem pembedahan, sebaliknya GNU/ Linux merupakan kombinasi dari tools- tools, libraries, serta aplikasi GNU dengan kernel Linux alhasil jadi suatu sistem pembedahan.

Kemudian Ubuntu sendiri merupakan penyaluran ataupun lebih diketahui selaku distro dari GNU/ Linux. Lebih persisnya Ubuntu merupakan kombinasi dari sistem pembedahan GNU/ Linux dengan ditambah sebagian paket- paket aplikasi, tema, serta sebagian perubahan yang lain alhasil jadilah sistem pembedahan terkini ataupun distro terkini bernama Ubuntu.

Baca juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Tiny Core Linux

Distro- distro GNU/ Linux amatlah banyak, semacam RedHat, Fedora, CentOS, Debian, Slackware, serta lain- lain. Tetapi ubuntu mempunyai banyak keunggulan. Selanjutnya merupakan keunggulan dari ubuntu:

Sebab Ubuntu merupakan salah satu distro Linux yang gratis, leluasa virus, serta powerful di aspek jaringan.

Ubuntu ialah distro no satu di Indonesia, serta no 2 sehabis Linux Mint.

Banyak support dari komunitas- komunitas Ubuntu di semua dunia.

Banyak tutorial- tutorial mengenai server berplatform Ubuntu di internet.

Yap seperti itu uraian mengenai penafsiran linux serta ubuntu. Apakah dari kamu dikala ini terdapat yang memakai ubuntu? Tentu kamu memakai OS Windows kan hehe. Buat dikala ini ubuntu banyak dipakai cuma buat dijadikan server.

Exit mobile version